IELTS iBT
Jangan Sampe Keliru, IELTS iBT Beneran Ada?
29 April 2022
9 Rekomendasi Aplikasi Listening Bahasa Inggris Buat Kamu!
9 Rekomendasi Aplikasi Listening Bahasa Inggris Buat Kamu!
5 Mei 2022

5 Makanan Tradisional Khas Cina yang Nggak Ada Duanya!

5 Makanan Tradisional Khas Cina yang Nggak Ada Duanya!

Kesempatan kuliah di Cina jangan kamu abaikan begitu saja! Banyak banget hal menarik yang harus kamu lakukan untuk memperbanyak pengalaman. Apalagi waktu kuliah ini merupakan waktu yang berharga banget untuk mencoba hal-hal baru, termasuk makanan khas Cina yang menggiurkan. Ingat, Cina merupakan negara terbesar di Asia sehingga banyak banget makanan tradisionalnya yang enak-enak. Sayang banget, kan, nggak mencoba makanan-makanan khas Cina yang rasanya enak punya? Yuk, cek 5 makanan tradisional khas Cina yang rasanya nggak ada duanya ini!

 

Laziji

5 Makanan Tradisional Khas Cina yang Nggak Ada Duanya!

Makanan khas Cina satu ini juga terkena sebagai “spicy chicken” yang merupakan masakan dari daerah Sichuan. Hidangan ini merupakan tumisan ayam goreng yang bumbunya terdiri dari cabai Sichuan kering, pasta kacang pedas, paprika, bawang putih, dan jahe. Biasanya menggunakan ayam kampung kecil dari peternakan terdekat sehingga rasanya tetap fresh. Rasa pedas, aromatik dan gurihnya membuat Laziji ini nikmat banget disantap dengan nasi panas.

 

Zhajiang mian

5 Makanan Tradisional Khas Cina yang Nggak Ada Duanya!

Nama Zhajiang mian mungkin mirip dengan nama Jajangmyeon dari Korea. Yap, dua mie ini memiliki kesamaan karena sama-sama dimasak dengan pasta kacang kedelai yang difermentasi. Sebenarnya jajangmyeon sendiri merupakan masakan mie yang orang Shandong bawa ke Korea. Sausnya sendiri terbawa dari merebus daging sapi atau babi dengan pasta kedelai fermentasi yang asin. Setelahnya, saus zhajiang mian dituang di atas mie kemudian santap dengan cara diaduk. 

 

Xiaolongbao

5 Makanan Tradisional Khas Cina yang Nggak Ada Duanya!

Saat berkunjung ke Cina, kayaknya nggak lengkap tanpa mencoba Xiaolongbao. Bentuknya seperti bakpau kecil, biasanya tersaji di dalam keranjang bambu kecil. Xiaolongbao biasanya berisi dengan daging babi atau daging sapi, tetapi ada juga yang isinya udang, seafood, kepiting dan sayuran. Yang menjadi khas dari Xialongbao adalah berisi kaldu daging yang nantinya meleleh saat kita kukus. Jadi untuk memakan Xiaolongbao, jangan langsung menggigit besar, tapi buat sedikit lubang dengan gigitan. Dari lubang kecil itu kamu bisa menghirup kaldu daging yang gurih.

 

Zongzi

Makanan khas Cina lainnya adalah Zongzi. Makanan tradisional khas Cina ini merupakan dimsum dari ketan. Di Indonesia, Zongzi ini mirip dengan bakcang karena sama-sama berisi dengan tumisan daging, luarannya terbuat dari beras ketan kemudian dibungkus menggunakan daun bambu. Aroma bambunya sangat meresap ke dalam zongzi dengan tekstur nasi ketan yang kenyal dan legit dengan tumisan daging, fantastis! Biasanya makanan ini hadir untuk merayakan festival Duanwu yang jatuh pada bulan kelima dalam kalender Cina.

 

Bingtanghulu

Butuh yang manis-manis setelah menikmati makanan khas Cina? Bingtanghulu bisa menjadi pilihan yang tepat. Bingtanghulu ini merupakan buah yang berlapis dengan gula. Saat gula mengeras, saat kamu menggigitnya, kamu akan merasakan buahnya yang manis dan segar. Biasanya buahnya adalah stroberi, ceri, apel dan banyak lagi. Biasanya Bintanghulu ini dijual di pasar-pasar malam Cina dalam bentuk seperti sate buah. Nggak hanya anak-anak yang suka, orang dewasa pun ikut mengantri untuk mencoba makanan khas Cina ini. 

Seru banget kan mencoba berbagai macam makanan khas Cina ini? Masih banyak lagi makanan khas Cina yang memiliki rasa nggak ada duanya. Karena itu, manfaatkan waktu senggang saat berkunjung atau saat berkuliah di Cina untuk mencoba aneka makanan ini. Meski seru mencicipi makanan khas Cina, jangan lupa untuk tetap fokus pada kuliah di Cina supaya impian dan cita-citamu tercapai! 

Kamu tertarik dan penasaran mau kuliah di Cina? Kenapa nggak? Kamu bisa konsultasi GRATIS dengan SUN Education sebelum kuliah di negeri bambu ini. Dapatkan informasi kuliah di luar negeri seperti di Cina hanya di SUN E-guide book ya! Kamu bisa melihat sistem pendidikannya, living cost, akomodasi dan banyak lagi. Yuk, baca SUN E-guide book sekarang!

Temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber: Jamil Ghar, 3jamigos, AFC, Sammy Wong’s Kitchen, The Honeycombers

Tinggalkan Balasan