Berencana Ke Luar Negeri? Simak Cara Membuat Paspor Berikut!
16 Maret 2021
cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat
Panduan dan Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat
25 Maret 2021

Informasi Beasiswa Kuliah ke Jerman 2021

beasiswa kuliah 2021

Sumber: Freepik

Jerman dikenal sebagai negara yang maju, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Negara ini juga terkenal sebagai “Das Land der Erfinder” atau Negeri para Penemu karena banyaknya ilmuwan berasal dari negara ini. Tidak heran hingga saat ini pelajar dari seluruh dunia, termasuk Indonesia masih berlomba-lomba untuk melanjutkan pendidikan di Jerman. Di Indonesia sendiri, banyak sekali pelajar yang tertarik untuk mencari beasiswa kuliah ke Jerman setiap tahunnya. 

Nah, bagi kamu yang mengincar beasiswa ke Jerman untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana, berikut SUN Education akan memberikan informasi yang kamu butuhkan. 

Beasiswa Kuliah ke Jerman 2021 dari DAAD

beasiswa ke jerman

Sumber: Freepik

Jerman memiliki lembaga khusus yang merupakan gabungan institusi pendidikan tinggi untuk mengelola kerjasama akademis, termasuk melalui beasiswa. Salah satu program beasiswa kuliah ke Jerman dari DAAD adalah Scholarship for Development-Related Postgraduate Courses (EPOS). Program ini berlaku untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di jenjang S2 atau S3 yang terkait dengan pembangunan. 

Scholarship for Development-Related Postgraduate Courses (EPOS)

beasiswa kuliah

Sumber: Freepik

Program ini merupakan beasiswa yang paling banyak peminatnya untuk melanjutkan studi ke Jerman di tingkat S2 dan S3. Beasiswa ini sendiri merupakan program khusus untuk negara-negara berkembang sehingga menghasilkan lulusan yang akan memberi dampak pada industri dan pembangunan. Untuk bisa mendaftar, kamu harus memiliki minimal dua tahun pengalaman bekerja sebagai profesional. 

Jika berhasil mendapatkan beasiswa ini, kamu akan mendapatkan dana pendidikan hingga 48 bulan tergantung program yang kamu ambil. Dengan cakupan biaya, mulai dari biaya studi, asuransi kesehatan, hingga tunjangan perjalanan. Selain itu, kamu juga mungkin mendapatkan tambahan seperti subsidi sewa bulanan tempat tinggal, hingga tunjangan untuk anggota keluarga yang mendampingi. 

Selain itu, bagi kamu yang mengambil program studi dalam bahasa Jerman, beasiswa ini termasuk kursus persiapan bahasa Jerman selama enam bulan. 

Persyaratan Beasiswa EPOS untuk Kuliah di Jerman 2021

persyaratan beasiswa

Sumber: Freepik

Berikut adalah syarat-syarat yang harus kamu penuhi jika kamu ketika ingin mendaftar beasiswa ke kuliah ke Jerman tahun ini:

– Memiliki gelar sarjana dalam bidang studi yang sesuai

– Menyelesaikan studi sarjana dengan nilai jauh di atas rata-rata

– Memiliki pengalaman profesional setidaknya dua tahun di bidang yang terkait

– Dapat Membuktikan bahwa memiliki motivasi yang terkait dengan pengembangan dan serta dapat mengambil tanggung jawab sosial serta memulai dan mendukung proses perubahan dalam lingkungan pribadi dan profesional setelah program ini selesai 

– Untuk program studi dalam bahasa Jerman: Berhasil lulus ujian bahasa DSH 2 atau TestDaF 4 sebelum memulai kursus studi untuk program dalam bahasa Jerman

– Untuk program studi dalam bahasa Inggris: Sertifikat IELTS (Band 6) atau TOEFL (skor minimal: 550 PBT, 213 CBT, 80 IBT)

Persyaratan Dokumen

  1. Formulir pendaftaran DAAD yang sudah ditandatangani
  2. CV yang sudah ditandatangani (dengan format europass)
  3. Letter of Motivation yang sudah ditandatangani (merujuk pada pekerjaan saat ini dan program pascasarjana yang dipilih, minimal dua halaman) sesuai dengan tanggal terbaru. 
  4. Surat rekomendasi dari tempat kerja dengan kop surat, tanda tangan, dan stempel resmi dan sesuai tanggal terbaru. 
  5. Surat keterangan kerja yang menunjukkan pengalaman kerja setidaknya 2 tahun di bidang yang relevan dan jika memungkinkan disertai jaminan dari tempat kerja saat ini untuk mempekerjakan kembali setelah menyelesaikan studi. 
  6. Membuktikan kemampuan bahasa Inggris dengan IELTS dan TOEFL serta bahasa Jerman untuk program dalam bahasa Jerman. 
  7. Salinan Ijazah
  8. Salinan Transkrip nilai akademik

*Beberapa program perkuliahan mungkin meminta dokumen tambahan

Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa DAAD EPOS ke Jerman tahun 2021 ini adalah untuk program yang dimulai pada tahun 2022-2023. Program-program yang tersedia beserta deadline pendaftaran masing-masingnya dapat kamu lihat di sini

Nah, itu dia salah satu beasiswa kuliah ke luar negeri, tepatnya ke Jerman yang dapat kamu daftar di tahun 2021 ini. Pastikan kamu sudah memenuhi semua persyaratannya sebelum melakukan pendaftaran ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.