kuliah di Jerman
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jerman
17 Januari 2020
fakultas kedokteran terbaik dunia
Rekomendasi Fakultas Kedokteran Terbaik di Dunia Tahun 2020
20 Januari 2020

Kota Dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

biaya hidup termurah di Indonesia

biaya hidup termurah di Indonesia

Yogyakarta: Kota Paling Ramah Kantong Mahasiswa

Istilah “kota pelajar” sudah lama melekat pada Yogyakarta. Banyaknya perguruan tinggi negeri dan swasta dengan reputasi yang baik menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu destinasi studi favorit bagi calon mahasiswa dalam negeri. Selain itu, biaya hidup yang dikenal “ramah kantong mahasiswa” juga salah satu hal penting yang jadi pertimbangan pelajar. Karenanya, Yogyakarta pun selalu disebut-sebut sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. 

Menyangkut biaya hidup, murah atau mahal biasanya bersifat relatif karena setiap orang punya gaya hidup yang kebutuhan yang berbeda

Pada dasarnya, “murah”-nya biaya hidup di Yogyakarta bersifat relatif dan tergantung dengan gaya hidup masing-masing orang. Selain itu, standar yang digunakan juga sangat memengaruhi penilaian tersebut. Perantau dari Jakarta mungkin akan menganggap Yogyakarta lebih murah karena membandingkannya dengan standar harga dan pengeluaran di Jakarta. Sementara jika berasal dari daerah kota atau kabupaten yang lebih kecil, biaya hidup di Yogyakarta bahkan bisa dianggap lebih mahal. 

Belakangan mulai banyak orang yang mengeluhkan mahalnya biaya hidup di Yogyakarta. Sebagian juga mulai yang mempertanyakan kebenaran asumsi Yogyakarta sebagai kota dengan biaya hidup termurah se-Indonesia. Hanya saja, hal ini biasanya disampaikan oleh perantau yang ke Yogyakarta untuk bekerja. 

Baca Juga : Berapa Biaya Kuliah di Australia Yang Harus Kamu Keluarkan?

angkringan

Angkringan via makanpakereceh.com

Benarkah biaya hidup di Yogyakarta “semurah itu”? 

Biaya hidup memiliki kaitan yang sangat erat dengan pendapatan. Sementara mahasiswa sebagai individu yang umumnya masih mengandalkan uang saku yang dijatah setiap bulannya oleh orang tua. Oleh karena itu, biaya hidup akan jadi hal yang cukup diperhitungkan sebelum merantau ke kota lain untuk menuntut ilmu. 

Sesampainya di kota tujuan studi, biasanya biaya hidup akan sangat bergantung pada gaya hidup masing-masing individu. Jadi, akan selalu ada kemungkinan di mana pun kota tempat tinggal, uang yang dihabiskan tidak jauh berbeda jika masih mempertahankan gaya hidup yang sama. Jika ada mahasiswa yang mengatakan hanya butuh Rp1.500.000 per bulan,  ada pula yang butuh di atas Rp2.000.000 per bulannya. Jumlah tersebut bisa dikatakan sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia untuk ukuran mahasiswa rantau. 

Hal tersebut juga tidak berbeda jauh dengan pekerja lajang yang merantau ke Yogyakarta untuk bekerja. Murah-nya hidup di Yogyakarta juga dilihat dari minimum upah yang diterima karyawan setiap bulannya yang hanya berkisar Rp2.000.000 saja. Buat beberapa kalangan, nominal ini tidak akan cukup untuk menabung. 

Baca Juga : 12 Alasan dan Manfaat Kuliah di Luar Negeri

Biaya sewa tempat tinggal di Yogyakarta

Untuk kalangan mahasiswa, sewa kamar berkisar antara 350-700 ribu rupiah per bulan dengan fasilitas kamar mandi di luar. Beberapa bahkan ada yang mendapat kamar kosongan dengan sewa lebih murah. Meski demikian, banyak juga terdapat kost eksklusif yang harga sewa per kamarnya di atas 1 juta rupiah. 

Harga makanan di Yogyakarta

Sampai saat ini masih ada makanan dengan harga kurang dari Rp10.000 per porsi di Yogyakarta. Makanan seperti ayam geprek atau ayam penyet, nasi goreng dan makanan jadi lainnya berada di kisaran 10 ribu sampai 15 ribu rupiah per porsi. Harga tersebut tidak bisa selalu jadi patokan, biasanya juga variatif tergantung apa lauknya. 

Hal ini juga akan kembali lagi sesuai dengan gaya hidup masing-masing orang. Jika kamu menggemari makanan siap saji, tentu saja akan terasa lebih mahal daripada makanan lainnya di Yogyakarta. Selain itu, makanan yang di jual di penjual keliling atau pedagang kecil akan lebih murah daripada pedagang yang membuka toko. 

Jika memakai patokan satu porsi 10 ribu rupiah dan makan sebanyak 3 kali sehari, biaya yang dikeluarkan untuk makanan setiap bulannya adalah sekitar 900 ribu rupiah. Jumlah tersebut mungkin dapat lebih dihemat jika kamu bisa memasak sendiri. 

trans jogja

Trans Jogja via kompasiana

Biaya transportasi

Berbeda dengan kota-kota lainnya, transportasi umum di Yogyakarta lebih terbatas hanya berupa becak dan Trans Jogja. Namun kamu masih tetap berkendara dengan moda transportasi online. Jika menggunakan Trans Jogja, harga yang harus kamu bayar hanya 3 ribu rupiah baik perjalanan jauh atau dekat. 

Baca Juga : 5 Fakta Tentang Gaya Hidup Orang Jepang

Sebagai mahasiswa, biaya yang akan kamu habiskan untuk ke kampus dengan memanfaatkan fasilitas ini hanya sekitar 132 ribu jika kamu hanya kuliah 5 hari per minggu. 

Estimasi biaya hidup di Yogyakarta per bulan

Dihitung berdasarkan kebutuhan pokok di atas, setidaknya 1,5 juta per bulan sebagai mahasiswa. Meski belum termasuk biaya seperti print tugas atau fotokopi serta biaya untuk sosialisasi dan hiburan, biaya tersebut bisa dianggap sebagai salah satu biaya hidup termurah di Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!