5 Sekolah Film dengan Biaya Kuliah Terbaik di Inggris
1 Maret 2020
kuliah di coventry university
Cerita Studi Bianka Nelwan di Coventry University
2 Maret 2020

6 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPS 2020

jurusan kuliah untuk anak ips

Sumber: Freepik

6 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPS 2020 – Jika kamu telah mengambil jurusan IPS atau soshum di tingkat SMA, maka kamu sebaiknya melanjutkan studi di bidang terkait. Ada banyak pilihan jurusan yang unik dan menarik di ranah sosial dan humaniora, namun tidak semua bidang tersebut memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Tentunya prospek kerja adalah salah satu hal yang kamu pertimbangkan sebelum memilih jurusan, bukan?

6 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPS 2020

jurusan kuliah untuk anak ips

Sumber: Freepik

Meskipun ada banyak bidang untuk jurusan kuliah anak IPS, namun jurusan dengan prospek karir bagus masih dipegang oleh jurusan terkait ekonomi dan bisnis. Jurusan-jurusan tersebut memiliki banyak peminatnya setiap tahun lataran memiliki peluang kerja yang jelas. Selain itu, jurusan-jurusan tersebut memiliki gaji yang cukup tinggi serta masih berpeluang untuk meningkat dalam beberapa tahun ke depan. 

1. Finance (Keuangan)

Jurusan keuangan adalah jurusan kuliah untuk anak IPS yang banyak diminati baik di luar maupun di dalam negeri. Di jurusan ini kamu akan mempelajari keuangan namun dengan pendekatan terhadap bidang-bidang terkait seperti ekonomi, akuntansi, perpajakan, statistika, mitigasi risiko, dan sebagainya. Jurusan keuangan ini cocok buat kamu yang menyukai matematika, statistika, dan bisnis. Beberapa posisi yang kerap diisi oleh lulusan jurusan keuangan adalah pegawai bank, penasihat keuangan, perencana keuangan, analis keuangan dan lain-lain. 

2. Business Administration (Administrasi Bisnis)

Administrasi bisnis adalah jurusan yang menggabungkan akuntansi, keuangan, bisnis, manajemen, dan marketing. Jurusan ini akan memberikan pondasi yang kuat buatmu jika kamu memiliki ketertarikan untuk berkembang atau mengembangkan di bidang bisnis. Kamu akan sangat cocok dengan jurusan ini jika kamu ingin membuat bisnis sendiri atau menjadi manajer di suatu bisnis. Lulusan jurusan administrasi bisnis dapat menempati profesi seperti akuntan, sales supervisor, manajer keuangan, project manajer atau posisi lainnya di bidang bisnis. 

3. Accounting (Akuntansi)

Akuntansi adalah salah satu jurusan kuliah favorit di kalangan anak IPS atau soshum baik untuk tujuan studi dalam maupun luar negeri. Di jurusan ini, kamu tidak hanya akan membahas soal perhitungan namun juga bidang lain yang terkait seperti keuangan. Jurusan ini adalah pilihan tepat untuk kamu jika kamu bagus dalam keuangan, statistika dan matematika. Lulusan jurusan akuntansi umumnya bekerja di bidang akuntansi, keuangan, dalam posisi akuntan, internal auditor, analis keuangan dan sebagainya. 

4. Liberal Arts (Seni Liberal)

Rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah Liberal Arts atau Seni Liberal. Jurusan ini merupakan gabungan dari beberapa subjek termasuk sejarah, filsafat, sastra, tulisan, psikologi, sosiologi, dan seni kreatif. Lulusan jurusan seni liberal akan dapat bekerja dalam cakupan yang luas seperti di bidang jurnalistik, pendidikan, penelitian, bahkan bisnis dan politik. Lulusan jurusan ini termasuk pekerja dengan gaji yang cukup tinggi dan berpotensi untuk meningkat dalam beberapa tahun ke depan. 

5. Public Administration (Administrasi Publik)

Jurusan administrasi publik adalah jurusan yang cukup populer di Amerika belakangan ini. Popularitas jurusan ini seiring dengan kebutuhan akan generasi muda untuk menempati posisi-posisi di bidang pelayanan publik dan pemerintahan. Jurusan ini mengajarkan hal terkait bagaimana mengerjakan proyek pemerintahan dan hal terkait administrasi publik lainnya. Lulusan jurusan administrasi publik termasuk salah satu jurusan dengan peluang peningkatan gaji yang tinggi setiap tahunnya. 

6. Hospitality Management

Jurusan lain yang dapat kamu pertimbangkan adalah hospitality management yang seringkali juga dikaitkan dengan turisme. Hospitality sendiri merupakan bidang industri yang di dalamnya termasuk perhotelan, makanan dan minuman, tempat hiburan, event planning dan sebagainya. Bidang ini akan mendapat banyak peluang untuk berkembang seiring bertambahnya keperluan manusia untuk berlibur dan bersantai. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai manajer di hotel, restaurant, atau taman hiburan, dapat pula terlibat dalam industri terkait event planning dan pariwisata. 

Tentukan yang paling cocok untukmu!

jurusan kuliah untuk anak ips

Sumber: Freepik

Nah, itu dia rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPS 2020 dengan pertimbangan gaji dan kesempatan kerja. Jurusan terkait bisnis dan keuangan memang paling menjanjikan, tapi kamu juga harus mempertimbangkan jurusan lain yang lebih sesuai dengan ketertarikanmu. Selain itu, kamu kamu juga harus memikirkan apakah kemampuan yang kamu miliki cocok dengan jurusan yang kamu pilih. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan