jurusan sosiologi
Prospek Karir Jurusan Sosiologi, Apa Aja Sih?
10 Mei 2022
TOEFL ITP Workshop 11 June 2022
11 Mei 2022

8 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis

8 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis

Kamu pasti nggak asing dengan jurusan ilmu administrasi. Betul, jurusan ini adalah jurusan yang mempelajari aspek perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian suatu instansi untuk mencapai tujuan akhirnya. Jurusan administrasi ini memiliki cabang ilmu lainnya seperti administrasi bisnis, administrasi fiskal, administrasi negara, dan administrasi perkantoran. Kali ini kita akan membahas tentang jurusan administrasi bisnis. Mulai dari pengertian sampai syarat masuk jurusan administrasi bisnis baik di universitas dalam dan luar negeri. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Selain syarat masuk jurusan administrasi bisnis, baca juga Syarat Masuk Jurusan Akuntansi, yuk!

Pengertian Jurusan Administrasi Bisnis

8 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis

Jurusan ilmu administrasi bisnis adalah jurusan yang belajar tentang hal yang berkaitan dengan seluruh aktivitas bisnis, dari perencanaan, pemasaran, operasional pengelolaan keuangan, sumber daya manusia sampai kegiatan produksi. Bisa dibilang, jurusan ini cocok banget buat kamu yang mau memiliki atau mengembangkan bisnis sendiri.

Apakah administrasi bisnis dan manajemen bisnis sama? Banyak yang mengira kalau jurusan ini sama, tetapi jurusan ini berbeda, lho. Berbeda dengan manajemen bisnis, administrasi bisnis berorientasi dalam penentuan tujuan dan kebijakan suatu perusahaan atau organisasi. Sedangkan ilmu manajemen mengarah pada cara bagaimana pekerjaannya selesai. Intinya, seorang administrator memiliki peran mengambil keputusan, sedangkan manajer melaksanakan keputusan tersebut.

Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis

8 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis

Kalau kamu berminat dengan jurusan ini, ada beberapa syarat umum yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Simak penjelasan syarat masuk jurusan administrasi bisnis berikut ini.

Punya minat di dunia bisnis dan pengurusan dokumen

Karena jurusan administrasi, tentunya kamu harus memiliki minat dalam pengurusan dokumen. Mulai dari dokumen perizinan hingga keuangan, seenggaknya kamu harus mengerti dan harus teliti juga rapi dalam menyusunnya. Nggak sampai di situ, kamu juga harus suka dengan segala hal yang berhubungan dengan bisnis. Mulai dari perencanaan, analisis pasar, operasional perusahaan, sampai tahap produknya meluncur ke pasaran harus ada campur tanganmu. Dengan memiliki minat terhadap keduanya, niscaya perkuliahan akan lebih mudah kamu jalani.

Datang dari jurusan tertentu

Syarat masuk jurusan administrasi bisnis berikutnya adalah datang dari jurusan tertentu. Untuk siswa SMA/MA, jurusan yang tepat adalah jurusan IPS karena jurusan administrasi bisnis sangat akrab dengan pelajaran ekonomi yang telah dipelajari. Sedangkan untuk yang datang dari SMK, jurusan yang tepat adalah jurusan Akuntansi atau Pemasaran dan Administrasi Perkantoran. 

Bisakah dari jurusan IPA masuk administrasi bisnis? Bisa saja, tetapi harus lintas jurusan ke ranah IPS. Maksudnya harus datang dari jurusan IPS, siswa akan lebih mudah transisi ke perkuliahan administrasi bisnis karena mata kuliahnya banyak yang bersinggungan dengan pelajaran anak IPS.  

Memiliki sifat teliti

Menjadi mahasiswa jurusan administrasi bisnis, kamu wajib memiliki sifat teliti. Dalam jurusan ini kan tentunya kamu akan belajar tentang administrasi dan operasional bisnis sehingga akan banyak dokumen dan surat-surat yang harus kamu terima dan perhatikan dengan seksama. Dengan memiliki sifat teliti, kamu bisa memeriksa dokumen dan surat-surat perusahaan dengan lebih detail dan nggak miss hal yang penting.

Tak mudah menyerah

Aktivitas bisnis mulai dari perencanaan, pemasaran hingga pengelolaan keuangan akan menjadi makanan sehari-hari lulusan jurusan administrasi bisnis ini. Kamu juga harus membuat keputusan penting yang nantinya akan menuntun kemana perusahaan atau bisnis yang kamu berjalan. Untuk mencapai kesepakatan hingga operasional sehari-hari akan sangat melelahkan. That’s why, kamu harus sangat amat teliti untuk menuntun perusahaan dengan tepat.

Lolos tes seleksi masuk

Untuk menjadi mahasiswa jurusan administrasi bisnis, kamu harus bisa lolos tes seleksi masuk. Khususnya untuk universitas dalam negeri, baik universitas negeri dan universitas swasta, akan ada tes seleksi masuk yang harus diikuti. Sebelum kamu mengikuti tes universitas yang ingin kamu tuju, perhatikan dulu passing grade yang harus kamu lewati agar bisa diterima menjadi mahasiswa jurusan tersebut.

Bagaimana dengan syarat masuk jurusan administrasi bisnis di luar negeri?

8 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis

Jurusan administrasi bisnis nggak hanya diminati di universitas dalam negeri. Jurusan ini juga bisa kamu pelajari di universitas luar negeri. Apalagi sebagai salah satu jurusan di Faculty of Business, jurusan ini banyak peminatnya. Khusus untuk kamu yang ingin kuliah jurusan ini, perlu kamu ingat bahwa syarat masuk jurusan administrasi bisnis di luar negeri ini akan sangat berbeda dengan universitas dalam negeri.

Kamu nggak perlu menjalani tes seleksi masuk, tetapi wajib memenuhi persyaratan akademis dan bahasa Inggris juga beberapa dokumen yang harus dimiliki mahasiswa internasional. Sebagai contoh, berikut syarat masuk jurusan administrasi atau Bachelor of Business Administration dari Monash University Australia.

Baca juga Syarat Masuk Jurusan Farmasi di Universitas Luar Negeri untuk memperkaya wawasanmu.

Wajib memenuhi persyaratan akademis

Untuk bisa berkuliah di Monash University program Bachelor of Business Administration, kamu wajib berumur 17 tahun sebelum mendaftar. Persyaratan akademis yang perlu kamu penuhi adalah memiliki nilai untuk GCE A level atau International Baccalaureate. Karena kamu lulus dengan nilai nasional, maka kamu harus mengikuti program foundation untuk mendapatkan nilai International Baccalaureate maupun GCE A Level. Perlu kamu ingat, nggak semua pelajaran kamu pelajari, cukup pelajaran yang berhubungan dengan jurusan yang kamu ambil saja. Umumnya untuk bisnis adalah Bahasa Inggris dan Matematika.

Memiliki nilai tes bahasa Inggris yang sesuai

Sebagai mahasiswa internasional, kamu harus memiliki nilai dari tes bahasa Inggris yang diakui secara internasional. Untuk Monash University, khususnya Bachelor of Business Administration, kamu perlu memiliki nilai IELTS (Academic), iBT TOEFL atau Pearson Test of English (Academic). Kamu perlu mengecek batas nilainya karena bisa berubah di waktu tertentu. 

Melengkapi dokumen mahasiswa internasional

Selain syarat masuk jurusan administrasi bisnis di atas, kamu juga perlu melengkapi dokumen mahasiswa internasional. Apa saja? Kamu harus mengantongi visa pelajar, paspor, acceptance letter dan asuransi kesehatan teruntuk yang ingin kuliah di Australia. Nah, dokumen-dokumen ini sangat penting selama kamu berkuliah di sana.

Masih bingung bagaimana kuliah jurusan administrasi bisnis di luar negeri? Konsultasi GRATIS dengan SUN Education dulu! Semua urusan kuliah di luar negeri mulai dari persyaratan masuk universitas, visa pelajar, pembayaran institusi hingga akomodasi bisa kami bantu!

Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru kuliah ke luar negeri, akses SUN E-guide book dulu! Informasi tentang universitas terbaik, jurusan masa depan, tips and trick sampai beasiswa lengkap tersedia. SUN E-guide book juga bisa diakses secara GRATIS di semua gadget, lho.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan