einstein
Jejak Albert Einstein di Glasgow University
1 Juli 2019
adler planetarium
Adler Planetarium: Planetarium Pertama di Amerika
1 Juli 2019

Berlatih Bicara Bahasa Inggris Tanpa Lawan Bicara, Caranya?

speaking english alone

Sumber: Freepik

Salah satu cara yang harus kamu lakukan jika ingin lancar berbicara bahasa Inggris adalah dengan berlatih. Hal tersebut tentu akan lebih baik jika kamu memiliki teman-teman yang memiliki komitmen yang sama. Namun, sebenarnya kamu tetap bisa berlatih meskipun kamu sendirian. Berikut adalah caranya:

1. Berpikir dalam bahasa Inggris

speaking english

Sumber: Freepik

Seringkali kita kesulitan berbicara dalam bahasa baru bukanlah karena bahasa itu sendiri, melainkan bagaimana kita memikirkannya. Jika kamu berpikir dalam bahasa ibu dan kemudian mencoba berbicara bahasa Inggris, kamu hanya akan menerjemahkannya. Solusinya, berpikirlah dalam bahasa Inggris.

Cobalah menggunakan bahasa Inggris ketika kamu memikirkan sesuatu, atau ketika kamu mencoba memutuskan makanan apa yang akan dipesan. Kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan kamus Inggris-Inggris dalam mencari kata-kata. Dengan begitu kamu tidak perlu menggunakan bahasa ibu dan menerjemahkan kata-kata. Kamu akan segera menyadari bahwa kamu akan lebih mudah untuk berbicara dalam bahasa Inggris, jika kamu juga berpikir dalam bahasa Inggris.

2. Bicaralah pada diri sendiri

speaking english alone

Sumber: Freepik

Berlatihlah dengan dirimu sendiri ketika kamu sendirian di rumah atau di manapun. Jika kamu sudah berpikir dalam bahasa Inggris, coba ucapkan pikiran tersebut dengan keras. Teruslah berlatih bahkan jika kamu tidak memiliki siapapun untuk memperbaiki kesalahanmu. Berbicara dengan suara keras akan membantumu menjadi lebih nyaman berbicara bahasa Inggris.

3. Gunakan cermin

speaking english alone

Sumber: Freepik

Luangkan beberapa menit waktumu untuk berdiri di depan cermin dan berbicara. Pilihlah sebuah topik, atur timer selama dua atau tiga menit dan bicaralah.

Inti dari latihan ini adalah untuk menjaga mulut, wajah dan bahasa tubuhmu saat kamu berbicara. Hal tersebut juga akan membuatmu merasa seperti sedang berbicara dengan seseorang, sehingga kamu bisa berpura-pura berdiskusi dengan teman belajar.

Bicaralah selama dua atau tiga menit penuh dan jangan berhenti. Jika kamu terjebak pada kata yang tidak kamu tahu, coba ungkapkan pikiranmu dengan cara yang berbeda. Biasanya, kamu akan segera mendapatkan cara menyampaikan kata tersebut setelah dua sampai tiga menit waktumu berakhir. Hal tersebut akan membantumu mengetahui jenis kata atau kalimat apa yang belum kamu kuasai.

4. Fokus pada kelancaran, bukan tata bahasa

speaking english alone

Sumber: Freepik

Ketika kamu berbicara dalam bahasa Inggris, seberapa sering kamu berhenti?

Semakin sering kamu berhenti, kamu akan terdengar semakin tidak percaya diri dan akan membuatmu kurang nyaman. Cobalah latihan dengan menggunakan cermin dengan menantang dirimu sendiri untuk berbicara tanpa berhenti atau terbata-bata.

Ini mungkin akan membuat kalimatmu tidak akan sempurna secara tata bahasa, tetapi itu tidak masalah. Jika kamu fokus berbicara dengan lancar, sekalipun tidak benar, kamu masih akan dipahami dan terdengar lebih baik. Kamu dapat menyesuaikan aturan tata bahasa dan kata yang benar ketika kamu telah mempelajarinya dengan lebih baik.

Yang perlu kamu lakukan adalah berlatih dan berlatih. Luangkan sedikit waktumu setiap hari untuk berlatih, dengan atau tanpa teman bicara. Biasakan diri untuk menggunakan bahasa Inggris mulai dari berpikir dan berbicara tanpa memusingkan tata bahasa.

 

Artikel asli dari SUN English

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!