kosakata toefl
5 Cara Gampang Belajar Kosakata TOEFL
11 November 2021
5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah di Kanada, Salah Satunya dengan Seneca College
5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah di Kanada, Salah Satunya dengan Seneca College
15 November 2021

5 Hal yang Identik dengan Kehidupan Mahasiswa Arsitektur!

kehidupan mahasiswa arsitektur

Source: Pixabay

Kuliah arsitektur bisa membawa banyak tantangan nggak terduga bagi banyak mahasiswa. Terlepas dari betapa melelahkannya mendapatkan gelar itu, kuliah sebenarnya bisa menyenangkan bagimu! Untuk kamu yang siap-siap nyebur ke studi arsitektur, pastinya kamu harus tahu dong hal-hal terkait kehidupan mahasiswa arsitektur.

Kehidupan mahasiswa arsitektur berbeda dibandingkan dengan studi lainnya. Sebagai mahasiswa arsitektur, kamu harus membuat sketsa, menyusun, berpikir, berimajinasi, membuat model, mengembangkan ide, serta lebih banyak membaca dan menulis.

Sebelum terjun ke dunia arsitektur, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu mengenai hal-hal yang sering diasosiasikan dengan mahasiswa arsitektur. Simak terus artikel ini untuk tahu apa saja sih, 5 hal yang identik dengan kehidupan mahasiswa arsitektur!

1. Messenger Bag dan Sketchbook

kehidupan mahasiswa arsitektur

Source: Unsplash

Messenger bag menjadi salah satu hal yang identik dengan kehidupan mahasiswa arsitektur. Kenapa? Soalnya mahasiswa arsitektur disebut punya bakat untuk mengumpulkan segala macam pena, kertas, dan memo berupa catatan kuliah. Untuk itu, kamu membutuhkan tas yang besar dan mudah dibawa. Sangat direkomendasikan bagi kamu untuk membeli tas yang terbuat dari bahan kuat.

Selain tas sejenis ini, kehidupan mahasiswa arsitektur juga identik dengan tas tabung yang sangat berguna untuk menyimpan desain dan portofolio mereka. Portofolio adalah hal terpenting yang bisa kamu miliki. Dari mulai menjadi mahasiswa, coba pikirkan bagaimana memiliki portofolio terbaikmu. Ke depannya, mereka akan menjadi referensimu baik ke dosen, teman kelas, hingga saat melamar pekerjaan.

Nggak cuman tas tabung, kamu juga kemungkinan besar akan membawa-bawa buku catatan dengan kertas tebal. Umumnya mahasiswa arsitektur terlihat menggunakan merek notebook paling ikonik, Moleskin. It’s a cliche, yes, but for a reason! Moleskin telah menjadi sahabat mahasiswa dan menjadi bagian dari kehidupan mahasiswa arsitektur selama bertahun-tahun karena kualitas kertasnya. Bahkan, Moleskin mengeluarkan edisi khusus hasil kolaborasi dengan beberapa arsitek terkenal di dunia, termasuk mendiang Zaha Hadid.

Selain itu, sketchbook disebut sebagai sahabat mahasiswa arsitektur karena buku iu adalah bukti dari proses desain. Sebagai mahasiswa arsitektur, kamu akan dilatih untuk berpikir dengan pensil dan sketchbook. Make sure to bring it with you everywhere!

2. Begadang

kehidupan mahasiswa arsitektur

Source: Unsplash

Kehidupan mahasiswa arsitektur juga sering banget diasosiasikan sama begadang! Umum bagi mahasiswa arsitektur untuk mengerjakan desain hingga larut malam, bahkan pagi, demi mengejar tenggat waktu pengumpulan.

Bahkan, sudah menjadi fenomena lazim saat tugasmu menyita waktu liburan saat weekend. Sebagai mahasiswa arsitektur, terutama jika kamu suka belajar, kamu akan sering menggunakan waktu libur untuk mengerjakan tugas atau menambah ilmu arsitektur lainnya!

3. Pintar Matematika

Source: Unsplash

FYI, keterampilan matematika sangat penting di dunia arsitektur! Maka dari itu kehidupan mahasiswa arsitektur akan sangat dekat dengan subjek ini. Arsitektur merupakan proses menggambar dan mendesain yang sepenuhnya bergantung pada bentuk, garis, dan sudut. Untuk itu, matematika menjadi hal yang berguna dan kamu butuhkan untuk memperoleh gelar arsitektur.

Untuk menjadi arsitek yang sukses, kamu harus melalui studi lengkap dari empat bidang utama matematika yaitu geometri, trigonometri, kalkulus, dan matematika finit. Keterampilan dalam matematika akan memberikan skill yang kamu butuhkan untuk merancang dan membangun sebuah bangunan.

4. Sering Traveling untuk Cari Inspirasi

Source: Unsplash

Kehidupan mahasiswa arsitektur juga identik dengan traveling ke tempat-tempat yang memiliki nilai arsitektur tinggi. Kamu perlu mengunjungi tempat-tempat di mana kamu dapat secara pribadi melihat arsitektur dan desain yang menakjubkan dan luar biasa.

Secara finansial mungkin nggak semua orang bisa bepergian ke seluruh dunia, jadi nggak usah jauh-jauh, kamu bisa banget mengunjungi tempat-tempat di dalam negeri atau bahkan di dalam kotamu yang terkenal dengan desain arsitekturnya. Kamu dapat belajar lebih banyak dengan melihat arsitektur yang indah secara pribadi ketimbang hanya belajar dari buku.

But wait! Belajar arsitektur nggak hanya soal mengagumi desain yang menakjubkan. Kamu juga bisa banget mendapatkan inspirasi dan pelajaran dari karya-karya milik arsitek terkenal. Sebagai mahasiswa, kamu bisa belajar banyak tentang karya mereka dan metode kerja yang mereka terapkan dalam membantu mereka sukses di dunia arsitektur.

Kenapa, sih, belajar seperti ini penting? Nah kalau kamu nggak tahu, untuk mencapai gelar arsitektur, kamu harus melakukan magang di bidang tertentu. Di pasar yang kompetitif saat ini, pastinya studio-studio desain mencari orang yang sangat terampil dan berwawasan luas. Dengan magang, kamu akan bekerja di bawah arsitek yang berpengalaman dan mendapatkan eksposur dan pengalaman yang baik di bidang itu. Makanya penting banget buat kamu untuk nggak pernah berhenti belajar, baik itu melalui karya-karya arsitektur terkenal maupun lewat study trip ke tempat-tempat arsitektur ikonik.

5. Detail-Oriented

Kehidupan mahasiswa arsitektur biasanya identik dengan hal-hal yang dekat dengan detail atau detail-oriented. Hal ini karena sebagian besar pekerjaan arsitektur berorientasi pada detail yaitu untuk merancang dan menggambar blueprint tertentu, berkenaan dengan sudut dan memerlukan pengukuran yang sangat kecil. Pekerjaan seorang arsitek membutuhkan banyak perhatian dan menuntut kesempurnaan. 

Selain itu, kamu juga perlu memiliki keterampilan cerdas dalam memecahkan masalah dengan bantuan ide-ide kreatif dan inovatif! Arsitek yang sukses adalah arsitek yang mampu memecahkan masalah kliennya dengan cepat dan merancang bangunan sesuai ekspektasi. Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah skill networking!

Networking nggak hanya dilakukan antara sesama arsitek tetapi antarprofesi. Bertemu orang-orang dari berbagai industri sudah harus kamu lakukan bahkan sebelum lulus dan memasuki  dunia kerja. Networking adalah secara aktif bertemu orang baru dari semua lapisan masyarakat, berteman, terhubung di media sosial, dan membangun lingkaran orang yang dapat kamu jangkau dan ajukan pertanyaan jika perlu.

Menjadi seorang arsitek berlisensi adalah proses yang panjang dan mungkin nggak cocok untuk semua orang. Namun, kamu perlu sadar bahwa industri ini luar biasa dan terus berubah. Internet dan teknologi modern telah memengaruhi cara industri ini menjalankan bisnis, serta semakin memperluas peluang karier yang tersedia. You can be a part of this ever-changing industry!

Itu dia 5 hal yang identik dengan kehidupan mahasiswa arsitektur! Remember that architecture school is a marathon, not a sprint. Kamu harus memiliki tekad untuk berhasil terlepas dari apa pun yang terjadi. Kamu harus menanamkan sikap bahwa tidak ada yang akan menghalangimu untuk mencapai tujuan.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan