ENTOMOLOGY / ILMU MENGENAI SERANGGA
Entomology/ Ilmu Mengenai Serangga
27 Mei 2022
Wittenborg University, Punya 6 Intake dalam 1 Tahun!
Wittenborg University, Punya 6 Intake dalam 1 Tahun!
30 Mei 2022

Apakah Jurusan Informatika itu Susah? Cek Jawabannya di Sini!

apakah jurusan informatika itu susah

Jurusan Informatika atau Teknik Informatika (IT) emang menggiurkan banget untuk didalami, terutama karena jalur karirnya yang menjanjikan. Nggak kaget kalo banyak calon mahasiswa udah mengincar jurusan ini sejak dini. Mungkin kamu bertanya, apakah jurusan informatika itu susah? Buat tau jawabannya, baca terus ya!

Di zaman serba modern sekarang ini, teknologi menjadi medium yang mempermudah kita mendapatkan informasi dan menjadi bagian esensial dari kehidupan sehari-hari. Di dunia saat ini, hampir seluruh bidang seperti pendidikan, bisnis, hingga internet dilakukan berdasarkan IT. Kebayang kan betapa pentingnya dunia ini memiliki banyak lulusan jurusan informatika?

 

BACA JUGA: Mahasiswa Wajib Tau! Ini Fakta Jurusan Teknik Informatika

 

Apakah Jurusan Informatika itu Susah Dipelajari?

apakah jurusan informatika itu susah

 

Here comes the big question! Pasti banyak dari kalian yang tertarik belajar IT tapi takut nggak sanggup sama materi yang disajikan selama perkuliahan, kan?

Nah, pada zaman dulu belum banyak orang yang mengenal istilah IT dan pada saat IT sendiri belum banyak tersebar dan di sebagian besar tempat, informasi diberikan tanpa bantuan teknologi ataupun internet. Maka dari itu, dulu IT adalah bidang yang terbilang sulit untuk dipelajari.

Namun, saat ini dengan bantuan komputer dan internet, pekerjaan terkait IT bisa ditemukan di hampir semua sektor. Perkembangan bidang IT berjalan berdampingan dengan perkembangan teknologi yang kita gunakan.

Bahkan kalo berbicara soal pembelajaran jurusan informatika, udah hampir pasti setiap sekolah dan universitas memiliki jurusan ini. It’s needed and commonly found too! 

Jadi, kalo kamu nanya, “Apakah jurusan informatika itu susah?” jawabannya adalah tidak, sama seperti hal lainnya, jika kamu bener-bener mempelajarinya pasti kamu bisa mengikuti kursus yang ditawarkan dengan mudah. Eitsss, di sisi lain, jurusan ini akan terasa sulit kalo kamu nggak enjoy dan nggak tertarik akan bidang ini.

Sebagai calon mahasiswa, kamu nggak sebaiknya berharap bahwa jurusan yang kamu pilih akan semerta-merta mudah dijalankan. Akan ada rintangan dan kesulitan yang kamu hadapi, itu pasti! What keeps you going is the passion you have for it. Kalo kamu bener-bener merasa IT adalah passion dan minat kamu, kamu nggak akan merasa jenuh dan bisa melewati segala kesulitan yang kamu hadapi nantinya.

 

Data yang Bicara

 

Masih nggak percaya kalo kamu mampu jadi mahasiswa jurusan informatika? Let’s look at some numbers ‘cause as they say, numbers don’t lie.

Jurusan informatika memang udah mendapatkan reputasi sebagai gelar sarjana yang sulit karena menggabungkan mata pelajaran teori dan praktik, serta melibatkan pembelajaran soal programming.

Menurut National Center for Education Statistics (NCES), selama tahun ajaran 2018-2019, institusi di Amerika Serikat memberikan hampir 88.633 gelar sarjana ilmu komputer. Jumlah ini jauh lebih tinggi dari gelar ilmu fisika yakni 31.148 dan jurusan matematika sebanyak 26.146.

 

BACA JUGA: Bongkar Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Yuk!

 

Gimana Caranya Biar Mudah?

 

Setelah tau jawaban dari apakah jurusan informatika itu susah, kamu tentu harus tau solusinya juga! Ada berbagai cara yang bisa membuat kamu lebih enjoy dan mudah melewati perkuliahan saat mempelajari jurusan ini.

1. Head Start

Mengambil kursus pengantar ilmu komputer bisa banget bantu kamu memahami konsep-konsep penting dan merasa lebih siap untuk mata kuliah yang lebih maju setelah kamu memulai jurusan informatika nantinya. Coba cek katalog universitas tujuanmu untuk tau kursus apa aja yang akan kamu pelajari saat masuk jurusan informatika nantinya. Being extra prepared is never a wrong thing to do!

2.  Atur Waktu

Pas di hari-hari awal kamu jadi mahasiswa jurusan informatika, mungkin kamu merasa banyak banget hal yang harus kamu kerjakan dengan waktu yang sangat terbatas.

Get specific! Buat jadwal untuk membantu kamu mengatur waktu agar tugas-tugasmu selesai dengan baik. Pastikan kamu punya waktu untuk kelas, melakukan pekerjaan rumah, latihan pemrograman, kegiatan sosial, dan istirahat.

3. Minta Bantuan

Akan ada saat-saat ketika materi kuliah yang kamu sedang pelajari tampak membingungkan atau sulit. Kamu nggak harus melakukannya sendirian!

Cari tau apakah ada sumber les yang bisa kamu manfaatkan, belajar dengan teman sekelas atau membentuk kelompok belajar, atau minta bantuan profesor atau dosenmu selama jam kerja untuk menjelaskan ulang konsep yang belum kamu pahami. 

Untuk mengulang poin di atas, kalo kamu bertanya apakah jurusan informatika itu susah? Jawabannya adalah iya dan tidak, semua tergantung upayamu! Do the best you can, the result never betray its process.

Gimana? Makin tambah penasaran soal opsi kuliah jurusan informatika di luar negeri? Banyak banget opsi universitas terbaik yang bisa kamu temukan, untuk tau apa aja baca dulu SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan