biaya kuliah di malaysia
Kuliah di Universitas Swasta Malaysia dengan Harga Terjangkau
30 Januari 2020
5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia
1 Februari 2020

8 Cara Kuliah di Jerman Dengan Mudah

cara kuliah di jerman

Cara kuliah di Jerman – Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Jerman, kamu pasti telah mencari berbagai informasi. Setelah kamu mengetahui gambaran biaya kuliah dan syarat kuliah di Jerman, selanjutnya adalah apa saja yang perlu kamu lakukan hingga benar-benar berada di Jerman dan siap untuk kuliah. Sama dengan persiapan kuliah di luar negeri secara umum, cara kuliah di Jerman sebenarnya tidak terlalu berbeda. Hanya saja, ada beberapa hal yang memang perlu kamu perhatikan. 

8 Langkah Kuliah di Jerman 

Berikut adalah cara lengkap yang harus kamu lakukan untuk dapat berkuliah di Jerman dimulai sejak menentukan program dan universitas hingga keberangkatan. Beberapa poin di bawah ini mungkin perlu kamu garis bawahi agar tidak mendapat kendala dalam proses keberangkatanmu ke Jerman untuk kuliah. Simak yuk!

1. Tentukan universitas dan program studi pilihanmu

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan ketika hendak melanjutkan studi ke Jerman adalah mencari tahu tentang program dan universitas yang akan kamu ambil. Bagi sebagian orang, menentukan program dan universitas bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, kamu harus banyak berkonsultasi dengan penasihat akademik di sekolah, orang tua dan atau menggunakan layanan konsultan pendidikan. 

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jerman

2. Pelajari requirements-nya

Jerman merupakan negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari. Selain itu, program yang kamu inginkan barangkali tidak diajarkan dalam bahasa Inggris. Untuk itu, setiap program dan universitas memiliki persyaratan khusus untuk dapat mendaftar misalnya harus memenuhi kriteria bahasa dalam level tertentu. Ada pula yang membutuhkan penyetaraan kurikulum dan sebagainya. Syarat-syarat yang diberikan ini harus satu per satu kamu penuhi dan persiapkan, sehingga harus dipelajari baik-baik. 

3. Studienkolleg

Untuk dapat mengikuti perkuliahan sarjana di Jerman, seseorang butuh penyesuaian pembelajaran serta menguasai bahasa Jerman. Selain itu, mereka harus memenuhi kualifikasi untuk dapat mendaftar ke perguruan tinggi. Studienkolleg dapat diambil di Indonesia maupun di Jerman dengan durasi selama 1 tahun (2 semester). Studienkolleg akan mempersiapkan pelajar internasional untuk dapat menyemanakan kompetensi dan kemampuan bahasa agar dapat menyesuaikan diri dengan perkuliahan sarjana di Jerman. 

4. Rencana pendanaan

Sumber dana adalah salah satu poin penting yang harus kamu cantumkan untuk pengurusan visa pelajar di Jerman. Baik sumber dana pribadi maupun dengan beasiswa, diharuskan menyertakan bukti bahwa memiliki dana yang cukup untuk membayar segala biaya keperluan studi termasuk biaya hidup. Pastikan dana yang kamu miliki cukup sejak awal ya!

Baca Juga : Daftar Universitas di Jerman dan Jurusannya

5. Persiapkan segala kebutuhan

Sebelum melakukan pendaftaran, kamu butuh untuk menyiapkan segala sesuatu terutama dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen mungkin harus kamu terjemahkan ke dalam bahasa Jerman dengan penerjemah tersumpah. Detail-detail seperti ini harus sangat kamu perhatikan. 

6. Pendaftaran ke universitas

Pendaftaran untuk kuliah di Jerman biasanya dilakukan secara online. Kamu akan diminta untuk melengkapi data-data dan submit dokumen-dokumen. Pastikan semua hal yang diminta telah tersedia. Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa dirimu sudah sesuai dengan program dan universitas yang kamu ambil. 

cara kuliah di jerman

7. Mengajukan visa di kedutaan Jerman

Dalam pengajuan visa, dokumen adalah hal-hal yang akan menjadi konsentrasi kamu. Biasanya kamu akan diminta untuk melengkapi dokumen-dokumen seperti paspor, bukti penerimaan, sertifikat bahasa, bukti jaminan finansial, bukti pemesanan tiket keberangkatan, bukti keikutsertaan asuransi dan dokumen lainnya. Proses pengajuan visa ini akan memakan waktu sekitar 6 hingga 12 minggu. 

Baca Juga : Fakta Dibalik Universitas Terbaik Jerman

8. Berangkat dan Kedatangan

Setelah semuanya selesai, kamu sudah mendapatkan visa serta telah menentukan akan tinggal di mana, maka kamu siap untuk berangkat. Sesampainya di Jerman, meski telah memiliki visa, kamu akan diminta untuk segera mencari alamat tinggal tetap dan mengurus izin tinggal. Jika tidak, kamu mungkin akan menerima sanksi dengan risiko terburuk adalah dideportasi. Jadi, jangan sampai lupa ya!

Impian Untuk Kuliah di Jerman Sudah di Depan Mata!

Setelah mengetahui cara untuk kuliah di Jerman di atas, sekarang kamu hanya harus mulai untuk merencanakan dan mempersiapkannya dengan matang untuk segera dieksekusi.

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!