singapore
Melihat Lebih Dekat Singapura Sebagai Salah Satu Kota Pelajar Terbaik di Asia
17 Juni 2019
profesor ucc
Profesor UCC Ini Berhasil Meraih Penghargaan Edwin H. Land
19 Juni 2019

Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu, Kok Bisa?

english song

Sumber: Freepik

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan adalah dengan mempelajarinya lewat lagu. Belajar bahasa Inggris lewat lagu bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak menyukai pembelajaran formal pada umumnya. Ada banyak alasan yang menyebabkan cara ini efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris seseorang. Yuk simak penjelasan berikut!

belajar bahasa inggris lewat lagu

Sumber: Freepik

1. Pasti Membuahkan Hasil

Ada banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bagaimana musik dapat membantu pelajar bahasa kedua mendapatkan tata bahasa dan kosa kata dan meningkatkan ejaan. Lalu ada yang disebut “Efek Mozart”, konsep bahwa mendengarkan musik klasik meningkatkan kinerja tugas-tugas mental seperti belajar.

2. Bahasa dan ucapan sehari-hari

Lagu dan musik hampir selalu mengandung banyak kosakata, frasa, dan ungkapan yang berguna. Dan karena audiens yang dituju adalah penutur asli, lagu dan musik termasuk bahasa dan percakapan sehari-hari. Bahasa yang digunakan dalam lagu umumnya kasual dan benar-benar dapat digunakan, jika kamu memilih musik yang tepat.

3. Mengenali suara berbahasa Inggris

Mendengarkan lagu juga akan memungkinkan kamu untuk fokus pada pelafalan dan pemahaman kamu tentang ritme, nada, dan ketukan dalam bahasa Inggris.

4. ‘Menjebak’ bahasa Inggris di dalam kepalamu

Banyak kata dan pola suara dalam sebuah lagu yang berulang dan ini membuatnya lebih mudah untuk tetap melekat di pikiranmu. Musik memiliki kemampuan luar biasa untuk ‘terjebak’ di kepala kita. Lagu dan lirik akan sering menyusup ke pikiran kita dan bermain berulang-ulang. Hal tersebut akan membantumu belajar bahasa Inggris lewat lagu saat kamu dengan mudah menghafal kosakata dan frasa. Kamu bahkan akan sulit melupakannya dalam waktu yang singkat.

belajar bahasa inggris lewat lagu

Sumber: Freepik

5. Lagu itu bersifat emosional

Terkadang kita memiliki hubungan emosional yang kuat, mendalam serta memiliki hubungan yang manfaat dengan musik. Itu adalah kunci yang membuka emosi kita, memengaruhi suasana hati kita dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita. Kita cenderung akan lebih mudah mengingat sesuatu yang bersifat emosional seperti itu.

6. Musik adalah suatu kebiasaan yang mudah

Salah satu alasan orang merasa belajar bahasa sulit adalah mereka tidak punya waktu ekstra dalam sehari untuk mencurahkan pelajaran mereka. Tetapi ketika belajar bahasa Inggris lewat lagu, kamu tidak perlu menyisihkan terlalu banyak waktu karena kamu dapat mendengarkan musik dimanapun. Kamu dapat memutar lagu-lagu berbahasa Inggris di mobil, dapur, dan kamar mandi. Dan dengan memilih musik yang kamu suka, kamu dapat mendengarkan materi yang sama berulang-ulang, tanpa menjadi bosan.

7. Musik mengajarkanmu budaya bahasa Inggris

Musik memberi kamu wawasan tentang budaya berbahasa Inggris dan bagaimana penuturnya berpikir dan merasakan. Keakraban dengan lagu-lagu populer dan artis juga akan memberi kamu sesuatu untuk dibicarakan dengan teman-temanmu.

Cara ini memang bukan cara yang terstruktur layaknya pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Namun, telingamu akan segera terbiasa dengan bahasa Inggris dan lambat laut kosakatamu juga akan bertambah. Menyenangkan bukan?

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!