Ternyata Bisa Kuliah Jurusan-Jurusan Ini di Australian Catholic University!
Ternyata Bisa Kuliah Jurusan-Jurusan Ini di Australian Catholic University!
13 Mei 2022
Opsi Karir Peraih Gelar Sarjana Psikologi
Opsi Karir Peraih Gelar Sarjana Psikologi
17 Mei 2022

Apa Itu Agribisnis? Ini Pengalaman Kuliah Hingga Prospek Kerjanya!

Apa Itu Agribisnis? Ini Pengalaman Kuliah Hingga Prospek Kerjanya!

Pasti pernah deh denger istilah agribisnis? Meskipun nggak begitu common, tapi setidaknya sekali seumur hidup, kamu pernah mempelajari hal ini walaupun sekelebat. Mau tau banyak hal soal agribisnis, termasuk pengalaman kuliah agribisnis sampai prospek kerjanya? Baca terus ya!

 

Apa Itu Agribisnis?

Apa Itu Agribisnis? Ini Pengalaman Kuliah Hingga Prospek Kerjanya!

 

Sebelum tau pengalaman kuliah agribisnis, yuk simak lebih banyak soal bidang ini sendiri! Agribisnis sendiri adalah bidang usaha yang meliputi pertanian dan kegiatan komersial yang berhubungan dengan pertanian. Bidang ini mencakup semua proses yang dibutuhkan untuk mengirim barang pertanian ke pasar, yaitu produksi, pemrosesan, hingga distribusi.

FYI, industri agribisnis ini penting lho buat perekonomian negara dengan lahan subur kayak Indonesia! Kenapa? Soalnya kita punya banyak produk pertanian yang bisa diekspor!

Agribisnis sendiri adalah kombinasi dari kata “agriculture” dan “business” yang mengacu pada bisnis apa pun yang terkait dengan pertanian dan kegiatan komersial yang berhubungan sama pertanian. Perusahaan dalam industri agribisnis mencakup semua aspek produksi pangan.

It’s important to note, perubahan iklim telah memberikan tekanan yang semakin besar pada banyak perusahaan di industri agribisnis untuk berhasil beradaptasi dengan perubahan besar-besaran dalam pola cuaca.

 

Daftar Isi (Klik Untuk Buka)

Pengalaman Kuliah Agribisnis

Apa Itu Agribisnis? Ini Pengalaman Kuliah Hingga Prospek Kerjanya!

 

Setelah udah lebih ngerti soal agribisnis, take a step further dan simak pengalaman kuliah agribisnis yuk!

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, agribisnis berhubungan sama manajemen, pemasaran,  pembiayaan pangan atau produk pertanian pada umumnya. Maka dari itu, saat nanti kuliah agribisnis kamu akan mempelajari prinsip-prinsip dari ilmu pertanian, ekonomi, bisnis, dan statistik.

Ilmu yang kamu pelajari saat kuliah ini nantinya bisa diterapkan untuk berkarir di bidang agribisnis, pertanian, sumber daya alam, pemerintahan, dan bidang terkait lainnya.

 

BACA JUGA: Pengalaman Kuliah di Kanada yang Super Seru!

 

Bakal Belajar Apa Aja?

Apa Itu Agribisnis? Ini Pengalaman Kuliah Hingga Prospek Kerjanya!

 

Pengalaman kuliah agribisnis tentunya bakal diwarnai dengan pelajaran yang udah kamu baca di atas, tapi lebih lanjutnya, bakal belajar apa aja ya saat kuliah nanti?

Jurusan agribisnis mempersiapkan kamu biar bisa menerapkan prinsip-prinsip bisnis dan ekonomi pada produksi dan pemasaran makanan dan produk pertanian lainnya. Nggak ketinggalan pengelolaan sumber daya alam. Saat belajar agribisnis, kamu bakal berkonsentrasi di banyak bidang kayak ekonomi, pemasaran pertanian, manajemen pertanian dan peternakan, produksi tanaman atau hewan, sampai pertanian dan perdagangan internasional.

Pengalaman kuliah agribisnis kamu nantinya akan identik dengan prinsip-prinsip yang terkait dengan praktik terbaik untuk pengembangan produk, cara memaksimalkan keuntungan, dan perencanaan investasi. Nantinya, kamu akan akrab dengan alat akuntansi seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. 

Lebih lanjut, kamu juga belajar cara menggunakan alat kuantitatif seperti statistik, metode akuntansi, program komputer, dan analisis investasi untuk memecahkan masalah manajemen dan perencanaan.

Agribisnis dirancang untuk mempersiapkan siswa untuk pekerjaan di berbagai bidang, termasuk keuangan bisnis, international farming, agricultural marketing, pembentukan kebijakan, hingga industri bank hingga real estate!

 

Opsi Karir Agribisnis

 

Pertanian adalah elemen mendasar dari setiap masyarakat. Ini bisa tercermin dari omongan aktivis agrikultur, Brenda Schoepp, yang mengatakan bahwa, “Sekali seumur hidup, kamu membutuhkan dokter, pengacara, bahkan polisi. Tapi setiap hari selama tiga hari sekali, kamu butuh seorang petani.”

Bicara soal  petani, agribisnis yang berkait dengan pertanian memainkan peran penting dalam menumbuhkan dan menopang sektor pertanian. Bidang agribisnis menawarkan beberapa pilihan karir yang terbilang luas. Beberapa di antaranya termasuk manajemen pertanian dan peternakan, commodity marketing, pembuat kebijakan pertanian, perdagangan luar negeri, hingga pemerhati ekonomi.

Nah, sebelumnya kan udah tau nih pengalaman kuliah agribisnis, yuk sekarang cari tau lebih banyak lagi soal opsi karir setelah lulus nanti!

 

BACA JUGA: Pilihan Karir untuk Lulusan Luar Negeri

 

1. Agronomy Salesperson

Agronomy salesperson adalah posisi yang bergantung pada pengetahuan bisnis yang menyeluruh dan ilmu tentang proses bertani. Kalo kamu berencana bekerja sebagai agronomy salesperson, jalur karir ini akan bekerja sebagai spesialis tanaman di wilayah atau daerah tertentu.

Sebagai agronomy salesperson, kamu bertugas membantu petani dengan menyediakan layanan khusus untuk meningkatkan hasil produksi tanaman mereka. Salah satu contohnya adalah kamu bisa memberikan analisis soal kualitas tanah yang mereka gunakan.

Seperti kebanyakan pekerjaan yang berkaitan dengan sales & marketing, pekerjaan ini membutuhkan skill komunikasi interpersonal yang kuat, serta kemampuan untuk berhubungan dengan segala jenis lapisan masyarakat.

 

2. Renewable Energy Analyst

Dulu, industri pertanian sangat bergantung pada bahan bakar fosil. Sumber daya tak terbarukan ini menjadi salah satu industri penyumbang emisi gas rumah kaca. Hal-hal ini mungkin masih berlaku sampai sekarang, tapi at least kini terlihat adanya upaya nyata untuk membuat sektor pertanian lebih sustainable.

Salah satu cara sektor pertanian, khususnya petani, belajar beradaptasi adalah dengan menggunakan energi terbarukan—seperti energi solar—untuk menggerakkan aktivitas mereka. Seorang analis energi terbarukan jadi partner yang berharga dalam membantu petani beralih ke praktik dan alternatif pertanian yang lebih berkelanjutan.

Kamu nanti bakal terlibat dalam menghitung efisiensi energi dari sistem, dan cara menganalisis peternakan supaya bisa memanfaatkan energi terbarukan. Nantinya kamu dapat membantu klien menjalankan operasi yang lebih berkelanjutan dengan mengembangkan model energi untuk struktur, menyarankan perbaikan sistem, serta memberikan bantuan teknis.

 

3. Agricultural Policy Specialist

Spesialis dan analis kebijakan pertanian bertanggung jawab mengembangkan dan menganalisis kebijakan pemerintah yang memiliki efek langsung atau tidak langsung pada sektor pertanian. Seperti yang ditunjukkan oleh judul pekerjaan, spesialis kebijakan pertanian berpengalaman dalam pembuatan kebijakan pertanian serta punya pemahaman yang sangat baik soal perdagangan pertanian lokal maupun internasional. Spesialis kebijakan pertanian dapat menemukan pekerjaan di lembaga pemerintahan atau bisa juga dipekerjakan di sektor publik dan organisasi LSM, memberikan bantuan untuk pertanian skala kecil.

Kelar deh kita bahas banyak hal soal agribisnis! Mulai dari apa itu agribisnis, pengalaman kuliah agribisnis, hingga pilihan karir setelah lulus nanti. Dengan banyaknya informasi yang udah kamu dapatkan, pasti makin mantap untuk ambil keputusan kan?

Mau tau informasi jurusan kuliah yang unik, terlengkap dan terbaru? Semuanya ada di SUN E-Guide Book, akses sekarang! Baca secara GRATIS dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber: Pexels

Tinggalkan Balasan