tes TOEFL iBT online
Ini Dia Alternatif Tes TOEFL iBT yang Bisa ONLINE!
15 Februari 2022
Syarat masuk jurusan desain grafis
Mau Masuk Jurusan Desain Grafis? Ini Syaratnya!
17 Februari 2022

Apa Saja sih Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi?

Apa Saja sih Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi?

Sumber: Pexels

Jurusan apa sih yang paling sering jadi tujuan calon mahasiswa? Salah satu jurusan yang diminati adalah komunikasi. Jurusan ini merupakan studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator terhadap komunikan dengan berbagai media. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari setiap tingkat komunikasi, mulai dari individu, periklanan/publisitas, interkultural, media, hingga media sosial. Jika kamu merasa siap masuk ke dalam jurusan ini, penting untuk mengetahui mata kuliah jurusan ilmu komunikasi yang akan kamu pelajari nanti.

Terutama kamu yang lagi mau kuliah di New Zealand, SUN Education akan kasih bocoran untuk mata kuliah jurusan ilmu komunikasi. Nggak main-main, mata kuliah jurusan ilmu komunikasi ini diambil dari mata kuliah wajib Canterbury University, salah satu universitas bergengsi di Negeri Kiwi tersebut. Yuk, kita intip selengkapnya!

 

Media and Society

Ini Dia 5 Jurusan Favorit di Western Sydney University!

Sumber: Pexels

Mata kuliah jurusan komunikasi yang pertama adalah Media and Society. Seperti namanya, mata kuliah ini mengajak mahasiswanya untuk mengeksplorasi hubungan antar masyarakat dan media termasuk media cetak, penyiaran, media cetak dan semua jenis ruang online. Di sini pemahaman tentang dunia dan orang-orang di sekitar akan dipertanyakan. Bagaimana media telah membentuk masyarakat, juga bagaimana masyarakat dibentuk melalui media.

Bersama dengan tenaga pendidik yang berpengalaman, mahasiswa akan diajak untuk menjelajahi topik seperti media, teknologi, identitas, dan karya lainnya dalam frame yang merepresentasikan kekuatan dan identitas dengan menggunakan alat analisis seperti semiotika, wacana dan narasi. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar yang tak memerlukan studi media apapun sebelumnya.

 

Introduction to News and Journalism

 

Pada tahun perkuliahan pertama, tentunya kita akan belajar ilmu-ilmu mendasar. Sebagai salah satu cabang ilmu komunikasi, kamu pun akan belajar mengenai jurnalisme. Nah, mata kuliah jurusan ilmu komunikasi ini hadir dalam Introduction to News and Journalism. Di sini mahasiswa akan memahami tentang kekuatan dalam membentuk, memilih dan menyajikan berita.

Kamu juga akan belajar melalui pendekatan teoritis yang signifikan dalam menjelaskan apa itu berita dan kriteria dalam pemilihannya. Siapkan diri dalam mempelajari aspek-aspek kunci dari produksi berita dan menganalisis bidang berita tertentu yakni berita asing, politik, olahraga dan kejahatan secara lebih mendalam.

 

Introduction to Strategic Communication

Apa Saja sih Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi?

Sumber: Pexels

Pada mata kuliah ini, kamu akan belajar peran komunikasi strategis dalam masyarakat hingga kekuatannya pada bidang ekonomi dan politik. Komunikasi strategis ini mencoba untuk membujuk dan memperdebatkan posisi tertentu yang di-advokasikan. Baik itu atas nama bisnis, tujuan sosial dan kebijakan pemerintah.

Contoh nyata lainnya bagaimana pesan bersponsor yang ada di media dapat mempengaruhi institusi sosial seperti pendidikan hingga politik dan filantropi. Intinya, mahasiswa akan mendapatkan keterampilan dalam membuat pesan yang strategis dan efektif sehingga bisa diterima oleh komunikan.

 

Fundamentals of Management

Mata kuliah jurusan ilmu komunikasi berikutnya adalah Fundamental of Management. Seperti namanya, mata kuliah ini mengajarkan prinsip-prinsip dasar manajemen yang berkaitan dengan bidang fungsional seperti perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan pengendalian, serta pengenalan tentang bagaimana organisasi terkait dengan lingkungan bisnis global.

 

Writing for Academic Success

Catat, Ini 5 Tips Mujarab Jawab Soal TOEFL Reading Comprehension!

Sumber: Pexels

Mata kuliah jurusan ilmu komunikasi ini adalah mata kuliah wajib terakhir di tahun pertama. Mata kuliah ini akan menempa kapasitas pemikiran analitis terhadap teks dan bahasa mahasiswanya. Di sini kamu juga akan mendapatkan pelatihan dalam menulis prosa yang jelas dan efektif, menanamkan kesadaran fitur struktural dan retoris penting dari sebuah tulisan dan mendorong penerapan tersebut dalam konteks penulisan akademik dan profesional.

 

Media Audiences

Memasuki tahun kedua, kamu akan belajar Media Audiences. Di sini kamu akan belajar bagaimana konsumsi media dapat membentuk opini, tindakan, identitas dan kehidupan kita. Bagaimana khalayak mempengaruhi produksi sirkulasi media, dan bagaimana kita menciptakan kehadiran media secara online dan bertindak sebagai penonton satu sama lain.

Di mata kuliah ini akan mengkaji hubungan antara khalayak dan media. Teorinya  berdasarkan penelitian yang merepresentasikan khalayak sebagai konsumen pasif dari produk media, pengurai teks media yang aktif, produsen representasi online dan partisipan dalam produksi media interaktif. Kamu akan belajar media dalam bentuk televisi, radio, film, internet, jejaring sosial, home theater, dan video game. Kontennya pun beragam, mulai dari musik, reality show, sinetron dan bermacam-macam.

 

Social Media

Apa Saja sih Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi?

Sumber: Pexels

Dengan perkembangan media sosial yang semakin pesat, tak heran menjadi sorotan hingga dipelajari khusus oleh mahasiswa. Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa untuk melakukan komunikasi publik dalam lingkungan media yang berubah dengan cepat. Kamu akan belajar dari berbagai platform media sosial dan bagaimana komunikator profesional menggunakannya dalam berkomunikasi.

Topik yang akan kamu pelajari meliputi networking, budaya konvergensi, privasi dan bentuk baru dalam kehidupan publik. Kemudian siswa akan menerapkan ide-ide ini dalam proyek kelompok kecil untuk organisasi, komunitas atau perusahaan.

Itulah bocoran mata kuliah jurusan ilmu komunikasi wajib yang akan kamu pelajari selama kuliah di Canterbury University. Untuk tahun keduanya, kamu harus menempuh mata kuliah wajib lainnya seperti Digital Media Production dan Communicating with Data and Digital. Tentunya kamu harus lulus mata kuliah wajib untuk bisa melanjutkan mengambil mata kuliah wajib di tahun kedua. 

 

Kuliah Jurusan Komunikasi di Luar Negeri

Catat, Ini 5 Tips Mujarab Jawab Soal TOEFL Reading Comprehension!

Sumber: Pexels

Mata kuliah jurusan ilmu komunikasi pada umumnya hampir serupa di semua negara. Makanya banyak yang memilih untuk berkuliah jurusan komunikasi di universitas luar negeri. Dengan mengenyam gelar Bachelor of Communication, kamu pun memiliki kesempatan untuk berkarir di industri media, public relation, social media specialist dan banyak lagi. Apalagi jika kamu mengantongi gelar sarjana dari universitas luar negeri seperti Canterbury University, kamu berkesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional atau berkarir di New Zealand setelah melengkapi persyaratan tertentu.

Untuk kuliah di luar negeri seperti  New Zealand, kamu bisa memulai persiapannya dengan konsultasi dengan SUN Education dulu. Kami siap membantu kamu dari proses aplikasi, pembayaran tuition fee, permohonan visa, pencarian akomodasi hingga pre-departure briefing sebelum berangkat kuliah di sana. 

Jangan lupa SUN Education punya SUN E-Guide Book, lho! Kamu bisa mencari informasi tentang living cost, biaya akomodasi, hingga informasi penting untuk orang tua kamu juga. Apalagi SUN E-guide book juga bisa diakses secara GRATIS dimanapun dan kapanpun. Yuk, baca SUN E-guide book sekarang juga!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan