5 Pemain Film Ternama ini Lulusan Edith Cowan University!
31 Mei 2019
capilano bridge
Capilano Suspension Bridge Park: Sensasi Melangkah di Ketinggian
31 Mei 2019

5 Perusahaan Terkenal dari Swedia

sweden-companies

Swedia merupakan sebuah negara di Eropa Utara yang dikenal dengan kemajuan dan inovasinya di bidang teknologi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya perusahaan-perusahaan inovatif dalam berbagai bidang yang berasal dari Swedia sejak bertahun-tahun lalu. Sebagian dari perusahaan-perusahaan tersebut merupakan perusahaan terkemuka, tidak hanya di Eropa, tetapi juga di dunia internasional.

Berikut adalah perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia yang berasal dari Swedia:

1. IKEA

ikea

Sumber: istock

Ditemukan pada tahun 1943 oleh Ingvar Kamprad, IKEA adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang ritel furnitur. Saat ini IKEA memiliki 364 toko yang tersebar di 46 negara di dunia. Di Indonesia sendiri, IKEA berlokasi di Alam Sutra yang dibuka oleh pemegang lisensi Hero Supermarket. Produk-produk IKEA terkenal dengan rancangannya yang modern dan terkadang unik. Pendiri IKEA, Ingar Kamprad merupakan salah satu orang terkaya di dunia hingga ia meninggal dunia tahun 2018 lalu dalam usia 91 tahun.

2. H&M

H&M

Sumber: istock

Perusahaan ini merupakan perusahaan ritel pakaian yang dikenal dengan produk-produk busananya, baik untuk wanita, pria, remaja, maupun anak-anak. H&M ditemukan oleh Erling Persson pada tahun 1927 ketika ia membuka sebuah toko yang khusus menjual pakaian wanita bernama Hennes. Pada tahun 1968, Persson membuka toko baru dengan tambahan produk pakaian pria serta produk-produk lainnya bernama Mauritz Widforss yang kemudian berubah nama Hennes & Mauritz (H&M). Saat ini H&M adalah perusahaan pakaian terbesar kedua di dunia setelah ZARA dengan 4500 toko yang tersebar di 62 negara.

3. Spotify

spotify

Sumber: istock

Perusahaan teknologi yang  bergerak dalam bidang streaming musik ini dikembangkan sejak tahun 2006 oleh Daniel Ek dan Martin Lorentzon. Produknya berupa sebuah platform yang memungkinkan kita untuk melakukan streaming musik dengan jutaan lagu tersedia. Spotify menyediakan dua jenis layanan streaming musik, yang berbayar dan yang tidak. Kelebihan layanan berbayar (premium) adalah memiliki akses untuk melompati dan mengunggah lagu, serta bebas dari iklan. Meskipun perusahaan ini merupakan perusahaan yang berasal Swedia, saat ini Spotify bermarkas di Luksemburg.

4. Volvo

volvo

Sumber: istock

Volvo adalah perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang manufaktur yang berbasis di Gutenburg. Kegiatan utama dari perusahan ini adalah produksi, distribusi serta penjualan bus, truk, peralatan konstruksi, sistem penggerak (drive system) untuk peralatan kelautan serta aplikasi-aplikasi industri, suku cadang pesawat udara, dan perusahaan keuangan. Volvo awalnya merupakan persusahaan produsen mobil yang didirikan pada April 1927 sebagai anak perusahaan SKF, sebuah perusahaan yang memproduksi earing.

5. Ericsson

ericsson

Sumber: istock

Merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi. Berdiri pada tahun 1876, perusahaan ini telah mengalami sejarah yang panjang dalam mengembangkan produk-produk telekomounikasi. Nama Ericsson sendiri diambil dari pendirinya yaitu Lars Magnus Ericsson. Selama bertahun-tahun, Ericsson selalu masuk dalam daftar peringkat 500 perusahaan top dunia.

Pada tahun 2016, Komisi Eropa (Eroupean Commission) menerbitkan Innovation Union Scoreboard, sebuah indeks yang menempatkan Swedia sebagai negara terdepan dalam bidang inovasi di Uni  Eropa. Hal ini berdasarkan cakupan tradisi bersejarah dari para penemu, kondisi sosial yang mendukung kreativitas, komitmen kesetaraan gender dan keyakinan terhadap perseorangan. Faktor penentu lainnya adalah kerjasama dengan lembaga penelitian dan kalangan swasta serta pemerintah.

Comments are closed.