kampus swasta terbaik
3 Kampus Swasta Terbaik Asal Amerika
30 April 2020
universitas terkenal di dunia
Universitas Terkenal di Dunia untuk Kamu yang Berjiwa Seni
5 Mei 2020

Biaya Hidup di New Zealand untuk Mahasiswa 2020

biaya hidup di new zealand

biaya hidup di new zealand

Sudah bukan rahasia lagi bahwa New Zealand atau Selandia Baru adalah salah satu destinasi studi yang banyak dilirik oleh pelajar Indonesia. Secara kualitas, pendidikan tinggi di negara tetangga Australia tersebut juga sudah sangat mumpuni karena banyak memiliki universitas dengan standar internasional. Selain itu, New Zealand juga tidak sejauh Eropa atau Amerika yang berada di belahan bumi yang berbeda dengan Indonesia. Nah, jika kamu berencana melanjutkan studi ke negara tersebut, kamu perlu mengetahui gambaran biaya hidup di New Zealand. 

Akomodasi

biaya akomodasi

Ilustrasi akomodasi siswa. Sumber: Freepik

Pengeluaran paling pertama dan utama saat kamu melanjutkan studi di New Zealand tentu saja adalah tempat tinggal. Sama dengan di Indonesia, biaya sewa akomodasi di New Zealand sangat variatif tergantung kota mata yang kamu tinggali. Secara umum, Auckland adalah kota dengan biaya hidup tertinggi jika dibandingkan dengan kota lainnya. 

Baca Juga : Fakta Dibalik Universitas Terbaik Jerman

Mahasiswa negara ini umumnya tinggal di flat atau apartemen dengan harga sewa mingguan sekitar 200-300 dolar atau sekitar 2 juta rupiah. Dengan kata lain, butuh sekitar 800-1200 dolar untuk biaya akomodasi dalam sebulan atau sekitar 8-10 juta rupiah. Biasanya tersebut juga ada yang sudah termasuk air dan listrik, namun ada pula yang belum. Meski demikian, sebagian besar apartemen di New Zealand belum memasukkan biaya internet ke dalam biaya sewanya. 

Makanan

biaya hidup new zealand

Ilustrasi belanja makanan. Sumber: Freepik

Anggaran untuk biaya makanan sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan masing-masing. Jika kamu memasak, maka biaya yang kamu keluarkan biasanya akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan hanya mengandalkan membeli makanan di luar. Secara umum biaya yang dikeluarkan untuk makanan selama kuliah di New Zealand adalah sekitar 60-100 dolar per minggu atau sekitar 3-4 juta rupiah per bulan. 

Transportasi

transportasi umum

Ilustrasi transportasi umum. Sumber: Freepik

Berjalan kaki adalah yang biasa dilakukan oleh masyarakat New Zealand, sehingga sebagai pendatang kita juga akan terbiasa. Namun, untuk bepergian dengan jarak yang cukup jauh, kamu mungkin akan butuh kendaraan umum yang terdiri dari bus atau kereta. Jika kamu tinggal di daerah pinggiran mungkin biaya yang kamu keluarkan untuk akomodasi akan lebih murah, namun kamu akan mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi. Jumlahnya mungkin akan mencapai sekitar 120 dolar per bulan atau sekitar satu juta rupiah per bulan.

Baca Juga : 5 Negara dengan Biaya Hidup Termurah untuk Berkelana

Jika kamu tinggal di Auckland, kamu akan menemukan sistem transportasi yang sudah sangat terorganisasi dan bahkan memiliki aplikasi sendiri. Selain itu, kamu juga hanya membutuhkan satu kartu transportasi yang disebut AT Hop Card, baik untuk bus, kereta maupun ferry. Selain itu, tersedia pula penyewaan sepeda dan e-scooter yang juga dapat dipesan melalui aplikasi ponsel. 

Biaya lainnya

biaya hidup lainnya

Ilustrasi pembayaran tagihan. Sumber: Freepik

Biaya hidup di New Zealand lainnya antara lain adalah listrik dan internet, baik untuk handphone maupun untuk internet di rumah. Kamu mungkin harus mengeluarkan sekitar 16-30 dolar (150-280 ribu rupiah) untuk internet ponsel dan sekitar 20-30 (185-280) ribu rupiah) dolar untuk listrik internet rumah per minggu. Jika dikalkulasikan per bulan, total jumlah keduanya mencapai sekitar 550 ribu rupiah. 

Selain itu, kamu juga mungkin akan memiliki pengeluaran lain seperti belanja bulanan/mingguan untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu juga akan membutuhkan hiburan seperti jajan/nongkrong atau menonton film di bioskop. Biaya terkait kebutuhan studi seperti membeli buku, print tugas dan sebagainya juga akan menjadi tambahan pengeluaran buatmu. 

Baca Juga : Biaya Hidup di Australia untuk Mahasiswa

Rata-rata biaya hidup di New Zealand

biaya hidup selandia baru

Sumber: Freepik

Secara umum, biaya hidup mingguan di kota besar seperti Auckland berkisar antara 350-490 dolar atau sekitar 3,2-4,6 juta rupiah. Jika dirata-ratakan, maka total biaya hidup yang akan kamu keluarkan setiap bulannya adalah sekitar 15 juta. Auckland sendiri dikenal sebagai salah satu kota dengan biaya hidup yang cukup tinggi. Jika kamu tinggal di kota selain kota ini, kamu mungkin dapat lebih berhemat. 

Nah, itu dia gambaran biaya hidup di New Zealand yang perlu kamu ketahui jika berencana untuk melanjutkan studi di negara tersebut. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke New Zealand, kamu dapat mencari informasinya di SUN Education Mobile App atau menghubungi SUN Education secara langsung ya!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!