5 Wisata Australia yang Disebut "Best Hidden Gem"!
5 Wisata Australia yang Disebut “Best Hidden Gem”!
24 Juni 2022
Best Healing Spot Dekat Langara College
Best Healing Spot Dekat Langara College
28 Juni 2022

Baca ini Buat Tau Kesulitan Jurusan Teknik Sipil dan Cara Atasinya!

kesulitan jurusan teknik sipil

Kuliah adalah saat yang tepat bagi kamu untuk lebih mantap menentukan pilihan hidupmu ke depannya agar menjalani jalur karir yang jelas. Ingin membuat perbedaan nyata dan bantu membentuk dunia tempat kita tinggal? Look no further, civil engineering is the perfect choice for you! Masih banyak pertanyaan soal apa yang akan dipelajari dan apakah kesulitan jurusan teknik sipil? Baca terus untuk tau detail lengkapnya!

Sebagai mahasiswa teknik sipil, kamu akan belajar cara merancang, membangun, dan memelihara infrastruktur yang mungkin dianggap remeh oleh banyak orang. Beberapa contoh dari infrastruktur itu termasuk waduk, bendungan, jembatan, jalan raya, terowongan, hingga bangunan-bangunan lainnya. 

Keahlian para insinyur sipil sangat penting untuk masa depan yang berkelanjutan, baik di negara tempat kamu akan bekerja, maupun di dunia secara umum.

 

Kenalan sama Jurusan Insinyur Sipil!

kesulitan jurusan teknik sipil

 

Sebelum tau soal kesulitan jurusan insinyur sipil, lebih baik kamu kenalan lebih jauh sama jurusan ini. First of all, apa sih teknik sipil itu? 

Teknik sipil adalah praktik profesional dalam merancang dan mengembangkan proyek infrastruktur. Pekerjaan ini bisa dalam skala besar kayak pengembangan sistem transportasi dalam negeri atau jaringan pasokan air, atau bahkan dalam skala yang lebih kecil seperti pengembangan jalan raya.

Intinya yang perlu kamu ingat adalah semua aspek yang melibatkan pembangunan infrastruktur berada di bawah kendali seorang insinyur sipil. Kegiatan ini termasuk tahap perencanaan, desain, penganggaran, survei, manajemen dan analisis konstruksi.

Nggak sampe situ doang, yang keren soal teknik sipil di dunia nyata adalah bahwa industri ini terus-menerus beradaptasi dengan tuntutan dan keinginan masyarakat. Dalam beberapa tahun terakhir, teknik sipil telah beradaptasi untuk mempertimbangkan banyak masalah bagi lingkungan kontemporer, membantu mengatasi masalah polusi dan pasokan air yang langkah, sembari mempertimbangkan energi berkelanjutan dalam industri.

 

BACA JUGA: Masih Ragu? Ini 5 Alasan Kamu Harus Memilih Jurusan Teknik Sipil!

 

Apakah Kesulitan Jurusan Teknik Sipil?

 

Picture this: Kamu udah memutuskan untuk mengambil jurusan teknik sipil di perkuliahan. Jurusan ini menarik minatmu karena menawarkan karir yang stabil dengan potensi penghasilan yang tinggi. Namun, satu hal yang menghantuimu adalah pertanyaan, “Seberapa sulit gelar ini bisa didapatkan? Apa aja kesulitan jurusan teknik sipil?”.

To answer your question, teknik sipil dinilai sebagai jurusan yang relatif sulit. Kesimpulan ini bisa didapatkan karena profesi teknik sipil sendiri membutuhkan seperangkat keterampilan yang nggak mudah.

Keterampilan yang wajib kamu miliki untuk berhasil di profesi ini termasuk komunikasi dan kemampuan menulis, matematika, fisika, dan teknik tingkat lanjut, problem-solving, dan gelar sarjana empat tahun.

Selain itu, karena pengalaman praktik sangat dipandang tinggi di bidang ini, kamu mungkin juga perlu menghabiskan musim panas dengan magang. Magang ini bisa sulit dan buat stres karena kamu bakal didorong keluar dari zona nyaman dan menerapkan pengetahuan yang kamu peroleh di bangku kuliah ke situasi kehidupan nyata.

Skill lainnya yang perlu dimiliki seorang insinyur sipil adalah kepemimpinan. Saat terjun ke dunia kerja nanti, sebagai insinyur sipil, kamu kemungkinan besar akan jadi kepala tim yang harus bisa menangani konflik interpersonal dan eksternal juga.

 

BACA JUGA: Siap-siap, Ini Dia Syarat Masuk Jurusan Teknik Sipil!

 

Cara Mengatasi Kesulitan Jurusan Teknik Sipil

 

Meskipun terbilang sulit, jurusan teknik sipil bukannya nggak mungkin kamu pelajari dan lewati. Agar proses perkuliahan kamu jauh lebih lancar, cara mengatasinya adalah mempelajari keterampilan yang seorang insinyur sipil butuhkan.

Kalo kamu mau berada di bidang teknik, fokuslah mengembangkan 5 keterampilan di bawah ini:

1. Matematika

Sebagai seorang insinyur, kamu harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang berbagai konsep matematika. Saat kuliah nanti, kamu akan mempelajari kalkulus, persamaan diferensial, aljabar linier, trigonometri, dan banyak lagi.

Kalo sejak duduk di bangku SMA kamu udah nggak doyan matematika tapi mau masuk jurusan teknik, ya… Siap-siap aja ya bestie!

2. Komunikasi 

Insinyur sipil biasanya bekerja sebagai bagian dari tim dan kadang-kadang bahkan mengambil peran kepemimpinan. Oleh karena itu, kamu harus bisa dengan jelas mengomunikasikan ide-ide kompleks dan rencana teknis kepada kolega dan klienmu.

3. Literasi Tinggi

Mampu menyerap pengetahuan buku teks sangat penting untuk kesuksesan akademis dan karir di bidang insinyur sipil. Di tempat kerja nantinya, kamu akan menghabiskan waktu merancang solusi untuk masalah yang ada. 

Menentukan masalah akan menjadi langkah pertamamu dan di situlah kamu membutuhkan pemahaman membaca. Jika kamu nggak paham sebuah proyek atau konsepnya, maka kamu nggak akan pernah bisa menerapkan solusi yang layak.

4. Aktif Mendengarkan

Mendengarkan secara aktif penting untuk benar-benar memahami keinginan klien dan anggota tim. Dengan mendengarkan saran mereka dengan cermat, kamu bisa merancang rencana yang sesuai dengan kebutuhan proyek. Mendengarkan secara aktif melibatkan konsentrasi penuh pada pembicara, memahami apa yang mereka katakan, dan menanggapi mereka.

Pada awalnya, ini mungkin sulit, tetapi dengan latihan, kamu bisa tumbuh lebih kuat di area ini. Berikan perhatian penuh kepada pembicara dan tunjukkan bahwa kamu benar-benar mendengarkan dengan mengulangi apa yang mereka katakan dan memberikan umpan balik untuk setiap poin mereka.

5. Berpikir Kritis

Banyak orang yang menganggap pemikiran kritis sebagai keterampilan paling penting bagi setiap insinyur sipil. Ini berarti bahwa kamu harus bisa membuat keputusan yang logis atas pertimbangan informasi yang lengkap.

Kalo menurutmu berpikir kritis itu sulit, berlatihlah mengajukan pertanyaan mendalam dan menganalisis topik yang kompleks. Semakin banyak pertanyaan yang kamu ajukan dan teliti, kemampuan berpikir kritismu akan semakin berkembang.

Itu dia 5 keterampilan yang bisa dikembangkan biar kesulitan jurusan teknik sipil nggak jadi seberat itu lagi! As mentioned above, jurusan sulit bukan berarti impossible buat kamu pelajari kok. Kalo kamu benar-benar ada passion di jurusan teknik sipil, kesulitan apa pun itu pasti bisa diatasi dengan baik.

Penasaran dan pingin tau opsi kuliah jurusan teknik sipil di luar negeri? Ada cara yang paling gampang nih, kamu hanya perlu baca informasi paling lengkap di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan