Testimonial SUN Education
Siti Rahmah Aprilia
1 September 2020
universitas di amerika yang menyediakan beasiswa
Universitas Terbaik di Amerika yang Menyediakan Beasiwa
10 September 2020

8 Universitas Top dan ‘Rising’ dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Dunia

Sumber: Freepik

Hubungan Internasional adalah satu dari sekian bidang studi yang menjadi favorit banyak pelajar seluruh dunia. Bahkan, ada jutaan pelajar dari seluruh dunia yang berusaha dengan gigih untuk menembus universitas dengan jurusan hubungan internasional terbaik di dunia. Tak hanya karena pengalaman berbeda di negeri luar yang bisa didapatkan, namun mereka juga mengejar kualitas pendidikan serta pengalaman akademik yang disajikan dari universitas terkemuka tersebut.

Sumber: Freepik

Kalau kamu sangat menyenangi sesuatu yang berkaitan dengan interaksi internasional, diplomasi, serta memiliki keterampilan komunikasi, Hubungan Internasional bisa menjadi pilihan yang cocok untukmu! Dalam jurusan ini, kamu tidak hanya mendapatkan peluang prospek kerja yang menarik saja, tetapi juga pengalaman studi yang bisa dibilang memiliki keunikan tersendiri. Kamu akan belajar bagaimana caranya bekerja dengan berbagai orang, budaya, hingga entitas dengan latar belakang akademik yang berbeda. Mulai dari konflik, revolusi, perkembangan ekonomi, hingga Hak Asasi Manusia—semua hal berbeda tersebut akan kamu temui dalam bidang yang satu ini.

Nah, berbicara mengenai universitas dengan jurusan hubungan internasional terbaik di dunia, mulai dari yang top sampai ‘rising’mereka memiliki keistimewaan tersendiri yang tentunya berakar dari kualitas yang mereka bangun sejak lama. Yup, universitas-universitas ini gak semerta-merta langsung dikenal oke loh. Mereka melalui serangkaian pengalaman dan ‘jam terbang tinggi’, proses pengajaran dan pembelajaran yang terus dikembangkan, fasilitas kampus yang super mendukung, sampai dengan achievement dari program serta universitas itu sendiri. Dengan kata lain, studi Hubungan Internasional di universitas ini sudah pasti akan memberikanmu pengalaman belajar yang extraordinary.

Sumber: Freepik

So, biar gak penasaran, yuk simak beberapa daftar universitas dengan jurusan hubungan internasional terbaik di dunia berikut ini yang bisa menjadi pilihan untukmu kedepannya!

Harvard University

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan universitas terkemuka yang satu ini. Harvard memiliki fakultas terbesar di kampusnya, yaitu Faculty of Arts and Sciences (FAS). Fakultas yang juga menaungi program magister Hubungan Internasional ini dikenal akan dedikasinya menjadi yang terdepan dalam pengajaran dan pembelajaran serta mendorong penemuan mutakhir. FAS mendefinisikan ulang pendidikan seni liberal untuk abad ke-21 dan berkomitmen menjadikan pendidikan Harvard dapat diakses oleh siswa dari seluruh latar belakang.

Princeton University

Jurusan Hubungan Internasional di Princeton sering melakukan penelitian dan melatih siswa di seluruh bidang teori dan metode (historis, statistik dan formal); dan kepentingan penelitian substantif (studi keamanan, hukum dan organisasi internasional, ekonomi politik, masyarakat sipil transnasional, dan analisis normatif). Bukan hanya pelajaran teori saja yang diperluas, kamu juga turut berperan langsung dalam hands-on activitynya.

Sciences Po

Science Po memiliki pendekatan Hubungan Internasional yang terintegrasi dalam sejarahnya. Institusi ini menawarkan program magister Hubungan Internasional yang juga menawarkan pelatihan sangat baik dalam ilmu politik yang memberikan keterampilan seperti: kemampuan untuk merancang dan melaksanakan proyek penelitian, alat penelitian, mengkomunikasikan hasil penelitian, dan pengembangan pemikiran kritis dan mandiri.

University of Oxford

Yup, satu lagi universitas yang selalu menghiasi deretan terbaik utama di dunia! The Department of Politics and International Relations (DPIR) Oxford merupakan pusat pengajaran dan penelitian yang dikenal secara internasional dan menjadi salah satu yang terbesar di Inggris. Di Oxford, studi bidang Hubungan Internasional bisa kamu temukan dalam BA degrees Philosophy, Politics and Economics (PPE), History and Politics, program MPhil, dan juga DPhil.

The London School of Economics and Political Science (LSE)

Berada di tahun ke-92, LSE memiliki salah satu departemen Hubungan Internasional tertua dan terbesar di dunia dengan reputasi internasional. Menghiasi deretan teratas di negara dan juga dunia, LSE menawarkan program studi Hubungan Internasional baik untuk sarjana maupun magister. Program mereka mempelajari fungsi, teori dan sejarah sistemnya, serta sifat dari hubungan yang berubah antara negara dan aktor non-negara.

King’s College London

King’s College London dikenal dengan kualitasnya yang sangat baik dan termasuk dalam ‘rising’, karena perkembangannya yang pesat. Mereka menawarkan jurusan Hubungan Internasional dalam program sarjana maupun magister. Pembelajaran kamu akan didukung oleh para ahli internasional terkemuka yang bekerja erat dengan pemerintah, angkatan bersenjata dan LSM secara global serta menjadi bagian dari komunitas penelitian yang dinamis.

The University of Sydney (USYD)

The Department of Government and International Relations USYD menawarkan studi sistematis dan luas di bidang utama politik dan hubungan internasional. Program Hubungan Internasional mereka yang sudah dikenal secara internasional mengajarkan untuk mengeksplorasi peran lembaga internasional dalam membentuk keputusan kebijakan di tingkat global dan menggiringmu turut serta dalam penelitian.

Monash University

Monash University meraih reputasi nasional dan internasional dalam penelitian dan pengajarannya yang unggul. Dengan kualitas yang dibangun oleh ‘rising university’ ini, Monash secara konsisten berada pada peringkat 100 universitas terbaik di dunia. Universitas ini menawarkan bidang studi Hubungan Internasional yang tidak kalah berkualitasnya. Program mereka berfokus pada tantangan utama politik global, termasuk perang, keamanan, dan pembangunan. Tujuannya menawarkan siswa pemahaman tentang aspek politik dan ekonomi global kontemporer.

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia beberapa universitas terkemukatermasuk yang sudah berkembang dan terus ‘melejit’ dengan bidang studi Hubungan Internasional terbaik di dunia. Kamu tidak perlu khawatir dengan prospek kerja serta jenjang karir kedepannya. Kamu akan dipertemukan dengan peluang pekerjaan menarik yang menghubungkanmu dengan lebarnya dunia luar dengan mendorong kemampuan secara maksimal serta unggul dalam bidang ini.

Sebagai lulusan HI nantinya, kamu dapat bekerja dalam berbagai instansi; mulai dari Kementerian Luar Negeri sebagai diplomat yang seringkali kamu dengar, duta besar, organisasi-organisasi internasional, perusahaan multinasional, hingga konsultan. Banyak kan pilihannya? Namun, jangan lupa! Sebelum meraih semua ini, pastikan kamu seimbangkan kehidupan perkuliahanmu. Perbanyak doa dan tekun dalam belajar. Maksimalkan studi apapun yang kamu dapatkan, berani menciptakan koneksi, pandai berkomunikasi dan bergaul, hingga ikut serta dalam aktivitas ataupun diskusi. Teruslah semangat dalam menempuh studi dan meraih cita-citamu ya! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Australia, Inggris, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!