Know_UKEU
Event KNOW UK EU 2021
4 November 2021
Ternyata Segini Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di 5 Kampus Singapura, Catat, Ya!
Ternyata Segini Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di 5 Kampus Singapura, Catat, Ya!
8 November 2021

Beli Buku Persiapan Tes SAT, Perlu Nggak Sih?

buku sat

Source: Unsplash

Kalau ingin kuliah di luar negeri, kamu harus terlebih dahulu tahu bahwa banyak perguruan tinggi yang membutuhkan skor dari tes SAT sebagai bagian dari proses penerimaan mahasiswa baru. Untuk itu, kamu perlu mencari tahu apa saja yang butuh dipersiapkan untuk menghadapi SAT, seperti apa bentuknya, hingga apakah membutuhkan buku SAT untuk mempelajarinya.

Jadi, sebagai calon mahasiswa asing, kamu harus ingat bahwa skor SAT-mu adalah salah satu komponen kunci dari upayamu masuk ke perguruan tinggi internasional!

Apa itu SAT?

SAT adalah ujian masuk yang digunakan sebagian besar perguruan tinggi dan universitas untuk membuat keputusan penerimaan. SAT sendiri terdiri dari tes pilihan ganda yang menggunakan pensil dan kertas. Tes ini dibuat dan dikelola oleh College Board.

SAT bertujuan untuk mengukur kesiapan siswa SMA untuk masuk ke kuliah, dan berperan menjadi tolok ukur umum yang dapat digunakan untuk membandingkan semua pelamar. Meski begitu, perlu diingat bahwa seberapa penting nilai SAT dalam proses aplikasi perguruan tinggi berbeda dari sekolah ke sekolah. Pada dasarnya, semakin tinggi skor  SAT kamu, semakin banyak pilihan kuliah bagimu!

Sebagian besar siswa SMA mengambil tes SAT saat pertengahan atau akhir tahun terakhir mereka. Sangat penting untuk memberi jarak waktu saat ingin melakukan tes ulang sebelum mendaftarkan diri ke perguruan tinggi.

Seperti yang disinggung di atas, kamu wajib mengikuti tes ini kalau kamu mau daftar ke universitas di Amerika Serikat untuk jenjang kuliah S1. Selain AS, beberapa negara lain juga menerima nilai tes SAT, walaupun sifatnya nggak wajib. Negara-negara tersebut antara lain Inggris, Kanada, Australia, Singapura, dan Malaysia.

Masih bingung? Nggak apa-apa! Yuk kita kenal lebih jauh lagi soal tes SAT

Bentuk Tes

Tes SAT akan berlangsung selama tiga jam. Sementara itu, jika kamu memilih untuk mengambil SAT dengan esai, tesnya akan berlangsung selama 3 jam 50 menit.

Setiap bagian dari SAT test dinilai pada skala 200 hingga 800 poin. Total skormu adalah jumlah keseluruhan dari semua bagian tes tersebut dengan skor tertinggi sebesar 1.600. 

Materi tes ini pun bervariasi mulai dari uji penalaran dan verbal, logika matematika, dan analisis berupa esai argumentasi. Jenis tesnya pun terbagi menjadi tes yang berbicara tentang pengetahuan umum (SAT Reasoning test) serta tes yang berbicara soal mata pelajaran tertentu seperti matematika, sejarah, atau bahasa (SAT Subject test).

Persiapan Tes SAT

buku sat

Source: Unsplash

Sama seperti tes lainnya, kamu pastinya perlu persiapan matang sebelum mengambil tes SAT. Mulai dari latihan soal agar familiar dengan bentuk tesnya, hingga membeli buku persiapan atau buku SAT biar kamu bisa mengupas lebih dalam soal tes ini.

Meskipun bukan hal yang wajib, banyak yang lebih suka menggunakan buku SAT dalam proses persiapan mereka. Buku SAT bisa menjadi cara yang bagus untuk mempelajari konten, mengatur strategi, dan mencoba contoh soal!

Penting untuk mengetahui kelemahanmu dan di bagian mana kamu perlu bersiap lebih ekstra. Beberapa buku SAT menawarkan pelatihan untuk bagian tertentu dan cocok untuk berbagai kebutuhan siswa peserta tes.

Melewati tes SAT dengan baik biasanya membutuhkan dedikasi, pembelajaran, dan latihan yang rutin. Dengan menggunakan beberapa buku SAT terbaik, kamu bisa mengembangkan strategi mengerjakan ujian yang efektif.

Selain itu, dengan buku SAT kamu juga dapat menjadi terbiasa dengan jenis pertanyaan umum yang akan kamu hadapi dalam ujian nantinya.

Banyak siswa yang ingin meraih hasil terbaik di semua bagian SAT beralih ke buku persiapan ujian untuk membantu mereka belajar dan mempelajari strategi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan nilai mereka.

Buku SAT umumnya mencantumkan tips, pertanyaan, dan tes praktik yang ditujukan untuk siswa yang berencana menghabiskan banyak waktu belajar demi mendongkrak skor mereka. Untuk menemukan buku SAT yang tepat untukmu, coba pikirkan tentang area yang ingin kamu tingkatkan. Pasalnya, beberapa buku berfokus pada bagian ujian tertentu.

Nah, coba simak 5 tips di bawah ini untuk membantumu membeli buku SAT yang tepat buatmu!

1. Do Your Research!

Jangan beli buku SAT pertama yang kamu lihat! Buku panduan terbaik dapat membantumu menguasai ujian, sama seperti yang terburuk dapat memperlambat impianmu untuk lulus. Selain kualitas, cakupan setiap buku umumnya berbeda, termasuk mengenai topik, gaya belajar, dan strategi.

Coba cari tahu buku-buku SAT yang paling top dan lakukan tinjauan konten mereka. Pelajari perbedaan, keunggulan, dan kelemahan tiap buku. Ini akan membantu mempersempit opsimu dalam memilih bahan bacaan dan menyaring buku-buku berkualitas tinggi.

2. Tanya-tanya Peserta Tes Sebelumnya
buku sat

Source: Unsplash

Siapa lagi yang bisa memberimu informasi paling terpercaya tentang buku SAT terbaik selain orang-orang yang pernah menggunakannya sebelumnya? Bisa jadi kakak kelas atau temanmu yang sekarang sudah kuliah. Peserta tes sebelumnya adalah sumber informasi yang baik ketika kamu mencari buku SAT yang berbeda. Pertimbangkan rekomendasi mereka sebelum kamu membeli buku panduan, ya!

3. Identifikasi Area yang Ingin Difokuskan

Beberapa orang menganggap bagian matematika sebagai subjek yang cukup menantang, sementara beberapa orang lainnya menganggap bagian membaca SAT dan penalaran verbal lebih sulit. Kalau kamu tahu bidang mana yang kamu kuasai, maka kamu bisa lebih santai pada subjek dan lebih fokus pada bagian yang menurutmu paling mungkin untuk mendapatkan skor SAT yang lebih rendah. 

Buku persiapan SAT memiliki pendekatan yang berbeda. Beberapa buku menawarkan lebih banyak tes latihan matematika, dan beberapa materi hanya mencakup kosa kata. 

4. Ulasan Konten Paling Update

Cari ulasan versi terbaru saat kamu mencari buku persiapan SAT terbaik. College Board mendesain ulang SAT beberapa tahun yang lalu, dan sangat penting bagi kamu untuk menggunakan bahan studi yang selaras dengan perubahan terkini. Perhatikan detail yang ditunjukkan dalam buku, seperti tanggal diterbitkan atau apakah materi  sudah diperbarui.

5. Saran dari Guru

Source: Unsplash

Pendidik seperti guru atau tutor juga dapat menawarkan sumber daya yang berguna karena mereka sendiri juga menggunakan bahan belajar dan ulasan yang berbeda. Mereka kemungkinan besar juga berbicara dengan siswa lain di tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun menggunakan buku SAT akan membantumu mempersiapkan diri menghadapi ujian, tetapi ingatlah bahwa kamu tetap harus meluangkan waktu untuk belajar! Keep in mind that no single book is a magic bullet.

Harga buku SAT nggak begitu murah untuk kantong siswa. Kalau kamu merasa nggak bisa beli buku persiapan sendiri, coba hubungi perpustakaan sekolah atau perpustakaan lokal. Banyak perpustakaan memiliki sumber daya untuk membantu siswa menghadapi SAT.

Jangan lupa bahwa persiapan tes SAT  juga bisa dilakukan di SUN English! Tim akademik dan tutor di SUN English akan memberikan fasilitas yang memadai, pengenalan materi ujian, saran dan rekomendasi, serta pengalaman langsung yang kamu butuhkan untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. Ayo, daftarkan diri di SUN English secepatnya! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan