Environmental Design
26 Juni 2020
daftar jurusan kuliah dan penjelasannya
Simak Daftar Jurusan Kuliah dan Penjelasannya Berikut Yuk!
1 Juli 2020

Bagaimana Sih Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi?

cara menjadi mahasiswa berprestasi

cara menjadi mahasiswa berprestasi

Perkuliahan adalah jenjang pendidikan dimana kamu yang sudah mulai matang berfokus pada suatu bidang dan dipersiapkan untuk langkah karir saat terjun di dunia kerja nantinya. Seperti yang diketahui, kuliah itu sangat penting dalam memberikan pengalaman, meningkatkan pengetahuan, serta skills yang dimiliki. Terlebih, semakin kesini, perguruan tinggi yang tepat akan mampu memberikanmu bekal dalam menghadapi era globalisasi yang terus berinovasi. Pertanyaannya, bagaimanakah cara menjadi mahasiswa berprestasi untuk menuai seluruh hasil baik tersebut?

Menjadi mahasiswa berprestasi di universitas tentu merupakan hal yang positif dan membanggakan. Untuk mewujudkannya, kamu perlu tekad dan kerja keras. Mahasiswa berprestasi sebenarnya tidak hanya dilihat dari nilai-nilai akademiknya saja loh. Tetapi juga dengan bagaimana kamu menjadi mahasiswa yang proaktif—turut serta dalam berbagai kegiatan dan organisasi, cara kamu berkomunikasi dan menciptakan network, serta kontribusi kamu bagi universitas itu sendiri ataupun lingkungan sekitar.

Kesuksesan yang diraih pun tidak akan datang secara instan atau ‘cuma-cuma’ dalam kehidupan kita. Semuanya perlu proses serta kemauan untuk bersungguh-sungguh dalam meraihnya. Sama halnya dengan berusaha menjadi seorang mahasiswa berprestasi di kampus. Kamu tentu saja perlu proses, usaha, serta tak lupa diimbangi dengan doa. Untuk membantu memudahkan kiat-kiatmu dalam meraih kesuksesan, berikut ini beberapa rekomendasi cara menjadi mahasiswa berprestasi yang bisa kamu coba lakukan:

Baca Juga : Pengalaman Kuliah di Kanada yang Super Seru!

Sering Review dan Belajar Mandiri

 

Menyimak kuliah saat di kelas saja tidak akan cukup. Kamu harus benar-benar memahami materi yang diberikan oleh dosen mu. Dengan membuat catatan tersendiri untuk pelajaranmu, kamu bisa me-reviewnya kembali agar tetap on track dan menyerap ilmunya berulang-ulang. Selain itu, kamu juga perlu inisiatif dalam belajar kembali secara saat sudah di rumah. Dengan begitu, pemahamanmu akan semakin matang karena saat belajar mandiri kamu akan melatih kemampuan problem solving serta berpikir secara logis dan analitis. Kalau kamu  rutin melakukan ini, kamu pasti akan lebih mudah mengatasi kesulitan yang mungkin saja kamu temukan saat kelas ataupun ujian nantinya!

 

Berkomunikasi dengan Dosen

 

Berkomunikasi dengan dosen atau profesor mu juga termasuk penting. Hal ini akan membantumu sukses mulai dari masa studi hingga bahkan setelah lulus. Dosen tentunya memiliki pengetahuan profesional di bidang yang kamu pelajari. Jadi, ketika kamu memiliki pertanyaan ataupun permasalahan terkait bidang  studimu, jangan ragu, tanyakan saja! Mereka pasti selalu bersedia membantumu. Setelah kamu memahami pembelajaran yang ada dalam bidang studimu, kamu bisa menyelesaikan penugasan ataupun ujian dengan mudah. Apalagi, berkomunikasi baik dengan dosen bisa memberikan peluang koneksi ataupun experience loh. Siapa tahu beliau memiliki proyek seru yang bisa melibatkan dirimu? Sangat bagus kan untuk menambah pengalaman.

 

Mengasah dan Memaksimalkan Kemampuan

Sumber: Freepik

 

Saat ini, para pengusaha tidak hanya mencari kandidat yang dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik tetapi juga mampu masuk ke dalam budaya perusahaan dan berinteraksi dengan karyawan lain. Agar dapat melakukan hal-hal tersebut, kamu sebagai mahasiswa perlu mengembangkan soft skill. Karena sebagian besar pekerjaan memerlukan kerja tim, sangat penting untuk memiliki soft skills dalam meningkatkan kinerja dan mencapai tujuan. Cobalah untuk mengikuti kursus atau pelatihan yang kamu sukai untuk menunjang karir kedepannya. Mereka pasti bisa membantumu dalam meningkatkan produktivitas serta membangun hubungan profesional.

Baca Juga : 8 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam

Menciptakan Jaringan Luas

 

Ketika berkuliah, kamu tidak hanya memperluas pengetahuan mengenai bidang tertentu, namun kamu juga berkembang secara pribadi. Jalinlah pertemanan dengan banyak teman-teman dari latar belakang yang berbeda. Dengan pertemanan tersebut, kamu bisa membentuk kelompok belajar, mendiskusikan ide-ide untuk proyek, berbagi dan saling membantu saat ada kesulitan studi, dan juga melakukan aktivitas seru lainnya. Dengan membangun jaringan yang memperluas pergaulan, kamu akan menemukan banyak peluang yang bisa membuatmu meraih banyak prestasi loh.

 

Aktif dalam Klub atau Organisasi

 

Pilih klub atau organisasi yang sesuai dengan hobi dan passion kamu. Terlibat dalam organisasi akan memberikan banyak pengalaman yang tidak kamu dapatkan saat berada dalam kelas kuliah. Selain mendapatkan pengalaman berbeda, kamu jadi bisa meng-upgrade dirimu. Kamu akan berkesempatan untuk belajar bagaimana cara bekerja bersama tim, komunikasi, kesempatan networking untuk membangun hubungan yang berguna dalam jalan karir kedepannya, dan juga mengembangkan skill kepemimpinan. Terlebih, dengan banyak koneksi, kamu bisa membuka jalan untuk eksplorasi diri seperti perlombaan, turnamen, ataupun proyek lainnya. Kamu pastinya akan jauh lebih maksimal dalam meraih kesempatan sukses dalam berkarya.

 

Open-minded

 

Berpikiran terbuka merupakan salah satu cara menjadi mahasiswa berprestasi! Dengan pemikiran terbuka, kamu akan lebih mudah berdiskusi mengenai banyak hal. Cobalah luangkan waktu untuk bertukar pikiran dengan teman, dosen, ataupun civitas akademika di perguruan tinggi. Kamu akan menemukan berbagai macam ide baru, bebas melihat dunia yang luas, hingga masukan-masukan yang bisa menjadi feedback untukmu. Saat berdiskusi, jangan lupa untuk lapang dada dalam menerima kritikan orang lain sebagai keuntungan untuk memperbaiki diri lebih baik lagi. Percayalah, dengan bertukar pikiran serta pendapat dengan orang banyak, wawasan yang kamu miliki pasti akan bertambah tanpa harus banyak belajar secara khusus.

Baca Juga : TOP 10 Universitas Terbaik di Asia 2020

Cari Mentor Terbaik

 

Saat menempuh pendidikan tinggi, kamu akan merasakan kurikulum yang padat, tugas non-stop, dan banyak belajar. Saat kamu mulai khawatir, kamu bisa mencari bantuan dari mentor. Mentor terbaik, alias berpengalaman, bisa membantu menuntunmu ke jalan yang tepat. Mereka akan mendukung dengan membantumu untuk terus berjalan dan semangat ketika keadaan menjadi sulit. Mentor terbaik akan mampu memberimu saran dan tips tentang cara menangani situasi tertentu, kemana kamu harus memfokuskan energi mu, dan apa yang harus diprioritaskan.

Saat kamu bingung mengatur tanggung jawab yang ada di kampus, mentor juga bisa membantumu menyeimbangkannya. Dengan memecah hal-hal berdasarkan urutan kepentingan, mereka bisa memberimu perspektif yang lebih baik tentang aktivitas mana yang lebih berpengaruh dalam kehidupan profesional serta pribadimu. Bahkan, mentor terbaik juga bisa memperluas jaringan profesional. Jika kamu berambisi serta bersedia untuk bekerja keras, mentor akan dengan senang hati memperkenalkanmu kepada kolega, lulusan, teman, dan orang-orang terkait lainnya di industri yang berpotensi menjadi bantuan besar bagi langkah karir kamu di masa mendatang.

studi luar negeri

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia beberapa rekomendasi cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa menjadi mahasiswa berprestasi! Lakukanlah dengan tekad, niat, serta secara rutin. Jika kamu memulainya dengan niat positif dan bersungguh-sungguh, kamu pasti akan mampu meraih hasil yang terbaik di akhirnya. Teruslah semangat ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!