persyaratan kuliah di singapura
Persyaratan Kuliah di Singapura yang Perlu Kamu Persiapkan
19 Maret 2020
Cara Kuliah di Singapura sambil Menghemat Biaya
21 Maret 2020

Biaya Hidup di Australia untuk Mahasiswa

biaya hidup di australia

biaya hidup di australia

Biaya hidup di Australia sama dengan di negara lainnya yang terdiri dari tiga pengeluaran utama yaitu biaya akomodasi, makanan dan transportasi. Sebagai salah satu destinasi studi favorit pelajar indonesia, banyak yang masih belum mendapat gambaran mengenai biaya hidup di Negeri Kangguru tersebut. Dalam artikel ini SUN Education akan menuliskan gambaran mengenai biaya hidup mahasiswa di Australia dalam rupiah. 

Biaya Hidup di Australia dalam Rupiah

biaya hidup australia

Sumber: Freepik

1. Akomodasi

Ada beberapa pilihan akomodasi yang dapat dipilih selama studi di Australia yaitu menyewa rumah atau apartemen, akomodasi kampus dan homestay. 

Kamu dapat menyewa tempat tinggal dengan teman-temanmu dengan biaya yang lebih terjangkau. Kamu dapat menyewa melalui agen properti atau juga bisa secara langsung. Dengan menyewa biasanya kamu akan dikenakan biaya jaminan yang nantinya akan digunakan jika ada perbaikan. Biaya yang kamu keluarkan untuk biaya akomodasi dengan cara sewa bersama adalah sekitar 85-215 dolar atau sekitar 800 ribu hingga 2 juta rupiah per minggu. 

Baca Juga : Negara dengan Biaya Hidup Termurah untuk Kuliah

Kamu juga dapat tinggal di akomodasi dalam kampus seperti asrama mahasiswa. Pilihan ini akan menghemat biayamu dibandingkan tinggal di luar kampus karena memangkas biaya transportasi. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk asrama mahasiswa adalah sekitar 11.000-22.000 dolar atau sekitar 103-206 juta rupiah per tahun. 

Homestay adalah pilihan akomodasi di mana kamu akan tinggal bersama sebuah keluarga lokal. Keluarga yang akan tinggal bersamamu akan diperiksa secara menyeluruh untuk memastikan apakah mereka dapat memberikan lingkungan yang aman dan nyaman untuk siswa. Biaya yang dikeluarkan untuk homestay biasa sudah termasuk makanan dan kebersihan yaitu sekitar 235-325 dolar atau sekitar 2,2-3 juta rupiah per minggu. 

2. Makanan

Biaya hidup di Australia yang kamu butuhkan untuk makanan terdiri dari bahan makanan dan makan di luar. Kamu mungkin akan menghabiskan sekitar 80-280 dolar per minggu yang setara dengan 750 ribu hingga 2,6 juta rupiah. Selain itu kamu juga akan membutuhkan gas dan listrik dengan biaya 35-140 dolar atau sekitar 327 ribu hingga 1,3 juta rupiah per minggu. 

Baca Juga : Biaya Hidup Mahasiswa Internasional di Swiss

Untuk makanan, kamu dapat memasak sendiri di rumah, makan di restoran cepat saji atau restoran lainnya. Di kota-kota besar seperti Brisbane, Sydney, Melbourne, Adelaide, dan Perth terdapat beberapa restoran khas Indonesia yang beberapanya menyediakan katering. Hal tersebut dapat menjadi pilihan lain jika jadwal kamu cukup padat sehingga tidak cukup waktu untuk memasak makanan sendiri. 

3. Transportasi

Transportasi umum di Australia meliputi bus, kereta, tram, ferry dan lain-lain yang sudah terintegrasi dan dikelola dengan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta. Sistem yang digunakan adalah prepaid card ticketing sehingga dengan satu kartu prabayar kamu dapat menggunakan moda transportasi berbeda. Meski demikian, beberapa negara bagian masih ada yang menerapkan sistem pembelian tiket atau tunai. Biaya yang akan kamu keluarkan jika menggunakan transportasi umum berkisar antara 15-55 dolar atau sekitar 140-515 ribu per minggu. 

Selain transportasi umum, sepeda adalah kendaraan pribadi yang cukup populer di Australia. Kamu tidak perlu khawatir karena Australia memiliki jalur khusus sepeda yang bahkan memiliki lampu lalu lintas sendiri. Selain itu, sepeda lipat dapat dibawa masuk ke dalam transportasi umum seperti tram atau bus. 

4. Kebutuhan Lainnya

Kebutuhan harian lainnya adalah telepon dan internet yang biayanya berkisar antara 20-55 dolar per minggu yaitu sekitar 187-515 ribu rupiah. Selanjutnya kamu mungkin akan membutuhkan tempat belanja barang harian maupun kebutuhan sandang yaitu pakaian. Untuk pakaian, Australia memiliki banyak tempat perbelanjaan terkemuka namun barang-barang yang dijual harganya cukup mahal. 

Baca Juga : Pengalaman Kuliah di Jepang

Pengeluaran biaya hidup di Australia selanjutnya adalah untuk kebutuhan hiburan yang jumlahnya sekitar 80-100 dolar yaitu sekitar 150-936 ribu rupiah per minggu. Meski demikian, angka ini sangat bergantung pada jenis kebutuhan hiburan masing-masing. Sehingga bisa jadi lebih mahal atau lebih murah. 

Rata-rata Biaya Hidup di Australia

biaya hidup rata-rata

Sumber: Freepik

Jika dikalkulasikan, biaya hidup di Australia yang setiap bulan yang harus kamu keluarkan sebagai pelajar internasional adalah sekitar 1500-2500 dolar per bulan. Jumlah tersebut jika dirupiahkan adalah sekitar 15-25 juta rupiah dan sudah mencakup kebutuhan makan, tempat tinggal, transportasi dan kebutuhan lainnya. 

Comments are closed.