Biomedical Science: Jurusan Biomedis yang Banyak Dicari
Biomedical Science: Jurusan Biomedis yang Banyak Dicari
9 Maret 2022
Belajar Akuntansi untuk Pemula
Gimana Belajar Akuntansi untuk Pemula? Calon Mahasiswa Wajib Simak!
11 Maret 2022

8 Makanan Khas Australia yang Nyesel Kalau Nggak Dicoba

Makanan Khas Australia

Sumber: MSS

Hore, perbatasan internasional Australia dibuka per Februari 2022 ini! Buat pengunjung yang sudah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap, akhirnya kamu bisa mengunjungi Negeri Kangguru ini. Ya, sejak virus Covid-19 merebak, Australia belum pernah membuka perbatasan negaranya. Bahkan negara ini menjadi negara terlama dan paling ketat berkaitan dengan pembatasan perjalanan selama pandemi. Kini penantian kita telah usai, akhirnya kita bisa mengunjungi Australia! Nah, saat kamu mengunjungi negara ini, jangan lupa untuk mencicipi 8 makanan khas Australia ini. Ada rasanya yang unik, enak, bahkan mengejutkan di lidah. Yang jelas, makanan-makanan ini hanya bisa kamu coba di Australia, jadi pasti bakalan nyesel kalau kamu nggak cobain. Apa saja, ya?

 

Pavlova

8 Makanan Khas Australia yang Nyesel Kalau Nggak Dicoba

Sumber: Spice and Colour

Mendengar nama Pavlova, pasti sudah terbayang cake yang secantik namanya. Betul, cake ini terinspirasi dari nama ballerina asal Rusia Anna Pavlova. Pada 1926 silam, Anna berkunjung ke Australia dalam rangka tur balet. Untuk menghormati kedatangannya, Chef Herbert Sache membuat cake yang rasanya manis dan ringan seperti gerakan tari ballerina. 

Cake ini beruka cake meringue atau putih telur yang dikocok hingga kaku lalu dipanggang. Setelahnya diberi topping krim kocok dan buah-buahan seperti blueberry, kiwi, stroberi atau anggur. Tekstur cake ini keras dan renyah tapi langsung meleleh saat masuk ke mulut. Tampilannya yang cantik dengan rasa yang manis wajib kamu rasakan saat ke Australia!

 

Sausage Rolls

8 Makanan Khas Australia yang Nyesel Kalau Nggak Dicoba

Sumber: Taste

Sausage rolls atau roti isi sosis juga menjadi salah satu makanan khas Australia yang harus kamu coba. Kuliner ini merupakan warisan dari pemerintah kolonial Inggris yang juga favorit penduduk Australia. Beberapa sausage rolls dilapisi dengan adonan roti, tapi ada juga yang dilapisi dengan adonan kulit pastry. Jika dilapisi dengan adonan roti, teksturnya menjadi lembut dan empuk. Sedangkan saat dilapisi dengan kulit pastry teksturnya menjadi renyah saat kamu gigit.

 

Lamington

8 Makanan Khas Australia yang Nyesel Kalau Nggak Dicoba

Sumber: Taste

Sekilas, cake dari Australia ini mirip seperti bolu orang Indonesia. Cake yang sudah ada dari tahun 1900 an ini bahkan terkenal sebagai kue nasional orang Australia, lho. Lamington merupakan bolu spons yang berbentuk persegi. Yang membuatnya tambah istimewa adalah lapisan saus cokelat juga taburan kelapa parut yang menutupi permukaan kuenya.

Nggak hanya ada cokelat leleh dan kelapa parut saja, di tengah-tengah kue bolu juga terdapat selai buah atau krim yang menambah rasa manis dari cake ini. Jika kamu mau mencicipi makanan khas Australia ini, kamu bisa menemukannya di bakery atau supermarket di sana. Paling enak makan Lamington dengan secangkir teh atau kopi panas. Sekali gigit, rasa manisnya bikin melayang!

 

The Lot

8 Makanan Khas Australia yang Nyesel Kalau Nggak Dicoba

Sumber: Taste

Sebagai negara pengekspor daging sapi, bukan rahasia lagi bila orang Australia suka makan hamburger. Di sana hamburger ini bernama The Lot. Tak hanya namanya saja yang berbeda dari hamburger biasa, isiannya juga. Selain daging bacon, di dalamnya terdapat beetroot, irisan nanas, selada, tomat, keju dan telur ceplok yang setengah matang. Yup, tambahan beetroot yang berwarna merah muda ini menambah rasa dan tekstur pada makanan khas Australia satu ini. Biasanya The Lot ini bisa bisa kamu temukan di bar-bar Australia.

 

Pie Floater

Sumber: Taste

Makanan khas Australia yang nggak kalah unik adalah pie floater. Saking uniknya, banyak wisatawan yang tercengang dengan penampilan makanan ini. Meski namanya pie, penampilan pie floater lebih “heboh”. Makanan ini berupa sup kacang polong yang dimasak hingga kental kemudian ditambah pie daging dan saus tomat. Pie daging yang ada di atasnya ditaruh sedikit ditekan sehingga sebagiannya berada di dalam sup. Tapi tak jarang yang merendam seluruh permukaannya. Dengan penampilan seperti mengambang, pie satu ini justru menjadi salah satu favorit orang Australia untuk menyembuhkan hangover setelah mengkonsumsi alkohol di malam sebelumnya.

 

Barramundi

8 Makanan Khas Australia yang Nyesel Kalau Nggak Dicoba

Sumber: Taste

Mengunjungi negara yang terkenal sebagai benua hijau ini, kamu harus mencicipi hidangan seafoodnya. Salah satu hidangan seafoodnya yang terkenal adalah Barramundi. Nama makanan ini sendiri berasal dari bahasa suku Aborigin yang berarti ikan sungai bersisik besar. Sebenarnya ikannya adalah ikan kakap putih dengan daging yang manis, gurih dan tebal. Ikan ini dimasak dengan bumbu yang minim yakni perasan jeruk lemon, garam dan merica saja. Kemudian dibakar atau dipanggang lalu disajikan. Barramundi yang nikmat ini biasanya menjadi menu makan siang.

 

Anzac Biscuits

Sumber: Taste

Selain makanan berat, makanan khas Australia yang harus kamu coba adalah Anzac Biscuit. Anzac sendiri berasal dari singkatan Australia and New Zealand Army Corps. Seperti namanya, biskuit ini memang dibuat pada saat Perang Dunia I yang mana tentara dari kedua negara ini dikirim ke Eropa. Di rumah, wanitanya membuat Anzac biscuit ini untuk menjadi cemilan selama perjalanan menuju Eropa. Biskuit ini terbuat dari oat, tepung, gula, mentega, golden syrup, dan kelapa. Makanan kecil ini resepnya tanpa telur supaya bisa awet untuk menjadi camilan selama perjalanan. Hingga kini, biskuit bersejarah ini masih menjadi salah satu camilan kesukaan orang Australia.

 

Vegemite

Sumber: Taste

Makanan khas Australia lainnya adalah vegemite. Sebenarnya vegemite sendiri merupakan selai yang terbuat dari aneka sayuran, rempah-rempah dan ragi. Warnanya kecoklatan tapi rasanya cenderung asin, berempah bahkan sedikit rasa pahit. Mungkin kamu akan kaget saat pertama kali mencobanya. Tapi, semakin lama banyak yang ketagihan dengan selai yang biasanya menjadi teman makan roti atau isian pie ini. Selai ini menjadi salah satu makanan khas Australia yang rasanya unik banget.

Mencicipi makanan khas Australia ini bisa menjadi salah satu bucket list saat berkunjung ke sana. Siapa tahu makanan-makanan yang memiliki rasa berbeda dengan makanan Indonesia ini menjadi salah satu favorit kamu. Pastinya mencoba makanan-makanan ini menambah pengalamanmu. 

Selain makanan khasnya, Australia juga terkenal sebagai salah satu negara tujuan favorit pelajar internasional. Sebelum kamu berangkat untuk menempuh pendidikan tinggi, kamu pun bisa membaca-baca informasi seputar Australia di SUN E-guide book.

Tak hanya informasi soal sistem pendidikan di Australia saja, adaa juga informasi tentang moda transportasi, akomodasi, living cost, tempat wisata yang wajib kamu kunjungi dan banyak lagi. Langsung saja akses SUN E-guide book secara gratis dimanapun dan kapanpun untuk menambah pengetahuan kamu tentang Australia.

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Tinggalkan Balasan