swedia waste management
Pengelolaan Sampah Terbaik di Dunia dari Swedia
24 Juni 2019
Michelle Obama: Karakter yang Dimilikinya Mampu Mengalirkan Energi Positif
27 Juni 2019

5 Perusahaan Besar Ini Berasal dari Cina

Setiap hari, kamu akan menjumpai berbagai merek yang sudah tidak asing lagi. Beberapa dari brand tersebut, merupakan perusahaan besar dan populer yang berasal dari Cina.

Sumber: Freepik

Seiring zaman, bisnis di seluruh dunia semakin berkembang. Banyak perusahaan yang sudah sangat inovatif dengan menggabungkan dinamisnya produk dengan teknologi. Hal tersebut dikarenakan pesatnya globalisasi yang mempengaruhi cara berpikir maupun berperilaku di dalam persaingan dunia bisnis serta organisasi. Cina, merupakan salah satunya.

Berikut deretan perusahaan besar yang berasal dari negara tersebut:

1. Alibaba

Sumber: archdaily.com

Alibaba merupakan perusahaan yang memiliki portal web grosir B2B e-commerce  terbesar di dunia. Didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma dan 17 rekannya, Alibaba menyediakan layanan terpercaya untuk menghubungkan jutaan pembeli dan penjual di dunia setiap harinya. Menariknya, perusahaan ini berhasil mengalahkan Amazon karena angka kapitalisasi pasarnya yang mencapai USD 165 miliar.

2. Baidu

Sumber: Commons Wikimedia

Baidu, Inc. didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li (Li Yanhong). Perusahaan ini  menyediakan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu, Beijing. Dalam layanannya, kamu akan menemukan mesin pencarian untuk situs web, audio, dan gambar dalam aksara Mandarin. Baidu juga tercatat sebagai mesin pencari online paling top di negara tirai bambu tersebut.

3. Xiaomi

Sumber: Evening Standard

Kamu pasti sering menemukan brand yang satu ini di berbagai tempat. Entah itu barang milik seseorang ataupun yang dipajang di etalase untuk tujuan penjualan. Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta yang berdedikasi menciptakan pengalaman pengguna (user experience) dalam segala aspek. Memproduksi handset dan juga smartphone sejak tahun 2010, perusahaan ini sekarang memiliki valuasi sebesar lebih dari 10 miliar USD. Dengan kemajuannya, mereka tumbuh menjadi salah satu perusahaan tech terdepan yang ada di Cina.

4. Lenovo

Sumber: Wikipedia

Lenovo Group Limited merupakan produsen PC terbesar di Cina. Perusahaan ini menjual server, smartphone, komputer/laptop, dan juga perangkat pencitraan. Hebatnya, Lenovo selalu melakukan manuver dalam mengembangkan industrinya di kancah internasional. Pada tahun 2005, mereka berhasil mengakuisisi divisi PC milik IBM yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat. Terlebih, usahanya tak sampai di PC saja. Lenovo juga membeli Motorola Mobility di tahun 2014 untuk memantapkan diri menghadapi persaingan perangkat mobile.

5. Huawei

Sumber: news.tpu.ru

Huawei Technologies Co. Ltd. adalah perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi terbesar di Cina dan dunia. Telah berdiri sejak tahun 1988, perusahaan ini berdedikasi untuk menghadirkan teknologi digital kepada setiap orang, rumah, serta organisasi untuk dunia yang cerdas dan terhubung sepenuhnya. Perusahaan ini menawarkan smartphone, PC, tablet, perangkat wearable, mobile broadband, perangkat keluarga, sampai dengan cloud. Hingga saat ini, Huawei terus berkembang dan unggul—baik dalam pasar B2B maupun para konsumen.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!