Leeds Beckett University: Pilihan Kampus Pencinta Olahraga
23 Mei 2021
tes toefl online gratis bersertifikat
Tes TOEFL Online Gratis Bersertifikat, Memangnya Ada?
25 Mei 2021

Ada Fakultas Apa Saja di Deakin University Australia? Yuk, Cari Tahu!

Sumber: deakin.edu.au

Negeri Kanguru hampir selalu muncul ketika kita membahas destinasi studi favorit pelajar Indonesia. Selain karena letaknya yang tidak jauh dari Indonesia, banyak pelajar memilih Australia karena kualitas sistem pendidikannya yang baik. Ini terbukti dari banyaknya perguruan tinggi Australia yang masuk daftar universitas terbaik dunia, salah satunya Deakin University. 

Didirikan pada 1974, Deakin University Australia adalah universitas negeri paling modern di negara bagian Victoria. Dengan pengalaman selama lebih dari 40 tahun, Deakin telah meraih banyak penghargaan dan mengajar lebih dari 60.000 mahasiswa setiap tahunnya. 

Pemandangan tampak depan kampus Deakin

Sumber: deakin.edu.au

Soal prestasi, Deakin sudah diakui secara internasional. Tahun ini, Deakin masuk dalam jajaran 20 universitas terbaik di Australia versi QS World University Rankings, sekaligus 300 universitas terbaik dunia versi Times Higher Education (THE). Wah, keren ya?

Berdasarkan survei tahunan Indikator Kualitas Pembelajaran dan Pengajaran Departemen Pendidikan Pemerintah Australia (QILT), 83,5 persen mahasiswa Deakin menilai pengalaman keseluruhan mereka di kampus ‘sangat baik’ atau ‘baik’. Selama enam tahun berturut-turut, Deakin juga dinilai sebagai universitas terbaik di negara bagian Victoria berdasarkan pengalaman keseluruhan. 

 

Lokasi Deakin University

Deakin University yang berlokasi di ujung pantai timur Australia ini memiliki lima kampus (termasuk kampus online): satu di Melbourne; dua di Geelong; dan satu lainnya di Warrnambool. Tiap kampusnya memiliki karakter yang berbeda dan lokasi yang mudah diakses dengan transportasi umum. 

Kampus Melbourne Burwood

Melbourne adalah ibu kota sekaligus kota terpadat di Victoria. Meskipun begitu, Melbourne dinobatkan sebagai tempat studi terbaik bagi pelajar internasional selama tujuh tahun berturut-turut, lho. Saat ini, lebih dari 200.000 pelajar internasional dari 170 negara tinggal di kota ini. 

Kampus Melbourne adalah kampus paling besar di Deakin. Lokasinya didominasi area terbuka yang nyaman digunakan untuk belajar sekaligus bersosialisasi. Selain itu, bangunannya tergolong baru dengan desain arsitektur yang inovatif. 

Kampus Deakin di Melbourne, Australia

Kampus Melbourne. Sumber: deakin.edu.au

Kampus Geelong Waterfront dan Waurn Ponds 

Geelong adalah kota terbesar kedua di Victoria. Selain bebas macet, Geelong banyak dipilih pelajar karena biaya hidup di sini lebih terjangkau ketimbang Melbourne. 

Kota ini menyediakan suasana yang tenang bagi pelajar dan memiliki pantai-pantai yang elok untuk berselancar. Geelong adalah gerbang menuju jalur pantai terindah di dunia, Great Ocean Road. 

Kampus Waterfront berlokasi di kawasan pusat bisnis Geelong yang berhadapan dengan Teluk Corio. Lokasinya dapat dijangkau dengan berjalan kaki singkat dari Stasiun Kereta Api Geelong. Gedung kampus ini dulunya adalah bangunan bersejarah yang sudah direnovasi. 

Kampus Deakin di Geelong Waterfront, Australia

Kampus Geelong Waterfront. Sumber: deakin.edu.au

Kampus Geelong di Waurn Ponds adalah kampus terbesar kedua Deakin. Di kampus ini terdapat asrama mahasiswa. Mahasiswa di kedua kampus Geelong dapat mengajukan permohonan untuk tinggal di sini. Lokasi sekolah kedokteran juga berada di kampus ini.

Kampus Warrnambool 

Kampus ini terletak di tepi Sungai Hopkins. Letaknya juga sangat dekat dengan pantai selancar terbaik di dunia. 

Kampus Online (Cloud Campus) 

Deakin adalah kampus pertama di Victoria yang memberlakukan sistem belajar jarak jauh. Sistem pembelajaran di sini sudah modern secara online atau cloud learning, yang memungkinkan mahasiswanya untuk mendapatkan materi kelas dari manapun mereka berada. 

Kuliah di Deakin sangat cocok buat kamu yang tidak bisa menghadiri kelas secara rutin. Bahkan konsep kampus terbuka di sini terbilang berhasil karena jumlah mahasiswa yang belajar dari jarak jauh hampir sama banyaknya dengan mahasiswa yang datang ke kelas. 

 

Fakultas dan Jurusan di Deakin University 

Seni dan Pendidikan 

Fakultas ini merupakan rumah bagi tiga sekolah terbesar dan paling dibanggakan di Deakin University: Pendidikan, Humaniora, dan Ilmu Sosial; Komunikasi dan Seni Kreatif; serta Institut Pendidikan Koorie. Jurusannya meliputi Seni Rupa, Media dan Komunikasi, dan Pendidikan.

Bisnis dan Hukum 

Fakultas ini cocok nih buat kamu yang berminat mempelajari bisnis yang menguntungkan, pendidikan hukum, serta akses ke dunia industri dan jaringan profesional. 

Kesehatan

Fakultas Kesehatan Deakin adalah salah satu fakultas kesehatan terbesar dan paling cepat berkembang di Australia. Terdiri dari lima jurusan, yaitu Olahraga dan Ilmu Nutrisi, Kesehatan dan Perkembangan Sosial, Kedokteran Umum, Keperawatan, dan Psikologi. 

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 

Sumber: deakin.edu.au

Fakultas ini terdiri dari Jurusan Arsitektur dan Bangunan, Teknik, Teknologi Informasi, dan Ilmu Pengetahuan Kehidupan dan Lingkungan. 

Fasilitas Kampus

Selain lima kampusnya, Deakin juga memiliki lima lembaga penelitian, 13 pusat penelitian strategis, empat perusahaan, dan enam ruang studi regional. 

Para mahasiswa duduk di hall utama Deakin University Australia

Sumber: deakin.edu.au

Berikut adalah fasilitas dan layanan kampus yang hampir semuanya dapat diakses oleh penyandang disabilitas: 

Perpustakaan

Perpustakaan di kampus ini buka setiap hari untuk semua orang tanpa biaya keanggotaan selama trimester satu dan dua. Di perpustakaan Deakin terdapat ruang belajar, ruang audiovisual, dan lounge, yang semuanya dilengkapi fasilitas Wi-Fi. 

Kantin 

Para mahasiswa dapat menemukan berbagai jenis makanan, termasuk menu halal, vegan, dan diet khusus di masing-masing kampus yang seluruhnya merupakan area bebas asap rokok.

Bus Kampus

Deakin menyediakan bus antar-jemput gratis untuk mahasiswa dan staf yang melakukan perjalanan antara dua kampus Geelong. Bus kampus tersedia dengan rute loop setiap jangka waktu 30 menit. 

Pusat Kebugaran dan Olahraga 

Elite Sports Precint

Sumber: deakin.edu.au

Pihak universitas menyediakan fasilitas olahraga yang lengkap di kampus-kampus Daekin, termasuk lapangan basket, pavilion olahraga, dan kelas kebugaran. Selain itu, Deakin juga membuka Elite Sports Precint di kampus Geelong Waurn Ponds. 

Galeri Seni 

Di galeri seni, mahasiswa bisa mengadakan pameran dan acara seni, termasuk pameran kurator yang menampilkan koleksi seni universitas, karya mahasiswa, alumni, dan staf, hingga seniman kontemporer Australia.

Klub Mahasiswa

Pihak kampus banyak memfasilitasi kegiatan mahasiswa, termasuk klub. Mahasiswa Deakin bebas memilih untuk bergabung dengan lebih dari 120 klub dan perkumpulan yang tersedia di masing-masing kampus. Jadi, para mahasiswa dapat menambah teman, mencoba hal-hal baru, sekaligus menyalurkan minat dan bakat mereka. 

Sumber: deakin.edu.au

 

Biaya Kuliah 

Biaya kuliah di Deakin University tentunya tergantung dari fakultas dan program studi yang diambil. Deakin menawarkan tiga jenjang pendidikan: Program Sarjana dengan biaya pendidikan sekitar USD 3,050 – USD 8,065 per credit point; USD2,362 – USD4,880 per credit point untuk Program Magister; dan USD27,200 – USD35,960 per tahun untuk Program Doktor. 

 

Apa Saja Sih Syarat Pendaftarannya? 

Pelajar internasional harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:

Akademik

Menyerahkan bukti akademik berdasarkan hasil pendidikan sebelumnya, misalnya transkrip nilai SMA atau transkrip nilai dari universitas sebelumnya

Bahasa

Setiap pelajar harus bisa membuktikan keterampilan berbahasa mereka dengan menyerahkan sertifikat IELTS, Pearson, TOEFL atau Cambridge

Visa

Memiliki visa pelajar selama belajar di Deakin 

 

Sebagai catatan, sejumlah program studi mungkin memerlukan dokumentasi tambahan. Ini berlaku untuk program tertentu seperti Pendidikan, Kedokteran, Keperawatan, Nutrisi, Psikologi, Seni Kreatif, dan Pertunjukan. Contoh persyaratan tambahan yang dimaksud misalnya wawancara, ujian tertulis, riwayat imunisasi, proposal proyek, surat keterangan polisi negara setempat, dan audisi. 

 

Bagaimana Cara Mendaftar di Deakin University?

Calon mahasiswa bisa mendaftar dan mengkonsultasikan rencana studi di Deakin dengan para profesional dari SUN Education. Nantinya, mereka yang akan membantu kamu mulai dari informasi soal program kuliah hingga pengurusan aplikasi. Untuk informasi lainnya soal Deakin University Australia juga bisa kamu cek lebih lanjut di website resmi kampus. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

 

Tinggalkan Balasan