Cara Belajar Conversation Bahasa Inggris Paling Ampuh
20 Juli 2022
Manfaat membaca novel bahasa Inggris untuk pemula
20 Juli 2022

Beberapa Hal Tentang TOEFL PBT Yang kamu Wajib Tahu

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah salah satu jenis tes untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris.  Sesuai dengan perkembangan zaman, TOEFL memiliki beberapa versi, yaitu paper-based, internet-based, computer-based dan institutional testing program. Semuanya memiliki persamaan fungsi yakni untuk menguji atau mengukur tingkat kemampuan Bahasa Inggris seseorang yang berdomisili di negara-negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris secara aktif atau yang biasa disebut non-English speaking country.

Dari keempat jenis TOEFL tersebut hanya TOEFL iBT yang dapat digunakan sebagai tolok ukur kemampuan siswa yang ingin melanjutkan pendidikan lebih lanjut di luar negeri, khususnya mereka yang ingin kuliah di Amerika Serikat.  Jenis lainnya pun masih bisa digunakan tapi hanya untuk keperluan internal di kampus dalam negeri, misal sebagai syarat tes masuk perguruan tinggi lokal dan untuk mengajukan sidang skripsi.

Fyi, menurut info dari ets.org TOEFL berbasis kertas atau paper-based test sudah tidak digunakan per April 2021.  Imbasnya adalah banyak yang beralih ke tes institusional untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris mereka.

Meskipun sudah tidak digunakan lagi, tidak salahnya untuk mengetahui beberapa hal tentang TOEFL PBT.  Yuk kita simak bersama 🙂

TOEFL Paper Based Test (TOEFL PBT)

Tes Bahasa Inggris ini menggunakan media kertas berupa modul soal yang diberikan kepada para peserta tes.  TOEFL PBT cukup populer di kalangan pelajar karena memang biasa diselenggarakan di berbagai jenjang institusi pendidikan, tempat les dan lembaga bahasa asing.  Paper-based test dikerjakan selama lebih kurang 3 jam dengan materi tes seperti Listening, Structure and Written Expression, Reading dan Writing. Lebih lengkapnya yuk kita bahas tiap section nya yuk  🙂

  1. Listening Comprehension

Tes ini dibuat untuk mengukur kemampuan seseorang memahami penggunaan Bahasa Inggris dengan mendengarkan percakapan dan atau materi pelajaran yang disampaikan oleh seorang guru atau dosen.  Soal diberikan dalam bentuk pilihan ganda sebanyak  50 soal dan dikerjakan selama 35 menit.

  1. Structure and Written Expression

Masih dengan bentuk pilihan ganda, section ini bertujuan menilai seberapa paham kamu dengan penggunaan grammar dalam Bahasa Inggris.  Kamu harus mampu memilih pasangan kata atau frase yang tepat untuk melengkapi sebuah kalimat dan mampu menganalisa kata apa yang tidak sesuai dengan kalimat tersebut.  Dalam waktu 25 menit, kamu wajib mengerjakan soal ini yang berjumlah 40 soal pilihan ganda yang dibagi menjadi 2, yaitu soal structure dan soal written expression.

  1. Reading Comprehension

Section ini menguji kemampuan kamu dalam memahami suatu bacaan dalam Bahasa Inggris.  Biasanya tipe soal-soalnya menanyakan tentang ide suatu paragraf, arti dari kata tertentu yang terdapat di dalam teks bacaan, dan mencari persamaan atau lawan kata yang sudah ditentukan.  Pada tes ini terdapat 50 jumlah soal dalam bentuk pilihan ganda dan kamu harus bisa mengerjakannya dalam waktu 55 menit.

  1. Test of Written English (TWE)

Pada bagian ini kamu diminta untuk menulis sebuah esai dengan topik yang telah ditentukan dalam waktu 30 menit.  Tes ini bertujuan untuk menilai sejauh mana kamu dapat membuat esai dengan struktur kalimat yang benar, runtutan ide yang jelas dan terorganisir dengan baik.  Namun penilaian pada bagian ini dibuat terpisah dari Listening, SWE, Reading. Penilaian esai menggunakan skor dengan skala 1 – 6.

Penilaian dan Sertifikasi

TOEFL PBT menggunakan metode penghitungan skor yang berbeda dengan TOEFL iBT.  Sebelum menghitung total skor, kamu harus meng-convert jumlah benar tiap section pada score converter yang tersedia.  Setelah itu kamu bisa mulai menghitung total skor secara keseluruhan.  Rentang skor biasanya berada di nilai minimal 217 dan 677 sebagai nilai tertinggi yang bisa kamu dapatkan.

Nilai TOEFL PBT punya batas waktu yaitu 2 tahun.  Setelah itu kamu bisa retake untuk mengupdate kemampuan bahasa Inggris.

Nah sekian dulu berbagi informasi tentang TOEFL PBT.  Meskipun sudah tidak digunakan, setidaknya kamu tahu bahwa TOEFL PBT ini adalah salah satu jenis tes tertua dan terlama yang digunakan di Indonesia

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan