Melihat Budaya Singapura yang Masih Terjaga Ratusan Tahun
4 Juli 2022
International_ExpoAgustus2022
SUN International Education Expo 2022
6 Juli 2022

Baca Ini Dulu Sebelum Kamu Pilih Gelar Sarjana Farmasi!

Di antara kamu yang punya mimpi melanjutkan karir sebagai tenaga medis, mungkin jurusan kedokteran jadi target utama. Padahal, kamu juga bisa tetap berkarir di bidang kesehatan dengan menyelesaikan gelar sarjana farmasi loh! Tapi, seberapa menjanjikan sih peluang karirnya? Simak terus artikel berikut ini ya!

gelar sarjana farmasi

Perbedaan Gelar Sarjana Farmasi dengan Kedokteran

Semua pasti setuju kalo jurusan farmasi dan kedokteran menjadi 2 jurusan favorit di bidang kesehatan dan pelayanan medis. Walaupun bidang pekerjaan antara keduanya berbeda, di dalam dunia pekerjaan profesional mereka seringkali bersinggungan. Apalagi jika keduanya sama-sama berkarir di Rumah Sakit, kedua profesi ini harus memiliki satu pehamaman agar dapat memberikan obat yang sesuai bagi pasien.

Lapangan pekerjaan yang lebih luas

Salah satu keuntungan lulusan sarjana farmasi adalah pilihan lapangan pekerjaan yang lebih bervariasi daripada lulusan kedokteran. Kamu bisa memilih mulai dari pelayan kesehatan, bekerja di bidang industri atau brand, hingga menjadi wiraswasta dengan membuka apotek sendiri.

Harus memahami senyawa kimia

Berbeda dengan bidang kedokteran yang banyak belajar tentang biologi dan organ tubuh, melanjutkan studi di jurusan farmasi akan lebih banyak meracik berbagai senyawa kimia hingga menjadi produk yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan. Maka dari itu, kamu harus bekerja dengan teliti, memiliki kemampuan analisis, dan menjamin produk yang jadi ini sesuai dengan kebutuhan.

gelar sarjana farmasi

 

BACA JUGA: Biomedical Science: Jurusan Biomedis yang Banyak Dicari

Peluang Karir Gelar Sarjana Farmasi

Seperti pembahasan sebelumnya, terdapat berbagai macam variasi bidang pekerjaan yang bisa kamu ambil sebagai sarjana farmasi. Berikut beberapa pilihan serta gambarang pekerjaan yang akan kamu hadapi.

Apoteker

Menjadi seorang apoteker merupakan bidang pekerjaan yang paling erat hubungannya dengan lulusan sarjana farmasi. Namun seperti disebutkan sebelumnya, kamu harus melanjutkan pendidikan dan ujian profesi untuk menjadi seorang Apoteker. 

Proses tebus obat di apotek

Untuk memulai karir sebagai seorang Apoteker, kamu bisa bergabung dengan Rumah Sakit atau Klinik yang juga menyediakan obat kepada pasien. Kamu juga bisa bergabung dengan jaringan Apotek yang sudah tersebar di Indonesia untuk awal karir. 

Nah, jika sudah pengalaman, kamu bisa loh menjadi wirausaha dan membuka Apotek kamu sendiri, tentunya dengan izin usaha yang sesuai ya!

Lembaga Pemerintah

Salah satu lembaga yang pasti membutuhkan banyak lulusan gelar sarjana farmasi adalah Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Seperti kita tahu, begitu banyak produk makanan dan minuman yang beredar di masyarakat, baik dari dalam maupun luar negeri. Kita harus memastikan tidak ada kandungan yang berbahaya sebelum produk tersebut dikonsumsi oleh masyarakat. 

Belum lagi beragam jenis obat-obatan yang beredar di pasaran. Di sinilah peran kita sebagai lulusan farmasi untuk menyaring dan memastikan mana yang layak konsumsi, baik itu obat minum maupun obat luar.

Industri kosmetik dan kecantikan

gelar sarjana farmasi

Punya kulit yang sehat dan bisa tampil glowing tentu menjadi idaman setiap wanita. Itu mengapa, kebutuhan akan produk kosmetik dan kecantikan terus meningkat. Begitu banyak produk-produk baru yang muncul, baik dari dalam maupun luar negeri.

Masalahnya, sebagian orang memiliki kondisi kulit yang sensitif, terutama di bagian wajah. Di sinilah pihak industri membutuhkan lulusan sarjana farmasi untuk membantu meracik bahan-bahan yang sesuai dengan berbagai jenis kulit sensitif, baik dari bahan alami maupun kimiawi. 

 

BACA JUGA: Syarat Masuk Jjurusan Farmasi di Universitas Luar Negeri

 

Itulah serba serbi dan seputar info bagi kamu yang berniat mengambil gelar sarjana farmasi di bangku perkuliahan. Dengan menjadi ahli farmasi, sama saja kamu menjadi bagian dari kesembuhan seorang pasien loh. Kamu juga bisa menjadi penentu kualitas sebuah produk obat dan makanan yang akan dikonsumsi orang banyak, apakah itu layak atau berbahaya dan harus ditarik dari peredaran.

Nah, kalo kamu berencana melanjutkan kuliah jurusan farmasi ke luar negeri, kamu bisa berkonsultasi dengan tim SUN Education, karena penuh informasi dan tentunya GRATIS! Asik banget kan? Selain itu, kalo kamu mau tau lebih banyak lagi soal opsi universitas di luar negeri, langsung cek aja SUN E-Guide Book, yang bisa kamu akses dari gadget mana pun dan kapanpun! Tentu saja, ini semua bersifat GRATIS!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: Unsplash

Tinggalkan Balasan