5 Universitas ‘World-class’ dalam Top Ten Australia University Ranking 2021
1 Desember 2020
sun education
Langkah Siap Kuliah dan Berkarir dalam “Marathon” Webinar Pendidikan SUN Education Group
8 Desember 2020

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Batasan Usia Kuliah S1

batasan usia kuliah s1

Photo by Vasily Koloda on Unsplash

Salah satu hal yang paling krusial dalam pendidikan adalah batasan usia, termasuk untuk melanjutkan studi ke jenjang universitas. Jika kamu melanjutkan studi di dalam negeri sejak sekolah dasar, maka batasan usia minimal tidak akan jadi masalah buatmu. Apalagi jika berada dalam usia rata-rata lulus SMA yaitu 18 tahun. Meski demikian institusi pendidikan umumnya menetapkan batasan usia baik minimal maupun maksimal untuk dapat kuliah S1. 

Batasan Usia Kuliah S1 di Indonesia

batasan usia s1 indonesia

Photo by javier trueba on Unsplash

Perguruan tinggi di Indonesia umumnya tidak menerapkan batas minimal untuk dapat melanjutkan studi bagi pelajarnya. Hal ini memungkinkan anak-anak yang menyelesaikan studi lebih cepat untuk dapat melanjutkan studi dengan segera. Oleh karena itu, anak-anak dengan kemampuan di atas rata-rata (jenius) bisa diterima meskipun usianya masih di bawah 18 tahun. 

Hal ini bertolak belakang dengan batasan usia maksimal di mana sebagian besar universitas di Indonesia menerapkannya. Batasan usia yang diterpakan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) umumnya dibatasi maksimal dari 3 tahun setelah lulus SMA atau pada usia 21 tahun. Jika ternyata sudah lebih dari tiga tahun, maka satu-satunya cara adalah kuliah di perguruan tinggi swasta yang sebagian besarnya tidak menerapkan batasan usia. 

Meski demikian, jarang sekali di universitas-universitas kita melihat ada pembelajar dewasa yang menghadiri kelas yang sama dengan mahasiswa yang lebih muda. Umumnya orang dewasa yang baru mengambil S1 memilih jalur swasta di mana pertemuan tatap muka jarang dilakukan atau hanya dilakukan di luar hari biasa. Hal ini juga menyesuaikan dengan jam kerja perusahaan karena sebagian besarnya sudah bekerja. 

Batasan Kuliah S1 di Luar Negeri

batasa usia s2 luar negeri

Photo by Sam Balye on Unsplash

Sama halnya dengan pendidikan tinggi di Indonesia, umumnya juga tidak ada batasan minimal untuk kuliah di program S1 di luar negeri. Di beberapa negara dan program tertentu kamu bahkan bisa melanjutkan pendidikan tinggi, tanpa harus lulus SMA. Biasanya program-program yang setara diploma, sehingga dapat kamu ambil meski baru berusia 16 atau 17 tahun. 

Meski demikian, banyak negara yang menerapkan kebijakan khusus untuk pelajar yang berusia di bawah 18 tahun. Kebijakan ini umumnya terkait dengan tempat tinggal dan kegiatan. Pada beberapa negara kamu mungkin diwajibkan tinggal di akomodasi dalam kampus, atau wajib memiliki wali atau penanggung jawab selama kamu masih berusia di bawah 18 tahun. 

Sementara itu, batasan usia maksimal adalah sesuatu yang sangat tergantung pada institusi dan jenis program yang diambil. Standarnya, untuk program S1 sendiri jarang ada batasan usia maksimal, sehingga di beberapa negara kamu bahkan dapat sekelas dengan orang yang lebih dewasa. Namun, ada pula universitas yang memberlakukan kebijakan khusus untuk orang dewasa yang mengambil program S1, seperti di Indonesia. 

Siap untuk Lanjut Kuliah S1?

batasan usia S1

Photo by Steven Aguilar on Unsplash

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kebijakan mengenai batasan usia kuliah S1 adalah tergantung pada institusinya. Namun, dapat dipastikan, berapapun usia kamu, kamu tetap memiliki kemungkinan untuk dapat melanjutkan kuliah di tingkat sarjana. Pastikan kamu memilih institusi yang tepat untuk itu ya!

Sementara itu, untuk kuliah ke luar negeri, kamu dapat berkonsultasi dengan konsultan pendidikan seperti SUN Education. Kamu dapat berdiskusi tantang banyak hal, termasuk mengenai isu terkait usia. Jadi, jangan sampai usia menjadi hambatan bagi kamu untuk melanjutkan studi ke luar negeri ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.