belajar desain interior untuk pemula
5 Tips Belajar Desain Interior untuk Pemula
20 Mei 2022
budaya kanada
Biar Pengalaman Kuliah Makin Seru, Coba 5 Budaya Khas Kanada Ini!
24 Mei 2022

6 Keunikan Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu

6 Keunikan Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu

Mendengar nama Malaysia, sudah terbayang keakrabannya dengan negara sendiri. Sama-sama negara di Asia Tenggara, negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, bahasa yang mirip, hingga latar belakang sejarah yang tak jauh berbeda. Saking familiarnya dengan Malaysia, banyak yang berpendapat bahwa kamu nggak akan merasa homesick saat singgah di sana. Meski terkesan akrab, ternyata masih ada keunikan-keunikan Negeri Jiran yang masih banyak kita missed, lho. Bagi kamu yang tertarik kuliah di negara tetangga ini, jangan sampai keunikan-keunikan ini kamu lewatkan. Apa saja sih keunikan negara Malaysia yang harus kamu tahu? Ini dia jawabannya!

BACA JUGA: 5 Budaya Malaysia yang Mirip dengan Budaya Indonesia

Berbagi Daerah dengan Dua Negara Berbeda

6 Keunikan Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu

Keunikan negara Malaysia yang pertama bisa dilihat dari letak geografisnya. Berbeda dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan, negara ini memiliki daratan yang terbagi dengan dua negara lain, yakni Brunei Darussalam dan Indonesia. Kota bernama Tawau berbatasan langsung dengan Kalimantan Utara. Sedangkan bagian Sarawak berbatasan dengan Brunei Darussalam.

 

“One Big Melting Pot”

Malaysia disebut sebagai salah satu negara yang terbangun dari “one big melting pot”. Masyarakatnya bersifat heterogen sehingga mereka melebur bersama dalam satu negara. Penduduk Malaysia datang dari 3 kelompok etnis yakni Bumiputera, Tionghoa dan India. Namun, mayoritas penduduknya adalah ras Melayu yang terbanyak dengan persentase 61 persen. Makanya budaya dan bahasa orang Malaysia sendiri terpengaruh dari tiga etnis utamanya. Kamu dijamin bisa berbicara bahasa Melayu, Inggris dengan campuran Tamil dan Mandarin juga!

 

Negara Jajahan Inggris

6 Keunikan Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu

Meskipun merupakan negara Asia Tenggara, sebagian besar penduduk Malaysia dapat berbahasa Inggris. Hal ini dikarenakan Malaysia pernah dijajah oleh Inggris sejak tahun 1786. Karena memiliki latar belakang sejarah, hubungan kedua negara ini pun terjalin baik hingga hari ini. Hal ini terbukti dengan banyaknya universitas dari Inggris yang bekerja sama dengan universitas lokal untuk memberikan program terbaik untuk mahasiswanya. Kamu bahkan bisa menyelesaikan program Sarjana kamu 1 tahun di Inggris, lho!

BACA JUGA: Transportasi Umum di Kuala Lumpur Termurah di Asia Tenggara?

Perairan yang Lebih Kecil dari Indonesia

Meskipun bertetangga dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan, ternyata perairan Malaysia termasuk kecil, lho. Bahkan kalau dibandingkan, perairan dengan daratannya hanya 3:1000! Berbeda dengan Indonesia yang perairannya lebih luas dari pada daratannya.

 

Punya Tumbuhan Langka di Dunia

Memiliki perairan kecil, Malaysia memiliki hutan yang menyimpan banyak tumbuhan langka. Bahkan bunga Rafflesia Arnoldi atau bunga bangkai juga ada di hutan Malaysia. Selain itu, tumbuhan yang ada di hutannya berupa daun terlebar di dunia yang bernama Alocasia macrorrhiza yang berada di bagian Sabah. Daun ini memiliki panjang 3 meter dan lebar hampir 2 meter! Ada pula tumbuhan yang mitosnya bisa mematikan virus HIV penyebab AIDS yang bernama pohon Bintagor.

 

Tujuan Favorit Studi Luar Negeri Mahasiswa Indonesia 

Letaknya yang dekat dengan Indonesia membuat Malaysia menjadi tujuan favorit studi luar negeri bagi mahasiswa Indonesia. Dengan sistem pendidikan yang baik, biaya kuliah yang ramah kantong, dan banyak universitas yang bekerja sama dengan universitas luar membuatnya semakin menarik. Apalagi sebagian besar universitas di Malaysia nggak mewajibkanmu menjalankan program Foundation, lho! Untuk persyaratan kampusnya tinggal kamu konsultasikan dengan SUN Education, deh. So, kamu nggak perlu ragu kuliah di sana. 

keunikan negara Malaysia ini membuat kita menyadari bahwa masih banyak hal yang belum kita ketahui meski kita sudah bertetangga lama. Buat kamu yang mau belajar di negara ini, perlu banget untuk menggali informasi lebih banyak dan lengkap soal Malaysia. Tenang, informasi ini bisa kamu dapatkan di SUN E-guide book!

SUN E-guide book bisa kamu akses secara GRATIS, apalagi informasi tentang living cost, sistem pendidikan, info beasiswa sampai tips dan trik kuliah di luar negeri. Kamu juga bisa konsultasi GRATIS dengan SUN Education untuk persyaratan kuliah luar negeri, akomodasi sampai permohonan visa pelajar. Pastinya makin siap kuliah di Malaysia, deh!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Tinggalkan Balasan