Auburn University at Montgomery
29 Oktober 2019
Alasan studi di Kanada
Alasan Kenapa Kanada Wajib Dipertimbangkan Sebagai Destinasi Studi
31 Oktober 2019

5 Jurusan Unik yang Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

Jika kamu adalah siswa yang sedang merencanakan untuk lanjut ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, baiknya persiapkan pilihanmu dengan cermat. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion dan juga pengetahuan yang kamu miliki agar kamu dapat mengembangkannya dengan maksimal. Namun, jika ingin mencoba pengalaman baru, kamu bisa keluar dari zona nyaman dan memilih jurusan unik yang mungkin saja kamu belum pernah dengar! Seperti apakah jurusan tersebut? Yuk simak lima jurusan unik yang jarang terdengar dibawah ini:

1. Atmospheric Science / Ilmu Atmosfir

Ilmu Atmosfir disebut juga meteorologi. Dalam jurusan ini, kamu akan mendapatkan pengertian yang luas akan atmosfir bumi, termasuk komposisi, struktur, proses dan sistem cuaca. Ilmu Atmosfir tidak hanya sekedar tentang peta cuaca dan penyiaran ramalan cuaca di televisi. Didalamnya merupakan ilmu terapan ilmiah yang membutuhkan ketekunan untuk mengembangkan ilmu yang kuat dalam matematika dan berpemikiran abstrak.

Jurusan ini sangat penting untuk bidang seperti polusi udara, agrikultur, transportasi laut dan udara, pertahanan dan penelitian akan iklim bumi, pemanasan global, kekeringan serta penipisan lapisan Ozon. Umumnya kelas yang diajarkan berhubungan dengan praktek lab sehingga kamu mungkin akan banyak menghabiskan waktu di lab.

Setelah lulus nanti, kamu bisa berkarir di bagian operasional meteorologi, konsultan meteorologi berlisensi, penyiar prakiraan cuaca, peneliti, ataupun ahli forensik meteorologi.

2. Park, Recreation and Leisure studies / Ilmu Pembelajaran tentang Taman, Rekreasi dan Hiburan.

Jurusan ini berfokus pada lingkungan, sikap, dan pengalaman manusia selama rekreasi.

Kamu akan mempelajari apa motivasi yang membuat seseorang mau mengunjungi suatu tempat hiburan, meneliti apa pengaruhnya terhadap sikap mereka, serta mengembangkan kemampuan untuk mengatur berbagai macam rekreasi, layanan hiburan, untuk acara kantor maupun perusahaan.

Kelas kamu akan diisi dengan ilmu pengetahuan tentang sikap manusia, seperti pertumbuhan dan perkembangan manusia, psikologi normal dan abnormal, adat dan sosial budaya lingkungan, pembelajaran dan teori kepemimpinan, serta motivasi dan sikap konsumen.

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai pengarah acara seperti olahraga, kelautan, penjelajahan alam, layanan masyarakat untuk anak muda, bahkan di taman hiburan ataupun di kasino, dan kapal pesiar.

3. Natural Resources and conservation / Sumber Daya Alam dan Pelestariannya

Natural Resources and Conservation adalah jurusan yang mencakup manajemen, proteksi, pemanfaatan, pelestarian, dan menikmati sumber daya alam yang ada.

Pelajaran yang diberikan akan menggabungkan semua pengetahuan alam baik untuk kehutanan, perikanan, satwa liar, kimia, biologi dan juga ilmu politik. Kamu juga akan diberikan kelas tambahan untuk ilmu menulis, berbicara di depan umum. Selain itu, setiap universitas akan memiliki fokus pelajaran masing-masing apakah di satwa liar, perikanan, kehutanan, dan sebagainya. Oleh karena itu, telitilah dahulu universitas yang kamu pilih apakah sesuai dengan minatmu.

Setelah menyelesaikan studi di jurusan ini, kamu bisa berprofesi menjadi ahli biologi satwa liar, ahli kehutanan, penjaga hutan, petugas pemelihara lingkungan hidup, manajer sumber daya alam, analis sumber daya alam, dan pendidik lingkungan.

4. Medieval and Renaissance Studies / Ilmu Jaman Pertengahan dan Pencerahan

Masa Renaisans dimulai dari abad 14 sd 17 dimana masa ini disebut masa peralihan dari masa pertengahan ke jaman modern. Masa ini disebut juga masa kelahiran kembali untuk  ekonomi, politik, budaya dan sosial.

Di masa tersebut ada banyak pemikir yang menjadi dasar ilmu pendidikan modern sekarang seperti Michaelangelo (Perancang patung DAUD setinggi 4.5m dari batu pualam putih), Donatello (Perancang patung  Markus yang selesai di tahun 1413 dan masih ada sampai sekarang), Raphael (mahakaryanya School of Athens), ataupun Leonardo DaVinci yang menghasilkan mahakarya “MONALISA” dan “THE LAST SUPPER” dan juga banyak nama maestro lagi seperti Sandra Botticelli, Caravaggio, Giotto, Jan Van Eyck, dan sebagainya.

Dalam jurusan ini kamu akan menganalisa dan mempelajari peninggalan budaya Eropa, membaca salah satu bahasa dari jurusan yang kamu pilih, dan harus bisa merasakan budaya, pemikiran, artistik dari masa tersebut. Kamu diwajibkan mengikuti banyak kelas seperti arsitektur, sejarah, klasik, agama, bahasa inggris, bahasa modern, musik, filosofi dan dunia teater. Menariknya, kamu akan mendapat banyak referensi dari pertemuan antar murid ataupun antar universitas, mengikuti pertunjukkan seni, konferensi, maupun pameran.

Setelah merampungkan studi ini, kamu akan dapat bekerja di bidang hukum, obat-obatan, bisnis, seni, jurnalisme, ilmu museum ataupun sebagai guru.

5. Peace and Conflict Studies / Ilmu Perdamaian dan Konflik

Peace and Conflict Studies mempelajari cara menciptakan dunia yang damai dan aman.

Kamu akan mempelajari masalah mengenai peperangan, perbedaan gender, rasisme, kemiskinan, dan perubahan sosial tanpa kekerasan, dan resolusi penyelesaian konflik. Jurusan ini akan lebih banyak belajar tentang proses aksi dan reaksi dibanding mempelajari materi pengetahuan.

Kamu akan menghabiskan sebagian waktu dalam kelas mempelajari teori dan sejarah dari peperangan dan perdamaian, dan sebagian dalam situasi lab/praktek dalam kondisi dimana kamu akan membangun kemampuan negosiasi dan membuat perdamaian dan menerapkannya.

Lulusan jurusan ini dapat berprofesi sebagai pekerja organisasi publik, pengacara, pekerja pemerintahan, manajer hubungan publik, maupun manajer HRD.

Gimana, apakah ada satu dari lima yang tertarik untuk kamu pilih?

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!