Siap dan Mantap Kuliah di Luar Negeri dengan Uniprep
Siap dan Mantap Kuliah di Luar Negeri dengan Uniprep
4 Maret 2022
Kehidupan di Inggris
Checklist Buat Mahasiswa Sebelum Mulai Kehidupan di Inggris
7 Maret 2022

5 Kesalahan Paling Fatal Saat Mengerjakan IELTS Writing Section

5 Kesalahan Paling Fatal Saat Mengerjakan IELTS Writing Section

Sumber: Pexels

Banyak yang berpendapat kalau soal IELTS lebih sulit dibandingkan soal TOEFL. Apalagi IELTS writing section atau bagian tes menulisnya. Banyak banget yang mendapatkan nilai yang nggak sesuai di bagian ini. Padahal IELTS ini merupakan tes bahasa Inggris yang sangat penting, seperti menjadi persyaratan bahasa Inggris di universitas luar negeri. Terkadang, kurangnya nilai IELTS writing section ini karena banyak yang nggak sadar melakukan kesalahan saat mengerjakannya. Apa saja kesalahan yang harus dihindari saat mengerjakan IELTS writing section? Yuk, ketahui dan hindari!

 

Manajemen waktu yang kurang baik

5 Kesalahan Paling Fatal Saat Mengerjakan IELTS Writing Section

Sumber: Pexels

Tahukah kamu, setiap section pada IELTS memiliki waktu yang terbatas, lho. IELTS sendiri berjalan hampir 2 jam 45 menit yang terdiri dari Listening 30 menit, Reading 60 menit, Speaking 15 menit dan Writing 120 menit. Dalam waktu 120 menit ini dibagi menjadi dua bagian yakni Task 1 dan Task 2. Pada Task 1 ini biasanya membandingkan dan menjabarkan data-data dari grafik, bagan atau diagram ke dalam tulisan. Baru deh di Task 2 ini kamu disuruh untuk menulis argumen. Jika tidak pintar dalam manajemen waktu, bisa-bisa kamu nggak tuntas mengerjakan keduanya. Makanya sebelum tes kamu harus banyak-banyak strategi dalam mengatur waktu supaya bisa mengerjakannya dengan baik.

 

Nggak teliti dan fokus

5 Kesalahan Paling Fatal Saat Mengerjakan IELTS Writing Section

Sumber: Pexels

Kunci dalam mengerjakan IELTS writing section adalah teliti dan fokus, namun banyak peserta yang justru kekurangan keduanya. Misalnya kurang persiapan sebelum tes, kurang menjaga kondisi tubuh sehingga sakit dan banyak lagi. Kehilangan fokus dan kurang teliti bisa membuat kamu membuat kesalahan-kesalahan sepele seperti salah grammar atau bahkan struktur penulisannya berantakan. Jadi sebaiknya persiapkan diri matang-matang agar bisa teliti dan fokus saat mengerjakan IELTS, ya.

 

Kurang memahami soal

5 Kesalahan Paling Fatal Saat Mengerjakan IELTS Writing Section

Sumber: Pexels

Kesalahan dalam mengerjakan IELTS writing section juga terletak pada kurangnya memahami soal yang diberikan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bagian ini terdiri menjadi dua bagian. Dalam Task 1 ini kamu disuruh membandingkan juga menjabarkan data-data dalam grafik, bagan atau diagram. Nah, di sini kamu harus baik-baik membaca datanya untuk dapat kamu terjemahkan ke dalam kata-kata. Task 2 biasanya meminta kamu menuliskan argumen kamu. Kalau kamu juga nggak paham dengan pokok masalahnya, maka jangan harap bisa memberikan argumentasi yang mendukung pendapat kamu.

 

Kerangka Tulisan Berantakan

Sumber: Pexels

Bahaya banget kalau kamu nggak pernah latihan menulis tulisan berbahasa Inggris sebelum mengerjakan IELTS writing section. Bisa-bisa di saat mengerjakannya kamu langsung menulis sesuka hati tanpa memperhatikan kerangka tulisannya. Pasti tulisan kamu tidak beraturan dan sulit untuk menemukan gagasan utamanya. Ingat, setiap paragraf harus kamu awali kalimat utama yang merupakan akar dari pengembangan paragraf tersebut. Kamu tinggal mengembangkannya dengan kalimat-kalimat penjelas sehingga pembahasannya nggak out of topic.

 

Nggak banyak persiapan sebelum tes

Sumber: Pexels

Dalam mengerjakan tes apapun, termasuk IELTS sekalipun, kamu harus mempersiapkannya dengan baik. Apalagi jika nilai IELTS ini kamu gunakan untuk memenuhi persyaratan bahasa Inggris di universitas impian kamu. Persiapan untuk tes IELTS ini juga nggak bisa sembarangan. Bahkan kalau bisa kamu mempersiapkannya beberapa bulan sebelum menghadapi tesnya. Contohnya seperti ikut les bahasa Inggris di SUN English. SUN English siap membantu kamu mendapatkan pengalaman belajar untuk persiapan mengikuti tes bahasa Inggris seperti IELTS, TOEFL dan International Test lainnya.

Sebelum mengikuti tes IELTS atau International test lainnya, kamu juga bisa mengikuti prediction test yang dari SUN English. Informasi tentang SUN English maupun tempat untuk mengikuti prediction test juga bisa kamu dapatkan lewat SUN Education App. Aplikasi ini juga sudah bisa kamu unduh secara gratis di App Store maupun Play Store, lho. Ada banyak fitur menarik seperti Study Guide, Course Finder, News & Update hingga Career yang akan sangat membantu persiapan kuliah luar negerimu. Yuk, download sekarang!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan