kings education
Masih Ragu? Ini 6 Alasan Kudu Ambil Pathway di Kings Education!
6 Mei 2022
jurusan sosiologi
Prospek Karir Jurusan Sosiologi, Apa Aja Sih?
10 Mei 2022

Aneka Syarat Jadi Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin

Aneka Syarat Jadi Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jurusan teknik menjadi salah satu jurusan yang diminati oleh siswa. Jurusan teknik sendiri juga banyak cabangnya sehingga perkuliahannya bisa berfokus pada satu bidang saja. Salah satu cabang jurusan teknik yang paling diminati adalah jurusan teknik mesin

Jurusan teknik mesin kerap kali dipilih karena jurusan ini memiliki mata kuliah yang menarik untuk dipelajari, masa depan yang cerah, cocok bagi yang suka fisika, bahkan bisa melanjutkan kuliahnya hingga ke luar negeri! Memangnya jurusan teknik mesin ini belajar apa saja, sih? Apa saja syarat bagi siswa yang ingin lanjut ke jurusan teknik mesin? Untuk yang penasaran, semuanya akan SUN Education bahas secara tuntas. Baca sampai selesai, ya!

 

Kenalan dengan Jurusan Teknik Mesin

Aneka Syarat Jadi Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin

Mendengar nama jurusan teknik mesin, pasti yang terlintas di kepalamu adalah jurusan yang mempelajari mesin motor atau mobil. Benar sih, secara umum kamu akan mempelajari mesin. Tapi, nggak hanya sebatas bagian-bagian mesin atau bagaimana cara membenarkannya. Kamu akan mempelajari mesin dengan pendekatan dasar fisika dan matematika.

Intinya, jurusan ini mempelajari bidang keilmuan yang menggunakan prinsip dasar fisika untuk menganalisis, desain, manufaktur hingga maintenance sistem mekanik. Meskipun digemari, perkuliahan jurusan teknik mesin ini terbilang cukup rumit. Namun, melihat masa depan lulusan jurusan ini sangat gemilang, banyak pula yang apply, lho. Makanya, nggak heran di beberapa universitas jurusan ini bahkan sampai memiliki passing grade yang tinggi saking persaingannya luar biasa!

 

Belajar Apa Saja?

Aneka Syarat Jadi Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin

Hal yang harus kamu pertimbangkan saat memilih jurusan adalah apa saja sih yang akan kamu pelajari kelak? Begitu juga dengan jurusan teknik mesin. Seperti penjelasan sebelumnya, jurusan ini mengadopsi prinsip dasar fisika untuk keberlangsungan suatu mesin, sehingga tentunya banyak mata kuliah yang berhubungan dengan ilmu fisika.

Pada tahun pertama perkuliahan, tentunya mata kuliahnya akan sangat mendasar dan umum seperti Fisika Dasar, Kalkulus, Kimia Dasar, Matematika, Material Teknik, Perancangan Produk dan lain-lain. Di tahun pertama ini juga mata kuliahnya sudah disusun dari pihak kampusnya. Namun di tahun kedua kamu harus “belanja” mata kuliah wajib.

Mata kuliah wajib ini tentu pembahasannya akan lebih mengerucut. Biasanya mata kuliah ini mengacu pada bidang peminatan yang lebih spesifik. Peminatan ini tergantung dengan universitas masing-masing, biasanya mencakup Perancangan Mekanik dan Konstruksi, Proses Manufaktur, Sistem Produksi, Rekayasa Sistem Utilitas Bangunan, dan banyak lagi.

 

Syarat Jadi Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin

Aneka Syarat Jadi Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin

Untuk bisa mengenyam pendidikan jurusan teknik mesin, ada beberapa syarat yang perlu kamu tempuh. Apa saja? Inilah beberapa syaratnya!

Berasal dari jurusan tertentu

Kalau kamu ingin masuk jurusan teknik mesin, ada baiknya kamu datang dari jurusan tertentu. Apa saja jurusan yang bisa diterima dalam jurusan ini? Yaitu SMA/MA jurusan IPA, SMK/MAK jurusan teknologi dan rekayasa, teknik mesin, teknik elektro dan sebagainya. Bukan tanpa alasan, siswa yang datang dari jurusan ini setidaknya sudah memiliki dasar ilmu fisika dan matematika yang kuat. Sehingga nantinya mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri di perkuliahan nanti.

Kemampuan berhitung yang baik

Jurusan ini nggak akan lepas dari perhitungan. Baik dari mata kuliah fisika dan matematika hingga kalkulus membutuhkan perhitungan yang cukup mendetail. Untuk itu, buat kamu yang sudah bertekad masuk ke jurusan ini, pastikan kamu sudah punya kemampuan berhitung yang baik, ya. 

Memiliki badan yang sehat

Saat berkuliah hingga ke dunia kerja, kamu akan berhubungan langsung dengan mesin yang cukup berat. Makanya memiliki tubuh yang sehat tanpa riwayat sakit yang serius menjadi salah satu syarat penting. Selain itu, pastikan kalau kamu nggak buta warna, ya. Di dalam dunia industri mesin, tes mengenai buta warna akan selalu dilakukan.

Lolos tes masuk universitas

Di Indonesia sendiri, untuk masuk ke universitas kamu harus lolos tes ujian masuk. Baik universitas negeri maupun universitas swasta memiliki tes ujian masuk baik secara mandiri atau dilakukan serentak secara nasional. Untuk bisa masuk jurusan ini , tentunya ada nilai tertentu yang harus kamu penuhi. Tes ujian masuk inilah yang menjadi gerbang yang harus kamu lalui agar dapat menjadi mahasiswa jurusan teknik mesin.

 

Bedanya Syarat Kuliah Jurusan Teknik Mesin di Luar Negeri

Percaya nggak, kuliah jurusan teknik mesin di luar negeri nggak seribet yang kamu bayangkan, lho. Bahkan kamu nggak perlu mengikuti tes seleksi masuk universitasnya! Kamu hanya perlu memenuhi persyaratan akademis dan bahasa Inggrisnya. Sebagai contoh, berikut syarat masuk untuk jurusan teknik mesin atau Bachelor of Engineering in Mechanical Engineering dari The University of Manchester di Inggris.

Memenuhi persyaratan akademis

Persyaratan akademis untuk jurusan ini adalah memiliki nilai A-Level dengan Grade AAA dalam Matematika dan Fisika dan satu mata pelajaran lainnya. Kamu juga bisa menyerahkan nilai GCSE dimana memiliki 5 nilai GCSE dengan Grades A-C atau 9-4. Bahasa Inggris dan Matematika menjadi mata pelajaran yang disyaratkan dengan nilai minimal C atau 4. Terakhir ada International Baccalaureate dengan total nilai 36 dengan pembagian nilai 6,6, 6 pada level yang lebih tinggi untuk pelajaran Matematika, Fisika dan satu mata pelajaran lainnya.

Memiliki nilai tes bahasa Inggris internasional yang sesuai

Untuk persyaratan bahasa Inggrisnya, kampus ini meminta nilai GCSE dengan grade C atau 4, IELTS dengan total nilai 6,5 dan tidak ada bagian tes lainnya yang di bawah 6,0. Persyaratan bahasa Inggris lainnya adalah TOEFL iBT dengan total nilai 109-120. Jangan lupa perhatikan masa nilai tesnya, ya. Biasanya masa berlaku nilainya adalah 2 tahun sebelum penerimaan mahasiswa baru. Jadi sebaiknya kamu mendapatkan hasilnya maksimal 6 bulan sebelum penerimaan mahasiswa baru.

Itu dia syarat-syarat mahasiswa jurusan teknik mesin yang perlu kamu penuhi. Jika kamu masih bingung dengan syarat-syarat untuk menjadi mahasiswa jurusan teknik di luar negeri, kamu bisa langsung konsultasi GRATIS dengan SUN Education. Kamu bisa konsultasi lengkap mengenai persyaratan akademis, kehidupan perkuliahan bahkan sampai pengurusan visa, lho!

Jangan lupa raih informasi kuliah di luar negeri lebih dalam dan menyeluruh dengan mengakses SUN E-guide book! Nggak hanya ada informasi tentang jurusan, kamu juga bisa mendapatkan informasi soal beasiswa bahkan negara-negara tujuan favorit. So, akses sekarang dan dapatkan jutaan informasi selengkapnya!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Tinggalkan Balasan