Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H
31 Mei 2019
IELTS
Hal-Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang IELTS
11 Juni 2019

Berbahasa Inggris dengan Bahasa Tubuh

Ketika kita berbicara, kita menggunakan lebih daripada sekadar kata-kata. Seperti berkomunikasi dengan wajah, tangan, dan bahkan tubuh kita.

Sumber: Freepik

Berkomunikasi menggunakan anggota tubuh merupakan komunikasi yang disebut sebagai “bahasa tubuh” atau “komunikasi non-verbal”. Komunikasi non-verbal tidak hanya meliputi bagaimana cara kita menggerakan tubuh, tetapi juga gerakan tangan, ekspresi wajah, kontak mata, dan bagaimana cara kita menggunakan suara kita. Psikolog memperkirakan bahwa antara 60% dan 80% komunikasi kita dengan orang lain adalah non-verbal.

Sumber: Freepik

Terkadang, orang berbicara dengan kata-kata namun ekspresi wajah dengan yang diucapkan terlihat berbeda dan berlawanan. Melalui hal tersebut, konflik ataupun perbedaan pemahaman bisa saja tercipta karena perbedaan maksud yang terlihat. Karena itu, jika ingin berhasil saat berbicara dalam percakapan sehari-hari, kita perlu benar-benar belajar untuk ‘berbicara’ dengan baik dengan tubuh kita!

Sumber: Freepik

Langkah pertama, cobalah untuk santai dan bersikap natural. Berusaha terlalu keras untuk menggunakan “bahasa tubuh” akan membuat Anda tampak sedikit aneh. Sebaliknya, Anda harus membiarkan bahasa tubuh Anda mengikuti kata-kata Anda secara alami. Jika Anda mengatakan sesuatu yang positif atau mengungkapkan perasaan sedih atau khawatir, maka wajah, tubuh, dan tangan Anda juga harus menunjukkannya.

Sumber: Freepik

Kedua, gunakan gerakan tangan. Dengan menggunakan tangan, kita dapat menekankan poin utama kita, mengingatkan pendengar kita berapa banyak poin utama yang kita miliki, dan memberi tahu pendengar kita ketika kita mengubah topik. Gerakan tangan yang dramatis atau menggerakkan tangan kita lebar-lebar dapat menandakan betapa pentingnya sesuatu itu. Kita juga dapat menggunakan gerakan lain yang dapat menginterpretasikan maksud dari perkataan yang ingin ditunjukkan.

Sumber: Freepik

Selain itu, ekspresi wajah juga merupakan cara umum yang digunakan saat berkomunikasi setiap hari. Saat berbicara bahasa Inggris, cobalah untuk tersenyum ketika pendengar Anda telah membuat komentar yang menarik. Lalu yang paling penting, tetaplah menjaga kontak mata saat berkomunikasi dengan lawan bicara.

Sumber: Freepik

Yang terakhir, selain dari seluruh cara fisik yang jelas dalam berkomunikasi secara non-verbal, kita juga memiliki suara. Kita dapat menggunakan “intonasi”, kenyaringan, dan “nada” (seberapa tinggi atau rendah suara kita terdengar) untuk mengubah makna perkataan kita. Dikombinasikan dengan kata-kata yang kita gunakan, suara kita bisa menjadi cara yang sangat kuat untuk mengekspresikan apa yang kita maksudkan.

Sumber: Freepik

Oleh karena itu, bahasa tubuh merupakan salah satu keterampilan dasar yang dibutuhkan oleh seluruh siswa. Selain fungsinya untuk menghindari konflik, bahasa tubuh yang efektif dapat mendukung pesan yang disampaikan dan memproyeksikan diri yang positif. Kita juga bahkan dapat mendeteksi kebohongan lawan bicara, memahami pikiran seseorang, dan tentunya menekankan maksud perkataan yang disampaikan.

Author: SUN English

Comments are closed.

Chat di WhatsApp