5 Makanan Tradisional Khas Cina yang Nggak Ada Duanya!
5 Makanan Tradisional Khas Cina yang Nggak Ada Duanya!
29 April 2022
kings education
Masih Ragu? Ini 6 Alasan Kudu Ambil Pathway di Kings Education!
6 Mei 2022

9 Rekomendasi Aplikasi Listening Bahasa Inggris Buat Kamu!

9 Rekomendasi Aplikasi Listening Bahasa Inggris Buat Kamu!

Di era serba digital ini, segala kegiatan dilakukan dengan bantuan smartphone. Kemajuan zaman ini juga mempengaruhi cara kita belajar. Yang tadinya belajar hanya di ruang kelas bersama guru, sekarang belajar bisa di mana saja dengan bantuan aplikasi di smartphone. Aplikasi smartphone untuk kamu belajar juga banyak banget, lho. Nggak hanya pelajaran di sekolah saja, bahkan untuk persiapan tes bahasa Inggris! Aplikasinya juga ada yang lebih spesifik, seperti aplikasi listening bahasa Inggris misalnya.

Buat kamu yang sedang mengasah kemampuan listening sebelum mengikuti tes bahasa Inggris, wajib tahu apa saja aplikasi yang bisa membantumu. Tenang, kali ini SUN Education akan memberikan rekomendasinya sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

 

Duolingo

9 Rekomendasi Aplikasi Listening Bahasa Inggris Buat Kamu!

Aplikasi bahasa Inggris yang sering terdengar adalah Duolingo. Bahkan aplikasi ini telah di-download oleh lebih dari 100 juta pengguna Android di seluruh dunia! Aplikasi ini disukai karena banyak fitur yang bisa kamu gunakan, mulai dari meningkatkan skill menulis, membaca dan tentunya untuk listening.

Kamu nggak hanya bisa menggunakan fitur-fiturnya yang menarik, tetapi kamu bisa mengukur tingkat kemampuan bahasa inggris lewat tes awal yang diberikan. Dengan tes awal ini, Duolingo bisa menyesuaikan tingkat kesulitan dalam tahap pembelajaran yang kamu inginkan. 

 

English Listening and Speaking

Aplikasi English and Speaking merupakan aplikasi dari Miracle FunBox. Keunggulan menggunakan aplikasi ini adalah bebas memilih model belajar yang sesuai dengan preferensi. Di dalamnya juga banyak conversation yang bisa langsung kamu pelajari seperti daily conversation bahkan sampai business conversation.

Dengan mendengarkan conversation ini, kamu bisa belajar pronounciation, pemilihan kata yang tepat, dan tatanan kalimat yang digunakannya. Apalagi aplikasi ini juga menyediakan tingkat kesulitan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuanmu.

 

Hello English

Aplikasi listening bahasa Inggris berikutnya adalah Hello English. Aplikasi ini sudah di-download oleh 24 juta orang di dunia. Fitur-fitur yang bisa kamu gunakan juga lengkap banget, mulai dari Reading, Speaking, Writing dan tentunya Listening. Kerennya lagi, aplikas ini juga lengkap dengan kamus bahasa Inggris yang memiliki 10 ribu kosakata!

Hello English makin disukai karena memiliki 475 pelajaran interaktif bahkan game percakapan, lho! Jadi lewat Hello English ini, kamu nggak akan bosan, kan? Apalagi kamu juga bisa berdiskusi secara langsung dengan para guru tentang tatanan bahasa yang tepat, terjemahan bahkan pronunciation yang benar.

 

Learn with Aco

Learning with Aco memiliki latihan lengkap untuk semua skill, termasuk Listening. Kamu tinggal memilih menu dan skill listening untuk kamu pelajari. Di aplikasi ini, kamu bisa belajar mendengarkan kalimat dalam conversation dan melafalkan untuk tahu bagaimana pelafalan yang benar.

 

BBC Learning English

9 Rekomendasi Aplikasi Listening Bahasa Inggris Buat Kamu!

Aplikasi selanjutnya adalah BBC Learning English. Yap, BBC merupakan aplikasi bahasa Inggris dari stasiun TV dan radio BBC dari Inggris. Aplikasi ini menyatukan semua pelajaran dalam satu paket yang mudah untuk kamu gunakan. Fitur-fitur yang tersedia juga oke banget! Kamu dapat menonton video tanpa teks subtitles sehingga lebih faham dengan pronounciation dan pemilihan kata dalam conversation.

Ukurlah kemampuan berbahasa Inggrismu dengan fitur kuis yang ada di app ini. Kamu tinggal memilih materi listening yang sudah disusun berdasarkan apa saja yang ingin kamu pelajari dan mudah untuk kamu gunakan. Enaknya, aplikasi ini bisa digunakan dalam keadaan offline, lho!

 

IELTS Listening Practice

Listening juga menjadi salah satu section yang ada dalam IELTS, lho. Apalagi jika kamu ingin apply ke universitas luar negeri, kamu harus sering-sering mengasah kemampuan bahasa Inggris apalagi bagian Listening. Aplikasi listening bahasa Inggris berikutnya yaitu IELTS Listening Practice – English Listening.

Keunggulan dari IELTS Listening Practice – English Listening adalah penggunanya bisa melihat berbagai percakapan dalam bahasa Inggris. Kamu juga bisa mendengarkan dan membaca pelajaran melalui transkripnya. Aplikasi ini juga punya 800 pelajaran untuk IELTS dan tentunya listening section di dalamnya.

 

FluentU

Yang satu ini sudah banyak lalu lalang di tengah orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris. Yup, FluentU! Khusus kamu yang mau belajar bahasa Inggris serius, app ini wajib kamu download. Di dalamnya ada banyak materi sesuai format yang kamu inginkan. Mulai audio untuk listening bahkan menonton video-video pembelajaran seru yang disediakan.

Kamu bisa mengunggahnya dengan gratis, namun untuk penggunaan berkelanjutan harus membayar sebesar 30$ per bulannya. Dengan harga itu, kamu bisa mengakses fitur-fitur lainnya yang sangat berguna apalagi dalam belajar listening bahasa Inggris!

 

Listen English Daily Practice

Bagi kamu yang baru pertama kali belajar listening bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan aplikasi Listening English Daily Practice. Semua materi tersaji sangat mendasar dan mudah kamu pahami. Bahkan, aplikasi ini punya beberapa aksen bahasa Inggris yang sering digunakan di dunia, lho!

Selain untuk belajar listening bahasa Inggris, aplikasi ini merupakan aplikasi penerjemah yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar mendengar dan berbicara sesuai pronunciation bahkan aksen! Tak hanya materi untuk belajar listening, ada juga artikel-artikel yang membantu pembelajaran juga.

 

Rosetta Stone

Aplikasi belajar listening bahasa Inggris terakhir adalah Rosetta Stone. Nggak perlu lagi ragu dengan kualitasnya, aplikasi ini sudah mendapatkan penghargaan bergengsi seperti Platinum Award for Educational App 2018 dan Best Mobile App Awards pada 2019!

Menariknya, aplikasi ini punya fitur yang menggunakan true accent jadi kamu bisa mendengar pronounciation dengan suara yang jernih dan jelas. Ada pula tutor yang bisa langsung mengoreksi kesalahan pronounciationnya juga, lho. Keren, kan?

Itu dia aneka rekomendasi aplikasi listening bahasa Inggris buat kamu! Semuanya sudah tersedia di Play Store maupun App Store. Sekarang kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan belajarnya. Apakah untuk daily atau business conversation atau untuk persiapan mengikuti tes bahasa Inggris seperti IELTS dan TOEFL. Kedua tes bahasa Inggris ini sering kali menjadi persyaratan untuk masuk universitas luar negeri, lho. Jadi, untuk yang punya mimpi kuliah ke luar negeri, kamu bisa memulainya dengan mengasah bahasa Inggris kamu.

Masih bingung persyaratan dan apa saja yang harus kamu persiapkan untuk kuliah ke luar negeri? Kamu bisa akses SUN E-guide book secara GRATIS kapanpun dan dimanapun kamu mau. Di dalam e-guide book ini, isinya super lengkap. Mulai dari informasi negara tujuan studi, jurusan, beasiswa, artikel menarik juga tips lainnya. 

Penasaran dengan kemampuan bahasa Inggris kamu? Di SUN Mobile App juga ada fitur English yang mana ada fitur Quick Test yang bisa kamu ikuti. Kamu juga bisa melihat jadwal tes bahasa Inggris terdekat di tempatmu. Tenang, SUN Mobile App sudah bisa kamu download GRATIS di App Store maupun Play Store, lho!

Temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: does not tranlate, Smart Language Learner, BBC, App Store, Pexels

Tinggalkan Balasan