kota teraman
10 Kota Teraman di Dunia 2019
20 Desember 2019
film industry
Peran Penting di Balik Layar Sebuah Film, Ada Sekolah Khususnya!
23 Desember 2019

5 Tips Tinggal dengan Keluarga Angkat

5 Tips Tinggal dengan Keluarga Angkat

Saat memutuskan jenis akomodasi yang kamu inginkan saat kuliah di luar negeri, banyak yang lebih memilih tinggal sendiri atau di asrama kampus. Beberapa siswa lebih memilih untuk tinggal dengan keluarga angkat (host family). Tinggal dengan keluarga lokal tentu berbeda dengan tinggal sendiri karena ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi. Berikut 5 tips tinggal dengan keluarga barumu:

1. Beritahu kebutuhanmu

Jika kamu alergi terhadap makanan, seorang vegetarian, alergi terhadap binatang, dan hal lainnya, ada baiknya kamu beritahu terlebih dahulu agar kamu menemukan keluarga yang sesuai dengan kebutuhanmu. Komunikasikan hal-hal penting seperti kesehatanmu agar keluarga angkatmu juga bisa menyesuaikan diri.

Baca Juga: 12 Hal yang Harus Dihindari Di Tahun Awal Kuliah
Figured 1. Makan malam bersama dengan keluarga lokal. Sumber: Freepik

Figure 1. Makan malam bersama dengan keluarga lokal. Sumber: Freepik

2. Makan bersama

Food brings people together. Makan bersama merupakan salah satu cara yang baik untuk mengenal keluarga angkatmu dan siswa lain yang juga tinggal bersama. Cobalah untuk berada di rumah saat waktu makan dan membantu mengatur meja atau mencuci piring. Jika kamu bisa memasak, jangan ragu untuk mempersiapkan makanan dari negaramu sebagai salah satu cara pertukaran budaya.

3. Perhatikan aturan dan jaga tingkah laku

Keluarga angkatmu memiliki aturan sendiri seperti jam malam dan jam makan. Cari tahu juga apakah kamu bisa menggunakan dapur mereka untuk mempersiapkan makanan. Selain itu, jaga kebersihan kamar dan kamar mandimu, jaga kebersihan dapur dan berikan bantuan kecil seperti mengangkat belanjaan, mengatur meja makan, dan lainnya.

Figured 2. Berkan hadiah lokal negaramu. Sumber: www.grubstreet.com

Figure 2. Berikan hadiah lokal negaramu. Sumber: www.grubstreet.com

4. Beri hadiah

Hadiah yang diberikan tidak harus sesuatu yang mahal namun yang penuh makna. Suvenir dari negaramu dapat menjadi pencair suasana yang baik dan membuatmu diingat oleh keluarga angkatmu.

5. Ikuti kegiatan

Sesibuk apapun kamu sebagai mahasiswa, luangkan waktu untuk mengenal keluarga angkatmu lebih dekat dengan menghabiskan waktu dengan mereka. Ikut berbelanja ke supermarket, menonton latihan sepak bola anak pemilik rumah, dan lainnya bisa menjadi salah satu hal yang membuatmu dekat dengan mereka. Hal ini sekaligus mengenalkanmu dengan budaya baru dan orang-orang di lingkungan sekitar.

Baca Juga: Memaksimalkan Kesempatan Ketika Kuliah di Luar Negeri

Komunikasi yang baik dan menjaga tingkah laku dengan keluarga angkat akan membantumu dalam beradaptasi dengan keluarga dan kehidupan baru saat kuliah di luar negeri. Meskipun suatu saat kamu akan kembali ke rumah, keluarga angkatmu bisa saja menjadi keluarga kedua yang dapat membantu saat kamu kembali ke negara tersebut. (NRK)

Penulis: Content Writer SUN Education Group

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!