Jurusan Biomedical Adalah Jurusan Masa Depan yang Kaya Peminat
27 September 2022
Susah Bahasa Inggris, Ini Cara Cepat Belajar Bahasa inggris!
29 September 2022

Apa Artinya Bachelor’s Degree? Kenali Gelar Akademik Internasional Lainnya!

bachelor's degree artinya

Saat memutuskan untuk kuliah ke luar negeri kamu pasti akan menyadari adanya perbedaan antara sistem pendidikan Indonesia dan negara asing. Salah satu yang mungkin bikin kamu bingung adalah istilah-istilah studi seperti bachelor’s degree, master’s degree, dan masih banyak lagi. Nah, biar nggak pusing mikirin bachelor’s degree artinya apa, baca artikel ini aja!

 

Bachelor’s Degree Artinya Apa?

bachelor's degree artinya

 

Mahasiswa yang udah tamat kuliah akan dapat gelar akademik dari perguruan tinggi. Nah, gelar akademik untuk sarjana di Indonesia dan luar negeri tuh beda-beda guys.

Misalnya, lulusan dari universitas negeri akan menyandang gelar bachelor’s degree yang ada dalam sistem pendidikan luar negeri. Singkat kata, bachelor’s degree adalah sebutan bagi gelar sarjana dalam bahasa Inggris doang kok!

Sama kayak gelar sarjana di Indonesia, gelar bachelor’s degree pun terdiri dari beberapa bidang ilmu, seperti BA untuk sarjana seni, BSc untuk sarjana sains, hingga BA untuk sarjana administrasi bisnis.

Biasanya dibutuhkan waktu tiga hingga empat tahun untuk menyelesaikan pendidikan secara penuh. 

Jangan bingung ya karena beberapa negara menyebut bachelor’s degree sebagai undergraduate degree, yang juga setara dengan pendidikan sarjana strata 1 alias S1. Kalo kamu berencana studi di Inggris, pasti bakal familiar dengan istilah honours degree yang artinya bachelor’s degree dengan muatan studi yang lebih besar dan memiliki standar kelulusan lebih tinggi.

 

BACA JUGA: Ingin Kuliah S1 di Luar Negeri? Wajib Tahu 5 Hal Berikut!

 

Apa Bedanya dengan Diploma?

sarjana dalam bahasa inggris

 

Udah tau kan bachelor’s degree artinya apa? Lebih dari sekadar sarjana dalam bahasa Inggris, gelar akademik ini juga menyandang makna!

Moving on, yuk kita bahas gelar akademik lainnya yang pasti akan sering akan sering kamu temui yaitu diploma! Diploma dan bachelor’s degree mewakili dua tingkat pendidikan yang berbeda. Di antara keduanya, bachelor’s degree pasti mewakili tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara diploma adalah dokumen yang seseorang dapatkan setelah menyelesaikan kursus atau program pendidikan tertentu, gelar S1 adalah gelar yang diberikan setelah kamu menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, gelar sarjana dalam bahasa Inggris ini setara dengan S1 di Indonesia.

Sebuah diploma biasanya berlaku untuk kursus kejuruan dan profesional seperti farmasi, desain, jurnalisme, seni, dan teknik. Sekolah profesional dan kejuruan, sekolah perdagangan atau trade schools dan community college memberikan sertifikat diploma. Nggak sama kayak sertifikat diploma, universitas dan perguruan tinggi memberikan gelar S1.

Dari segi durasi, ada perbedaan besar antara diploma dan bachelor’s degree. Studi untuk memperoleh gelar diploma lebih pendek dibandingkan gelar sarjana. Program diploma umumnya memakan waktu satu hingga dua tahun, sementara bachelor’s degree dari empat hingga tiga tahun.

Sebuah diploma berfokus pada keterampilan khusus siswa dan berpusat pada subjek. Bedanya, gelar sarjana mencakup area yang lebih luas, dan mencakup mata pelajaran seperti sains, matematika, humaniora, dan sejarah.

 

Apa Itu Master’s Degree?

sarjana dalam bahasa inggris

 

Udah tau bedanya diploma, serta bachelor’s degree artinya apa kan? Tandanya kita bisa bahas master’s degree!

Gelar ini adalah gelar tingkat pascasarjana yang bisa ditempuh seseorang yang udah lulus S1. Mahasiswa yang memperoleh master’s degree biasanya memiliki pemahaman yang kuat tentang bidang studi atau praktik profesional mereka.

Program master’s degree bervariasi durasinya, tergantung pada topik yang dipelajari dan beban SKS yang kamu pilih. Biasanya, jenis program tingkat pascasarjana ini membutuhkan waktu sekitar dua tahun untuk diselesaikan.

 

BACA JUGA: Top 7 Reasons Why You Should Take a Masters Degree

 

Dalam beberapa bidang, master’s merupakan jenjang pendidikan tertinggi yang bisa diraih. Namun, dalam dunia kredensial akademis, gelar master berada di bawah gelar doktor, menjadikannya tingkat pendidikan tertinggi kedua yang dapat seseorang capai.

Gimana? Udah nggak pusing dan bingung dong dengan beberapa istilah gelar akademik dalam dunia internasional? Setelah tau apa itu diploma, master’s degree, hingga bachelor’s degree artinya apa, pasti kamu akan lebih mudah menavigasi melalui dunia akademik di luar negeri!

Jangan berhenti di situ! Habis tau bachelor’s degree artinya apa, masih ada segudang hal soal kuliah di luar negeri yang perlu kamu mengerti. Untuk tau selengkapnya soal studi di luar negeri, baca informasi paling update hanya di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan