10 Makanan Khas Perancis yang Terbukti Recommended!
10 Makanan Khas Perancis yang Terbukti Recommended!
6 Juni 2022
Lisa Mclaren, Lawan Perubahan Iklim Usai Lulus Dari Victoria University of Wellington
Lisa McLaren, Lawan Perubahan Iklim Usai Lulus Dari Victoria University of Wellington 
8 Juni 2022

Apakah Jurusan Psikologi Sulit? Daripada Kepo, Baca Ini!

apakah jurusan psikologi sulit

Jurusan psikologi mengkaji ilmu mengenai perilaku manusia dan proses mental. Dalam jurusan ini, kamu bakal belajar soal pikiran, otak, dan interaksi sosial antara makhluk hidup. Sebagai salah satu jurusan populer dan banyak diincar, mungkin kamu bertanya-tanya apakah jurusan psikologi sulit? Buat tau jawabannya, baca terus ya!

 

Apa itu Jurusan Psikologi?

apakah jurusan psikologi sulit

 

Sebelum kita jawab pertanyaan soal apakah jurusan psikologi sulit, pastinya kamu harus tau lebih banyak soal jurusan ini. Psikologi adalah jurusan berbasis keterampilan yang akan mempersiapkan kamu untuk program tingkat pascasarjana di bidang psikologi, pendidikan, hukum, kedokteran, dan bisnis.

Jurusan ini adalah jurusan yang bisa disesuaikan sesuai dengan keinginan mahasiswa dan berlaku untuk banyak opsi karir! Kamu nantinya bakal belajar metode dasar untuk melakukan penelitian psikologis, penalaran, dan pemecahan masalah.

 

BACA JUGA: Opsi Karir Peraih Gelar Sarjana Psikologi

 

Apakah Jurusan Psikologi Sulit?

apakah jurusan psikologi sulit

 

Wajar banget kalo kamu bertanya-tanya soal kesulitan pembelajaran dari jurusan yang berpotensi kamu ambil. Banyak yang menilai bahwa saat menjadi mahasiswa psikologi, cukup banyak bacaan yang perlu kamu telaah. Jadi kalo kamu bukan orang yang suka baca, jurusan ini bisa terbilang sulit buat kamu.

Psikologi juga jurusan yang terhitung nggak mudah karena banyak dari tugasmu akan mengharuskan kamu mengutip sumber terpercaya dan berargumentasi atas keputusan yang kamu ambil. 

Kenapa sih membaca penting banget bagi mahasiswa psikologi? Faktanya, dunia psikologi berubah setiap hari, jadi akan selalu ada kebutuhan untuk baca studi terbaru oleh profesional industri. Psikolog-psikolog profesional ini akan secara detail merinci pengalaman mereka beserta teknik tertentu atau inovasi baru di bidang ini.

Untuk itu, kalo kamu nanya apakah jurusan psikologi sulit? Sebenarnya sama kayak jurusan lain pada umumnya, kamu perlu rajin belajar, mengerjakan tugas, dan melakukan riset. Tapi kalo kamu menganggap kegiatan membaca sebagai beban, kemungkinan kamu nggak bakal terlalu enjoy saat belajar jurusan ini. But to grow, you should challenge yourself, right?

 

Seberapa Sulit Belajar Psikologi?

apakah jurusan psikologi sulit

 

A degree isn’t easy, no matter what the degree is. Kalo kamu nggak rajin belajar, nggak mungkin gelar kuliah jatuh ke tanganmu dengan mudah. Sama halnya dengan jurusan psikologi!

Nah kan kamu udah tau nih jawaban dari, “Apakah jurusan psikologi itu sulit?” sekarang mungkin kita bisa break down lebih jelas lagi mengenai “kesulitan” ini. Jurusan psikologi cenderung lebih fokus pada bobot tugas kuliah, ujian dan materi kuliah, meskipun kadang ada kebutuhan buat kerja praktek juga.

Psikologi pasti akan selalu memiliki unsur kesulitan terlepas dari tingkat universitas atau tujuan perguruan tinggimu nantinya. Just make sure kamu rajin membaca sebanyak mungkin sebelum memulai perkuliahan dan pertahankan kebiasaan itu bahkan setelah lulus nanti.

 

Kenapa Harus Ambil Jurusan Psikologi?

Overall, psikologi tetep merupakan bidang studi yang menarik. Jurusan ini bakal membantu kamu memahami perilaku manusia dan proses berpikir mereka yang membuat kamu mengerti kenapa seseorang mengambil tindakan tertentu.

Jadi takut ambil jurusan psikologi setelah tau tingkat kesulitannya? Nggak perlu gitu dong! Ada banyak banget keuntungan dan alasan kamu kudu ambil jurusan ini pas kuliah nanti. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya!

Prospek Karir Cemerlang

Gelar di bidang psikologi adalah gelar yang dari dulu hingga kini dihargai oleh pemberi kerja. Pasalnya, lulusan bidang ini dinilai punya keterampilan analitis dan penalaran yang tinggi.

Jurusan psikologi terbukti sangat populer karena banyaknya pilihan karir yang terbuka untuk lulusannya. Setelah lulus nanti, kamu bisa mendapatkan lisensi dan akreditasi biar kamu dapat mengejar karir profesional di sejumlah bidang mulai dari klinis, pendidikan, hingga praktik kerja.

Walaupun nggak semua lulusan akan praktik jadi psikolog, tapi tetep aja mereka akan punya banyak keterampilan dan pengetahuan yang bermanfaat dan bisa diterapkan di bidang karir mana pun. Dengan keterampilan penelitian dan skill komunikasi yang kuat, serta pemahaman mengenai kondisi mental manusia, lulusan psikologi bisa banget bekerja di mana aja mulai dari pemasaran, manajemen dan SDM, hingga olahraga atau perawatan kesehatan.

 

BACA JUGA: 7 Jurusan di University College London dengan Prospek Kerja Gemilang!

 

Bantu Pahami Sekitar

Gelar psikologi nggak akan memberikan kamu pemahaman mutlak tentang setiap interaksi yang kamu lakukan dengan orang lain. Namun, wawasan yang kamu peroleh tentang motivasi, persepsi, dan perilaku orang mungkin akan memberimu perspektif berbeda tentang mengapa orang bereaksi dengan cara mereka melakukannya dan membantumu memahami orang sedikit lebih baik.

Bantu Pahami Diri Sendiri

Wawasan yang kamu peroleh tentang motivasi, proses berpikir, pengaruh kelompok yang berinteraksi denganmu, dan banyak aspek lain dari perilaku manusia, semuanya akan membantu memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang dirimu sendiri. 

Banyak siswa menemukan bahwa ketika mereka mempelajari bahasa, emosi, dan topik lain, mereka menjadi komunikator yang lebih baik sebagai hasil dari mempelajari psikologi.

 

Jurusan ini Tepat Nggak sih Buatku?

 

Seperti yang udah kita bahas di atas, psikologi adalah bidang yang menarik dengan banyak peluang karir bagi mereka yang tertarik membantu orang, serta belajar lebih banyak soal nuansa interaksi manusia.

Kamu masih ragu dan bingung apakah jurusan ini tepat buat kamu? Ada cara yang bisa mempermudah proses pengambilan keputusanmu! Jadi selain nanya apakah jurusan psikologi sulit, ada pertanyaan-pertanyaan penting lainnya yang bisa bantu kamu ambil keputusan.

Coba lihat daftar pertanyaan di bawah ini dan tanyakan kepada diri sendiri untuk bantu memutuskan jurusan psikologi tepat buatmu:

  • Apakah saya bersemangat melakukan penelitian mendalam tentang kesehatan mental dan hubungan manusia?
  • Apa saya berpikiran terbuka? Apakah saya dapat bersikap objektif tentang hal-hal yang saya pelajari dan dapat menyesuaikan pandangan saya?
  • Bisakah saya menangani feedback dengan baik? Apakah saya dapat menangani feedback yang membangun dari dosen dan teman sekelas saya?
  • Apakah saya bersedia mencurahkan banyak waktu untuk membaca dan memahami penelitian klinis di lapangan?

Nah, biar tambah gampang, coba tanyakan hal-hal ini ke diri sendiri dan telaah jawabannya. Dengan begitu, kamu bakal lebih yakin menjadi mahasiswa psikologi dan nggak menyesal di kemudian hari!

Terjawab kan kekepoan kamu soal apakah jurusan psikologi sulit? Setelah udah tau jawaban dan alasan-alasan ekstra kenapa kamu harus ambil jurusan ini, pasti makin yakin deh jadi mahasiswa psikologi! Biar nggak nanggung, cari kualitas pendidikan terbaik dengan studi di luar negeri dong!

Mau tau lebih banyak mengenai kesempatan kuliah di luar negeri dan keuntungan yang bisa kamu dapat? Semua tersedia melalui satu klik aja! Akses SUN E-Guide Book sekarang juga! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan