Peneliti University of Sheffield Mengubah Limbah Demi Keamanan Pangan Global
21 Februari 2020
biaya kuliah kedokteran
Kriteria, Alur Pendidikan dan Biaya Kuliah Kedokteran
23 Februari 2020

5 Negara dengan Biaya Hidup Termurah untuk Berkelana

negara dengan biaya hidup termurah

negara dengan biaya hidup termurah

Setiap tahun, banyak orang-orang memutuskan untuk ber plesir atau travelling karena beberapa hal. Ada yang ingin berkelana untuk refreshing, mencari pengalaman, atau bahkan sebagai keputusan di hari tua setelah pensiun. Beberapa dari mereka lebih memilih untuk bepergian dengan biaya yang murah, seperti pelajar internasional salah satunya. Ini bukanlah hal yang sulit karena diluar sana ada banyak negara dengan biaya hidup termurah! Di negara-negara tersebut, kamu bisa bebas berjalan-jalan atau bahkan menetap tanpa mengkhawatirkan pengeluaran living cost.

Beberapa negara juga ada yang termasuk dalam deretan destinasi top dan sering didatangi oleh turis mancanegara loh. Mulai dari tempat menakjubkan, pemandangan indah, hingga lingkungan penuh budaya—semua punya ciri khasnya masing-masing! Nah, untuk kamu yang sedang membutuhkan rekomendasi beberapa destinasi, berikut 5 negara dengan biaya hidup termurah di dunia yang bisa kamu coba kunjungi:

Malaysia

negara dengan biaya hidup termurah

Sumber: National Geographic

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia yang menjadi pilihan banyak turis dari seluruh dunia. Negara ini punya banyak destinasi wisata super indah yang ditawarkan. Seperti pulau-pulau dan pantainya, ibukota yang semarak dan wisata kuliner, hingga margasatwa yang sayang jika dilewatkan. Bagi pecinta budaya dan kuliner, inilah tujuan utamanya!

Baca Juga : Kota Dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Untuk nilai tukar mata uang, Ringgit Malaysia terhadap Rupiah masih tergolong tinggi. Namun, untuk standar biaya hidup sendiri kurang lebih masih sama dengan Indonesia. Di Malaysia, kamu bisa menemukan makanan dengan harga murah, seperti roti canai dan nasi briyani salah satunya. Tarif hotel bintang 3 pun hampir sama dengan Indonesia yang mematok harga sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu per malamnya. 

Jika ingin menekan pengeluaran, kamu bisa memilih untuk bepergian dengan transportasi umum! Di Kuala Lumpur transportasinya sudah terintegrasi—kamu bisa naik LRT ke berbagai tujuan dengan mengeluarkan RM1 untuk sekali jalan. Untuk kamu yang tinggal di homestay dengan fasilitas dapur, kamu bisa memasak sendiri dengan membeli bahan-bahan yang harganya jauh lebih murah 55,2% dari Indonesia.

Spanyol

negara dengan biaya hidup termurah

Sumber: Travelstamps

Untungnya, Spanyol adalah salah satu negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah di Eropa! Kamu akan lebih mudah untuk bepergian dengan anggaran terbatas terutama jika harus mengantisipasi hal-hal yang perlu dikenakan biaya di muka. Tidak hanya dikenal dengan pantainya, Spanyol juga dikenal dengan arsitekturnya yang unik. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat seperti museum, gereja, serta bangunan-bangunan bersejarah lainnya.

Di negara ini, kamu akan menemukan perbedaan sangat besar jika membandingkan dengan negara Eropa lainnya. Kamu bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah saat belanja di supermarket Spanyol. Jika ingin mencoba untuk makan di restoran, kamu bisa merogoh kocek sekitar 15 hingga 20 euro. Namun jika kamu ingin makan di restoran lokal dengan harga yang jauh lebih miring, kamu hanya perlu membayar 6 sampai 8 euro untuk menu lengkap!

Baca Juga : Negara dengan Biaya Hidup Termurah untuk Kuliah

Agar saat travelling bisa lebih mengurangi biaya, cobalah untuk naik transportasi umum. Untuk tiket perjalanan satu kali akan dikenakan 1 hingga 1,50 euro dan kamu juga bisa menjangkau transportasi ini dengan sangat mudah. Beberapa tempat untuk tinggal seperti dorm hostel memasang harga sekitar 15 euro dan 30 euro untuk private hostel.

Jerman

negara dengan biaya hidup termurah

Sumber: Unsplash

Jerman adalah negara yang relatif murah untuk dikunjungi. Berlin, ibukotanya, bahkan termasuk dalam kota-kota besar paling murah di Eropa. Kamu bisa tidur nyenyak tanpa khawatir memikirkan tarif penginapan dengan tinggal di hostel Jerman. Sebagian besar hostel menawarkan kamar single atau double dengan harga yang berkisar antara 30 sampai 90 euro. Terlebih, penginapan dengan harga tersebut sudah dengan fasilitas kamar mandi pribadi!

Untuk dining, kamu bisa coba restoran murah dan lezat—secara tradisional dengan sebagai Imbiss. Beberapa hidangan seperti bratwurst atau currywurst dilengkapi dengan kentang goreng hanya dihargai kurang dari 5 euro. Jika ingin mencoba sesuatu yang berbeda, kamu bisa mencoba falafel atau Döner Kebab yang mana hanya mengeluarkan biaya tidak lebih dari 3 euro!

Jika kamu adalah pelajar internasional dan memiliki student ID, kamu bisa mendapatkan diskon mulai dari menikmati pemandangan di sebuah tempat wisata, pertunjukan, dan museum, bioskop, kolam renang, dan juga hostel. Satu lagi yang menarik, Jerman memiliki banyak sekali landmark dan tempat wisata yang tak perlu mengeluarkan biaya seperti museum dan tempat bersejarah lainnya

Cuba

negara dengan biaya hidup termurah

Sumber: National Geographic

Kuba merupakan negara berdaulat yang terletak di Karibia utara, pada pertemuan Laut Karibia, Teluk Meksiko, dan Samudra Atlantik. Negara yang sangat digandrungi turis mancanegara ini memiliki sejarah, budaya dan musik, serta kastil abad pertengahan yang sangat unik. Keunikannya itulah yang membuatnya menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Untuk tempat tinggal disana, kamu bisa memilih akomodasi terbaik yang biasa disebut dengan casas particulares. Casas kurang lebih seperti guesthouse lokal. Harganya akan bervariasi tergantung pada wilayah. Kamar double dapat memasang harga antara $25 hingga 40 termasuk sarapan.

Kuba juga terjangkau karena biaya hidup sangat rendah. Kamu bisa membeli makanan lezat di restoran murah dengan harga sekitar $5 dan juga membeli beli tiket bulanan untuk transportasi di sekitar kota Havana hanya dengan $1 saja. Untuk bus, memang murah, tetapi rutenya bisa terisi dengan cepat. Jadi perlu memesan tiket di muka baik secara online atau langsung setidaknya satu atau dua hari lebih awal.

Cina

negara dengan biaya hidup termurah

Sumber: Freepik

Sebagai salah satu peradaban terbesar dan tertua di dunia, Cina sudah dikenal dengan berbagai tempat-tempat indahnya. Mulai dari Tembok Besar China di Beijing, Terracotta Army di Xi’an, hingga Mount Huang (Gunung Huang) di Anhui, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Trik Hemat Biaya Saat Kuliah di Luar Negeri

Untuk penginapan, hotel di Cina memasang harga mulai sekitar 75 CNY per malam untuk akomodasi dasar. Hotel budget biasanya sudah termasuk pemanas atau AC, kamar mandi sendiri, ketel, dan TV (meskipun Anda hanya akan mendapatkan stasiun berbahasa Mandarin). Disamping itu, perlu diingat bahwa hotel mana pun yang menawarkan sarapan gratis kemungkinan akan menyajikan sarapan Cina seperti kue, bubur beras, dan sayuran.

Untungnya, makanan yang dijual di negara ini jauh lebih murah, bahkan di restoran-restoran superior dan hotel murah sekalipun. Makanan pedagang kaki lima biasanya mematok harga sekitar 7-14 CNY. Selain itu, biaya transportasi di Cina umumnya termasuk mudah dijangkau. Bus adalah salah satu kendaraan umum yang paling ekonomis dan bisa kamu pilih sebagai opsi saat bepergian nanti. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!