TOEFL IBT
14 Maret 2022
Bongkar Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Yuk!
Bongkar Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Yuk!
16 Maret 2022

7 Kebiasaan & Tradisi Unik Orang Amerika yang Kamu Perlu Tau!

Kebiasaan Orang Amerika

Sebagai mahasiswa internasional yang berencana studi di Amerika Serikat, kamu tentu perlu pahami soal budaya dan tradisi di negara yang akan kamu tuju itu. Tujuannya? Untuk menghormati warga lokal dan membuat transisimu lebih mudah. Untuk itu, coba pelajari kebiasaan orang Amerika sebelum memutuskan untuk belajar di sana!

Setiap bagian dunia memiliki adat, kebiasaan, dan tradisi masing-masing. Ada yang berakar pada nilai sejarah yang dianut budaya tertentu, tetapi ada pula yang lahir dari pola interaksi sosial. How about Americans? Baca terus buat tau kebiasaan orang Amerika yang unik di mata pendatang!

 

1. Presidential Turkey Pardons

Kebiasaan Orang Amerika

 

Thanksgiving secara umum tampaknya membingungkan bagi mereka yang nggak mendalami tradisi Amerika, tetapi mungkin tidak ada bagian dari festival ini yang tampak lebih aneh daripada upacara tahunan di mana presiden memberikan pengampunan resmi kepada kalkun hidup.

Kebiasaan orang Amerika kali ini biasanya disebut sebagai turkey pardons. Sejak tahun 1940-an, Presiden AS diberikan kalkun setiap Thanksgiving dalam sebuah upacara khusus. 

Dalam acara ini, presiden secara resmi “mengampuni” kalkun itu dan menyelamatkan nyawanya. Pada 1989, George Bush Senior menjadikan turkey pardons sebagai bagian permanen dari upacara Thanksgiving di White House. Jadi, tradisi ini kini menjadi bagian dari ritual tahunan.

Kalkun yang diampuni itu dikembalikan ke peternakan untuk menjalani sisa hidup mereka – yang sayangnya, biasanya berlangsung kurang dari setahun, karena kalkun terlalu banyak makan sehingga mereka terkena penyakit jantung dan penyakit terkait obesitas lainnya.

Dan kalo kamu bertanya-tanya mengenai makna yang lebih dalam atau alasan simbolis atas ritual ini, there is none. Jadi, jangan kaget ya saat nanti studi di AS ada temanmu yang menyebut turkey pardons!

 

2. Groundhog Day

Kebiasaan Orang Amerika

 

Pada 2 Februari setiap tahunnya, kebiasaan orang Amerika adalah untuk memperhatikan secara saksama tanah-tanah yang digali atau sarang groundhog di seluruh negeri. Kenapa? Karena liang itu diyakini bisa meramalkan perubahan musim.

Folklore yang tersebar di AS menyatakan bahwa jika mendung, groundhog atau babi tanah akan keluar dari sarang mereka dan musim semi akan datang lebih awal. Sementara itu jika cerah, groundhog akan kembali ke liang mereka dan musim dingin akan berlanjut selama enam minggu lagi.

Awal Februari, yang jatuh kira-kira di tengah-tengah antara titik balik matahari musim semi, telah lama menjadi waktu yang signifikan dalam banyak budaya. 

Tradisi atau kebiasaan orang Amerika untuk “menonton” groundhog sudah ada sejak awal 1887 dan perayaan terbesar dari hari ini ada di Punxsutawney, Pennsylvania, yang merupakan negara bagian tempat tradisi itu lahir. Tradisi ini juga dipopulerkan oleh film yang dibintangi oleh Bill Murray, Groundhog Day (1993).

 

3. Tailgate Party

Kebiasaan Orang Amerika

 

Kebiasaan orang Amerika yang selanjutnya berkaitan dengan acara olahraga. Americans loves football, that’s a known fact. Dan kecintaan akan olahraga ini mereka ekspresikan dengan cara yang unik juga!

Para fans American football akan tiba berjam-jam sebelum pertandingan mulai untuk mempersiapkan pengalaman menonton pertandingan secara langsung yang terbaik. Berhias warna dan pernak-pernik yang mencerminkan tim yang mereka dukung, para tailgaters akan memadati tempat parkir stadion.

Tailgaters akan menggelar BBQ, lengkap dengan bir dan permainan bola. Banyak dari mereka datang dengan ekstra siap, membawa stereo, TV, bahkan antena parabola untuk meningkatkan pengalaman menonton pertandingan.

 

4. Menonton Iklan Super Bowl

 

Lanjut ke kebiasaan orang Amerika selanjutnya yang juga masih berhubungan dengan American football! Kalo kita biasanya menganggap iklan televisi sebagai cobaan yang harus kita lewati dengan sabar, that’s not the case with Americans and Super Bowl commercials. Super Bowl sendiri adalah pertandingan final American football yang dilangsungkan di akhir musim pertandingan NFL.

Sebagian besar penonton Super Bowl adalah orang Amerika, dan mereka dengan sabar menunggu jeda dalam pertandingan besar untuk melihat iklan mana yang paling keren. Kemudian iklan-iklan itu pasti akan menjadi topik panas di media sosial seperti Instagram dan Twitter. 

Iklan mana yang paling mahal biaya pembuatannya? Yang mana yang terlihat murah? Berapa banyak slot komersial yang dijual? Pertanyaan-pertanyaan ini sangat mungkin beredar di media sosial setelah iklan Super Bowl tayang. Pada 2011, salah satu iklan paling populer adalah iklan Doritos yang biaya pembuatannya hanya sekitar USD 500. 

Secara keseluruhan, sekitar 60 iklan ditayangkan sepanjang permainan, dengan harga hingga USD 3 juta untuk slot 30 detik.

 

5. Trick-or-Treat

 

Beberapa budaya memiliki tradisi sejarah yang kuat yang berkaitan dengan Halloween dan bertukar berbagai bentuk makanan. Namun, beberapa dari tradisi ini melibatkan anak-anak pergi dari pintu ke pintu, meminta permen sambil meneriakkan “trick or treat”.

Praktik lucu ini diyakini berasal dari AS. Mungkin banyak yang menganggap kebiasaan tahunan ini aneh karena umumnya, orang tua melarang anak kecil berbicara dan menerima makanan dari orang asing, serta berkeliaran di jalanan pada malam hari.

Kamu juga pasti udah tau tradisi ini karena sangat populer dalam film-film Barat. Who knows, siapa tau kamu bisa ikut trick-or-treating saat belajar di AS nanti!

 

6. Belanja saat Black Friday

 

Hanya beberapa jam setelah jutaan kalkun yang nggak mendapat pengampunan presiden menjadi santapan orang Amerika pada hari Thanksgiving setiap tahun, warga berbondong-bondong melakukan belanja Natal tahunan mereka.

Promo-promo belanja Black Friday biasanya menjadi kebiasaan orang Amerika untuk belanja saat akhir pekan, yang kemudian diakhiri dengan Cyber Monday, sebuah tradisi yang baru-baru ini muncul akibat maraknya belanja online.

Pada 2010 , National Retail Federation melakukan survei dan memperkirakan bahwa lebih dari 200 juta belanja di toko ritel dan online selama akhir pekan setelah Thanksgiving. 

Sebagian besar dari mereka yang berbelanja saat Black Friday tiba pada waktu yang umum, tetapi banyak orang yang ingin selangkah lebih maju dan memulai hari pada jam-jam awal yang melelahkan. Dalam kasus yang jarang terjadi, kerusuhan atau desak-desakan mematikan bahkan pecah di antara pembeli yang bersikeras mendapatkan kesepakatan atau produk tertentu.

 

7. No to the Metric System!

 

Pertama-tama yuk pahami dulu sistem metrik. Sistem ini adalah sistem pengukuran desimal berdasarkan meter, liter, dan gram sebagai satuan panjang, kapasitas dan berat atau massa. Sistem metrik pertama kali diresmikan jadi standarisasi di Prancis di bawah pemerintahan pada 1790-an.

Kita di Indonesia pun menggunakan sistem ini. Pada dasarnya, hampir seluruh negara di dunia menggunakan sistem metrik. Salah satu negara yang nggak pakai sistem ini adalah—yes you’ve guessed it—Amerika Serikat!

Amerika Sertikat tetap menerima dan menggunakan sistem metrik. Kongres awalnya mengizinkannya pada 1866 dan terus menggunakannya pada tahun-tahun berikutnya. Meskipun pemerintah sekarang mewajibkan penggunaan metrik di beberapa sektor publik dan sangat mendorongnya di banyak industri swasta, kebiasaan orang Amerika berkata lain.

Publik Amerika nggak pernah benar-benar menggunakan sistem metrik dan sebagian besar mengabaikannya, menjadikan Amerika Serikat satu-satunya negara industri di mana hal itu terjadi.

Pengesahan UU Konversi Metrik

Dalam upaya untuk menyelesaikan masalah ini, Kongres bahkan mengesahkan UU Konversi Metrik tahun 1975 dan membentuk Dewan Metrik AS untuk mengurus semua perencanaan transisi yang perlu berlangsung. Namun, banyak yang menilai Kongres kurang memberdayakan dewan itu dengan otoritas yang cukup sehingga orang-orang Amerika pada dasarnya mengabaikan mereka. 

Saat menjadi mahasiswa di AS nanti, bakal lebih umum bagimu untuk menemukan satuan hitungan seperti miles, pounds, inches, ounces, hingga teaspoons.

Itu dia 7 kebiasaan orang Amerika yang terlihat unik di mata pendatang! Sebagai mahasiswa asing yang akan belajar di Negeri Paman Sam, penting untuk tau tradisi dan kebiasan ini, serta menghormati mereka. Dengan mengetahui tradisi-tradisi ini, kamu bisa lebih mengerti budaya dan adat di Amerika juga!

Masih mau tau informasi tambahan soal studi di Amerika Serikat? Caranya mudah banget, kamu tinggal akses SUN E-Guide Book untuk dapet informasi terlengkap soal belajar di Amerika Serikat dan banyak negara lainnya. Buruan, akses E-Guide Book secara GRATIS di manapun dan kapanpun kamu berada!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash, CNN.com, Wikipedia, vox.com, NBC News

Tinggalkan Balasan