Mengenal Kampus Kolaborasi NASA, University of New Hampshire
2 Januari 2020
tips mudah dan siap mengerjakan TOEFL
Tips Mudah dan Siap Mengerjakan TOEFL
8 Januari 2020

12 Alasan dan Manfaat Kuliah di Luar Negeri

Alasan dan manfaat kuliah di luar negeri

Seiring berjalannya waktu, kuliah di luar negeri bukan lagi hal yang sulit untuk dicapai dan bahkan seolah menjadi trend di kalangan pelajar Indonesia. Dalam beberapa dekade terakhir, jumlah pelajar Indonesia di luar negeri pun meningkat drastis dengan jumlah yang mencapai puluhan ribu, baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana. Negara yang dituju pun beragam, antara lain yaitu Australia, Singapura, Malaysia, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa. 

Bukan sekadar keren-kerenan, ini dia alasan kenapa banyak orang memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

student discussion

1. Bidang studi spesifik yang lebih sesuai dengan kebutuhan industri

Kita tidak bisa menyangkal bahwa tujuan akhir dari studi adalah bekerja dan berkarir. Faktanya, dunia industri memiliki hubungan yang saling mempengaruhi dengan dunia keilmuan. Perkembangan dalam dunia industri sendiri telah membuat kebutuhan yang semakin meningkat akan tenaga ahli yang menguasai bidang-bidang ilmu yang lebih spesifik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak perguruan tinggi di luar negeri yang mulai menyesuaikan program yang mereka tawarkan. 

Baca Juga : 7 Alasan Kenapa Irlandia Adalah Pilihan Tepat Untuk Kuliah di Luar Negeri

Belakangan kita mungkin mendengar beberapa bidang yang tidak familiar dan bahkan belum banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan program untuk bidang tersebut. Meskipun ada, umumnya hanya bersifat general dan bukan program khusus yang mendalami sub bagian bidangnya. Sebagai contoh sederhana, Indonesia memiliki jurusan biologi, namun beberapa perguruan tinggi di luar negeri sudah menawarkan bidang yang lebih spesifik seperti biologi kelautan. 

Saat ini sudah banyak orang Indonesia yang sadar akan kebutuhan bidang industri tersebut dan mencoba mendapatkan pendidikan yang lebih baik yaitu dengan cara melanjutkan kuliah di luar negeri. 

2. Kualitas pendidikan

Perguruan tinggi luar negeri memiliki kurikulum internasional yang tentunya akan membuatmu memiliki standar pendidikan yang tinggi. Kelas yang ditawarkan juga memiliki ukuran yang kecil yaitu terdiri dari sekitar 20 orang saja, sehingga dalam proses belajar akan jauh lebih intens. Selain itu, negara-negara yang lebih maju umumnya juga menyediakan fasilitas penunjang pendidikan seperti laboratorium dan perpustakaan yang jauh lebih canggih dan lengkap. 

3. Metode pembelajaran yang berorientasi pada praktik dan riset

Banyak ahli yang menilai bahwa banyak program sarjana yang ditawarkan di Indonesia belum cukup aplikatif. Banyak lulusan sarjana yang masih canggung ketika harus langsung mengerjakan sesuatu di lapangan saat sudah terjun di dunia industri. Hal itulah yang membuat penerimaan karyawan melalui jalur management trainee masih sangat populer di Indonesia. Melalui jalur tersebut, mereka akan diajarkan untuk mengaplikasikan ilmu agar lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Salah satu keunggulan kuliah di luar negeri adalah program studi yang dirancang khusus dengan program magang sehingga lebih aplikatif. Kamu akan merasakan langsung bagaimana terlibat di dunia industri. Selain itu, banyak pula universitas yang menyediakan fasilitas riset lengkap serta memungkinkan mahasiswa sarjana untuk terlibat di dalamnya. 

Baca Juga : Memaksimalkan Kesempatan Ketika Kuliah di Luar Negeri

4. Pengalaman internasional

Alasan lain kenapa banyak orang memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri adalah pengalaman internasional. Kamu akan bertemu, berinteraksi, bahkan berteman dengan orang dengan berbagai latar belakang budaya dan bahasa. Selain itu, kamu juga akan berada di lingkungan yang benar-benar baru serta jauh dari keluarga. Hal ini akan mengajarkanmu banyak hal dan membuatmu berkembang secara pribadi. 

Akan ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika melanjutkan kuliah di luar negeri, lho!

mandiri

1. Jadi lebih mandiri

Tinggal sendiri dan jauh dari keluarga akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tangguh. Kamu akan belajar dan terbiasa untuk mengurus semua kebutuhan hidupmu mulai dari makan, bersih-bersih dan lain-lain. Kamu akan sepenuhnya menjadi pribadi yang bisa diandalkan bagi dirimu sendiri. Ini akan sangat bermanfaat dalam dunia kerja karena kamu akan lebih proaktif, bertanggung jawab serta dapat diandalkan. 

2. Berinisiatif

Meninggalkan Indonesia berarti mengeluarkan dirimu dari zona nyaman dimana kamu lahir dan dibesarkan. Butuh keberanian untuk melakukan hal seperti ini, namun akan terlatih untuk berinisiatif dalam untuk melakukan sesuatu. Keterampilan ini akan membuatmu juga baik dalam mengembangkan ide, rencana, berpikir rasional serta tekun dalam melakukan sesuatu. Semua hal tersebut merupakan soft-skill yang akan sangat berguna untuk untuk kehidupan profesionalmu kelak. 

3. Fasih berbahasa asing

Kemampuan bahasa asing adalah salah satu keuntungan lainnya yang akan kamu dapatkan dengan berkuliah di luar negeri. Sebagai mahasiswa internasional kamu tentu terbiasa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi selama kamu berada di luar negeri. Jika kamu melanjutkan studi di negara yang memiliki bahasa sendiri seperti seperti Jerman atau Jepang, kamu mungkin juga akan bisa menggunakan bahasa asli negara tersebut. Dalam perusahaan multinasional, kemampuan berbahasa ini akan membantu kamu mendapatkan nilai lebih untuk dapat diterima. 

4. Kemampuan analisis dan penyelesaian masalah

Selama tinggal dan belajar di luar negeri, kamu akan terbiasa menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang akan membuat kemampuan analisismu terasah. Kamu juga akan terlatih untuk menyelesaikan masalah demi masalah baik dari skala yang paling kecil hingga dalam konteks pembelajaran. Setelah lulus kamu akan menjadi lulusan dengan kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang baik. Perlu kamu ketahui, bahwa dua kemampuan ini sangat berguna dalam dunia kerja. 

5. Mampu mengelola uang

Tinggal jauh dari orang tua akan membuatmu mengatur segala hal sendiri, termasuk dalam hal keuangan. Jika kamu terbiasa bergantung pada orang tua, sekarang kamu sudah akan lebih bisa mengatur keuanganmu sendiri agar uang saku yang diberikan selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupmu. Kemampuan ini akan selalu terpakai hingga kamu sudah menghasilkan uang sendiri setelah bekerja. Selain itu, banyak pula perusahaan yang membutuhkan orang yang baik dalam hal mengatur keuangan. 

6. Sikap fleksibel

Selama kuliah di luar negeri, kamu akan terlatih untuk bersikap fleksibel dalam menghadapi keberagaman. Hal ini juga akan membantumu untuk dapat segera beradaptasi di dunia kerja yang memiliki keberagaman seperti kolega yang berbeda cara kerja, berpikir, karakter, hingga cara interaksi. Kamu juga tidak akan canggung untuk berhadapan dengan orang-orang yang memiliki perbedaan ras, budaya, dan agama denganmu. Menjadi fleksibel akan membuatmu cepat akrab dengan banyak orang dan menjadi pribadi yang disenangi. 

Baca Juga : Masalah yang sering di hadapai ketika Kuliah di Luar Negeri

7. Pengetahuan internasional

Jika ingin mengenal dan memahami sesuatu dengan baik, kamu harus terlebih dahulu terlibat di dalamnya. Sebagai mahasiswa internasional, kamu akan terlibat dengan orang-orang dengan budaya dan pemikiran yang berbeda. Segala hal yang kamu dapatkan dan alami tersebut akan menambah wawasanmu. Hal ini tentunya akan berguna di bidang apapun kamu akan bekerja nantinya. 

8. Komunikasi lintas budaya

Berteman dengan banyak orang dari berbagai negara akan meningkatkan keterampilan berkomunikasi secara lintas budaya. Selama belajar di luar negeri, kamu akan terbiasa memiliki pemahaman atas budaya orang lain dan berpikir positif dengan keberagaman, sehingga meminimalkan konflik. Berbekal komunikasi yang baik dalam hal lintas budaya, kamu akan lebih mudah berkolaborasi dengan banyak relasi di skala internasional.

siap untuk mulai

Siap untuk kuliah di luar negeri? 

Kuliah di luar negeri akan membuatmu berkembang baik secara pribadi maupun secara kemampuan. Tidak heran kan jika banyak orang memiliki impian untuk dapat berkuliah di negeri asing yang jauh dari keluarga di Indonesia. Bagaimana denganmu? 

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!