agen sekolah ke australia
Fakta Sebenarnya Agen Sekolah ke Australia: Seperti Apa?
14 April 2020
universitas terbaik di asia
TOP 10 Universitas Terbaik di Asia 2020
17 April 2020

Biaya Hidup di Korea Selatan untuk Mahasiswa Indonesia 2020

biaya hidup di korea selatan

biaya hidup di korea selatan

Bicara mengenai negara-negara maju di Asia, Korea Selatan tidak akan luput dari pembahasan. Dalam satu dekade terakhir, negara yang terletak di Asia Timur ini mendunia dengan industri hiburan dan musiknya. Hal tersebut membuat banyak orang di seluruh dunia mulai tertarik untuk tinggal di negeri gingseng tersebut baik untuk bekerja maupun melanjutkan pendidikan, termasuk masyarakat Indonesia. Kira-kira berapakah biaya hidup di Korea Selatan ya?

Biaya Hidup di Korea Selatan per Bulan untuk Mahasiswa

Jika kamu berencana untuk menetap di Korea Selatan dalam rangka melanjutkan studi, kamu wajib tahu perkiraan biaya hidup mahasiswa di negara tersebut. Biaya hidup yang dimaksud di sini yaitu tempat tinggal, makanan, transportasi serta pengeluaran lainnya di luar uang kuliah. 

Tempat Tinggal

akomodasi korea

Sumber: seoulinspired.com

Korea Selatan memiliki banyak pilihan tempat tinggal untuk pelajar dengan harga dan fasilitas yang juga bervariasi. Meski demikian, kali ini akan dibahas pilihan yang paling ramah kantong untuk mahasiswa internasional dari Indonesia yaitu gisuksa, one room dan hasukjib. 

Baca Juga : Biaya Kuliah di Singapura 2020

Asrama atau 기숙사 (gi-suk-sa)

Universitas di Korea umumnya memiliki gisuksa atau asrama mahasiswa yang lokasinya berada di dalam kampus. Asrama ini terbuka baik untuk mahasiswa Korea maupun mahasiswa internasional. Ukuran, harga dan fasilitas asrama ini pun beragam, meskipun ada yang bisa ditempati sampai enam orang, umumnya gisuksa hanya dihuni oleh dua orang saja.

Harga sewa kamar asrama ini mulai dari 150.000-600.000 per bulan dan tidak mengenal sistem deposit. Selain itu, beberapa universitas memberikan potongan harga akomodasi bagi mahasiswa internasional. 

One room atau 원룸 (won-rum)

One room merupakan akomodasi luar kampus yang juga sering dijadikan pilihan tempat tinggal oleh mahasiswa di Korea. Seperti namanya, tempat tinggal ini hanya terdiri dari satu ruangan yang di dalamnya sudah ada tempat tidur, kursi, meja, lemari, kamar mandi, dan pantry. Penyewaan one room umumnya menggunakan sistem deposit yang disebut 보증금 (bo-jeung-geum) yang jumlahnya cukup besar yaitu mulai dari 1 juta won. Semakin besar deposit yang diberikan, semakin kecil biaya sewa bulannya. Deposit tersebut diberikan kepada pemilik di awal penyewaan dan akan dikembalikan ketika kontrak berakhir. 

Biaya bulanan untuk satu unit one room juga bervariasi mulai dari 250.000 won hingga di atas 1 juta won. Biaya tersebut bisa sudah termasuk fasilitas tambahan seperti listrik, gas, dan wifi, namun bisa juga di luar itu semua. 

Baca Juga : 10 Besar Universitas Terbaik di Indonesia Versi MENRISTEKDIKTI

Homestay atau 하숙집 (ha-suk-jib)

Hasukjib memiliki konsep yang mirip dengan homestay di mana kamu akan tinggal dan hidup bersama dengan sebuah keluarga. Namun, kamu bukan satu-satunya melainkan juga bersama beberapa penyewa lainnya. Hasukjib biasanya dijalankan oleh sebuah keluarga yang tidak hanya menyediakan tempat tinggal, namun juga sarapan dan makan malam. Akomodasi yang satu ini akan cocok bagi pelajar yang tidak ingin tinggal sendiri  atau ingin merasakan tinggal bersama keluarga Korea yang sesungguhnya. 

Untuk tinggal di hasukjib kamu perlu mengeluarkan uang sekitar 400.000 won per bulannya. 

Makanan

Makanan korea

Sumber: Freepik

Untuk kebutuhan makanan, akan sangat tergantung dengan pola makan, diet dan kecenderungan tertentu. Berikut adalah gambaran harga makanan dari berbagai tempat dijualnya:

Convenience store/minimarket

Makanan yang tersedia di minimarket seperti nasi kepal (kimbab), rice box, salad, dan lain-lain yang harganya relatif murah yaitu di bawah 5000 won. 

Kantin kampus/학생식당 (hak-saeng sik-dang)

Biasanya menyediakan menu paket makan siang yang sudah berisi nasi, lauk, side dish, air minum harganya juga biasanya di bawah 5000 won. 

Street food/jajanan

Sama halnya dengan Indonesia, Korea memiliki banyak jajanan yang dijual di pinggir jalan yang harganya di bawah 3500 won. 

Restoran

Untuk makan di restoran Korea, kamu harus mengeluarkan uang mulai dari sekitar 10.000 won. 

Untuk makanan, cara paling hemat tentu saja adalah dengan cara memasak sendiri. Kamu dapat membeli bahan-bahan makanan baik secara online maupun secara langsung di supermarket terdekat. Supermarket di Korea tidak berbeda jauh dengan di Indonesia karena sering memberi potongan harga lewat kupon atau diskon. 

Dengan memasak, kamu akan menghemat pengeluaran bulanan sekitar 100.000 hingga 200.000 won. Cukup besar bukan?

Transportasi

biaya hidup di korea selatan

Sumber: Wikipedia

Biaya hidup di Korea Selatan selanjutnya adalah untuk keperluan transportasi, terutama jika kamu tinggal jauh dari kampus. Moda transportasi umum yang digunakan untuk bepergian adalah kereta dan bus, selain itu ada pula taksi. Tidak seperti di Indonesia, motor adalah benar-benar kendaraan pribadi yang tidak dijadikan sebagai moda transportasi umum di Korea Selatan. 

Saat di Indonesia, kita biasa menggunakan Google Map atau Trafi untuk mengetahui jalan dan rute kendaraan umum. Sementara di Korea, kamu dapat menggunakan produk-produk Naver atau Kakao seperti Naver Map, Kakao Map, Kakao Bus, Kakao Metro, dan Kakao Taxi.

Subway atau 지하철 (jiha-ceol) 

Subway merupakan kereta bawah tanah yang tarif sekali jalannya adalah 1250-2500 won. Pembayarannya dilakukan dengan kartu transportasi atau kartu bank yang terintegrasi, tidak berbeda dengan krl di Indonesia. 

Bus/버스 (beo-seu)

Selain subway, bus juga dapat dijadikan pilihan untuk transportasi sehari-hari karena harganya dan sistem pembayarannya tidak jauh berbeda. Bua cenderung lebih disukai karena memiliki rute yang lebih menyebar sehingga seringkali tidak perlu transit seperti hal-nya saat menggunakan kereta. 

Taksi

Jika kamu ingin kendaraan yang lebih cepat atau lebih personal, kamu dapat menggunakan taksi yang biayanya cenderung lebih mahal. Untuk pembayaran, taksi di Korea dapat dibayar dengan uang tunai maupun kartu debit/kredit. Kartu transportasi umum yang digunakan untuk bus dan subway tidak dapat digunakan untuk moda transportasi yang satu ini. 

Baca Juga : Serunya Liburan Bebas Visa di Negara Jepang Bagi Pengguna E Paspor

Pengeluaran lainnya

kebutuhan lainnya

Sumber: Freepik

Selain ketiga pengeluaran pokok di atas, kamu mungkin juga akan memiliki pengeluaran lain seperti kebutuhan kuliah, laundry, dan telekomunikasi. Banyak yang menyebutkan bahwa kebutuhan untuk kuliah seperti print tugas dan sebagainya termasuk pengeluaran yang signifikan bagi mahasiswa di sana. Kamu juga akan memerlukan kebutuhan harian seperti sabun, sampo serta produk perawatan lainnya. Kamu juga akan butuh berbelanja pakaian (untuk menghadapi musim dingin) atau memiliki pengeluaran khusus untuk hobi atau rekreasi. 

Rata-rata Biaya Hidup di Korea

Besaran biaya hidup di Korea Selatan setiap bulannya bersifat sangat personal karena dipengaruhi oleh gaya hidup serta kecenderungan masing-masing orang. Meski demikian, secara umum mahasiswa internasional dari Indonesia butuh sekitar 800.000 – 1.000.000 won setiap bulannya. Jika kamu adalah orang yang memiliki gaya hidup sederhana dan cenderung hemat, kamu mungkin dapat menekan angka tersebut ke jumlah yang jauh lebih rendah. 

Nah, setelah mendapatkan gambaran mengenai biaya hidup di Korea Selatan di atas, apakah kamu tetap bertekad untuk melanjutkan studi di negeri gingseng tersebut?

Comments are closed.