kuliah di coventry university
Cerita Studi Bianka Nelwan di Coventry University
2 Maret 2020
Virgil Abloh: Dari Illinois Institute of Technology Hingga Kiprahnya di Dunia Fashion
3 Maret 2020

Biaya Hidup Mahasiswa di Spanyol Dalam Rupiah

biaya hidup mahasiswa di spanyol

biaya hidup mahasiswa di spanyol

Biaya hidup mahasiswa di Spanyol sering disebut-sebut sebagai yang termurah di Eropa. Uang yang dikeluarkan untuk kebutuhan pokok seperti tempat tinggal, makanan dan transportasi terhitung lebih rendah dari rata-rata negara lain di Eropa. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di Spanyol, ada baiknya kamu mencari tahu gambaran tentang biaya hidup mahasiswa di sana. 

Biaya Hidup Mahasiswa di Spanyol

biaya hidup mahasiswa di Spanyol

Sumber: Freepik

Secara umum, biaya hidup mahasiswa di Spanyol sama dengan di negara manapun yaitu terdiri dari biaya kuliah, tempat tinggal, makanan, dan transportasi. Biaya yang dibutuhkan untuk tinggal di suatu kota juga akan berbeda dengan kota lainnya. Selain itu, bicara soal biaya hidup juga bersifat sangat relatif, tergantung gaya hidup dan kebutuhan masing-masing orang. 

1. Biaya kuliah di Spanyol

Kisaran biaya untuk studi sarjana di universitas negeri di Spanyol adalah 750-2000 euro (11-30 juta rupiah) per tahun. Jika kamu ingin mengambil program sarjana di universitas swasta, biaya yang kamu butuhkan adalah 5500-18.000 euro (82-270 juta rupiah) per tahun. Sementara itu, untuk melanjutkan program pascasarjana biayanya adalah 1000-3200 euro (15-28 juta rupiah) per tahun. 

Baca Juga : Biaya Hidup Mahasiswa Internasional di Swiss

2. Tempat Tinggal

Biaya tempat tinggal sangat dipengaruhi oleh kota tempat tinggal kamu di Spanyol. Jika kamu tinggal di kota besar seperti Madrid atau Barcelona, biaya yang harus kamu keluarkan akan lebih besar. Harga sewa kamar di kota-kota kecil berkisar antara 150-350 euro (2,2-5,2 juta rupiah) per bulan sedangkan di Madrid atau Barcelona bisa mencapai 500 euro (7,5 juta rupiah) per bulan. Untuk menghemat biaya, banyak mahasiswa Indonesia yang menyewa apartemen secara bersama sehingga harga yang dibayar setiap orang menjadi lebih murah. Pilihan lainnya adalah tinggal bersama keluarga lokal dengan biaya dalam kisaran 700-800 euro (105-12 juta rupiah), sudah termasuk makan. 

3. Makanan dan belanja bulanan

Untuk kebutuhan makanan, akan lebih baik jika kamu bisa memasak sendiri karena akan jauh lebih hemat. Untuk kebutuhan makanan dan belanja bulanan, kamu akan menghabiskan sekitar 120-150 euro (1,8-2,2 juta rupiah). Harga makanan pun sebenarnya berbeda tergantung kota di mana kamu akan tinggal. Sebagai contoh sederhana, harga satu cangkir kopi di kota kecil hanya sekitar 1,2 euro (18 ribu rupiah) sementara di kota besar bisa mencapai 1,8 euro (27 ribu rupiah). Sementara itu, harga seporsi makanan jadi dapat berkisar antara 7-12 euro (105-180 ribu rupiah). 

Baca Juga : 5 Sekolah Film dengan Biaya Kuliah Terbaik di Inggris

4. Biaya Transportasi

Transportasi di Spanyol tidak berbeda jauh dengan negara-negara Eropa lainnya dan sudah memiliki sistem yang terintegrasi. Moda transportasi yang umum digunakan adalah bus dan kereta bawah tanah (metro). Untuk dapat menggunakan kedua moda transportasi tersebut, kamu harus memiliki month pass dengan biaya yang tidak berbeda jauh di setiap kota yaitu sekitar 50 euro (750 ribu rupiah). 

5. Kebutuhan lainnya

Hal lain yang terkait keuangan yang harus kamu keluarkan adalah untuk keperluan komunikasi yaitu internet dan telepon. Untuk kebutuhan ini, pelajar indonesia biasanya memilih kartu prabayar yang dapat diisi ulang. Kamu dapat membelinya di bandara saat kamu sampai di Spanyol. Untuk biaya kebutuhan komunikasi kamu mungkin menghabiskan sekitar 30 euro (450 ribu rupiah) per bulan. 

Selain itu, jika tempat tinggal yang kamu sewa tidak termasuk air dan listrik, kamu juga akan membutuhkan dana untuk dua kebutuhan ini setiap bulannya. 

Baca Juga : Biaya Kuliah di Singapura 2020

Rata-rata Biaya Hidup Mahasiswa di Spanyol

biaya hidup spanyol

Sumber: Freepik

Rata-rata mahasiswa Indonesia di Spanyol membutuhkan sekitar 700-1000 euro (10,5-15 juta rupiah) untuk biaya hidup setiap bulannya. Hal tersebut sudah di luar uang kuliah yang dibayarkan per tahun. Jika kamu ingin kuliah di Eropa, namun dengan uang kuliah serta biaya hidup yang masih terjangkau, Spanyol adalah tempat yang tepat untukmu! 

Hubungi SUN Education jika kamu tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kuliah di Spanyol. Atau download SUN Education Mobile App untuk mendapatkan informasi mengenai universitas, program studi, hingga persyaratan masuk dan tuition fee di Spanyol. 

Tinggalkan Balasan