Cara Kuliah di Singapura sambil Menghemat Biaya
21 Maret 2020
Biaya Hidup di Amerika untuk Mahasiswa: Bisa Lebih Terjangkau?
23 Maret 2020

Jenis Perguruan Tinggi dan Biaya Kuliah di Jepang

biaya kuliah di jepang

biaya kuliah di jepang

Ada banyak pelajar Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan studi ke Negeri Sakura, Jepang. Sebelum benar-benar memutuskan untuk melanjutkan studi di institusi tingkat pendidikan tinggi di jepang, kamu harus mempertimbangkan banyak hal. Selain sistem pendidikan dan persyaratan masuk hal yang juga harus dipertimbangkan adalah biaya kuliah di Jepang. 

Pendidikan tinggi di Jepang

pelajar jepang

Sumber: freepik

Secara umum, institusi pendidikan tinggi di Jepang dibagi menjadi tiga jenis yaitu senmon-gakko (sekolah khusus) perguruan tinggi junior (junior college), dan universitas. Senmon gakko merupakan perguruan tinggi yang menyediakan program-program vokasional atau keahlian khusus seperti program-program diploma di Indonesia. Sementara perguruan tinggi junior menawarkan program studi dengan durasi 2 tahun dengan program vokasional yang fokusnya lebih sedikit. Sedangkan universitas menawarkan lebih banyak program  dalam berbagai tingkat. 

Baca Juga : Pengalaman Kuliah di Jepang

Senmon Gakko (専門学校)

Sebagai perguruan tinggi vokasional, Senmon-gakko menawarkan program 2 tahun. Program-program yang ditawarkan misalnya fashion, hairdressing dan program-program keahlian spesifik sejenisnya. Selain itu ada pula sekolah-sekolah yang menawarkan program-program general seperti bisnis. 

Tanki Daigaku (短期大学)

Tanki daigaku atau tandai dapat diartikan sebagai junior college atau perguruan tinggi junior yang mirip dengan senmon gakko karena sama-sama menawarkan program vokasional. Namun, program-program yang ditawarkan di tandai umumnya terkait pendidikan atau keterampilan wanita. Oleh sebab itu, pelajar tandai didominasi oleh perempuan dengan perbandingan 9:1.

Daigaku (大学)

Daigaku adalah bahasa Jepang untuk universitas yang menawarkan program studi 4 tahun untuk gelar sarjana. Berbeda dengan senmon gakko atau tandai, daigaku menawarkan program-program dalam bidang yang lebih luas. Selain itu juga tersedia program pascasarjana, program doktor dan program penelitian. 

Baca Juga : 5 Fakta Tentang Gaya Hidup Orang Jepang

Jenis-jenis Universitas di Jepang

tokyo university

Tokyo University. Sumber: Freepik

Saat ini ada sekitar 800 universitas di Jepang yang terbagi lagi menjadi 3 jenis berdasarkan sumber dananya. Ketiganya yaitu universitas nasional (国立大学), universitas negeri (公立大学), dan universitas swasta (私立大学). 

Universitas Nasional (国立大学)

Universitas nasional merupakan universitas yang mendapat pendanaan dari negara sehingga dapat menawarkan program studi dengan harga relatif lebih murah. Yang termasuk universitas nasional adalah University of Tokyo dan University of Kyoto. Meskipun biaya kuliah lebih murah, seleksi masuk universitas nasional terbilang sangat ketat. 

Universitas Negeri (公立大学) 

Universitas negeri adalah universitas yang pendanaannya berasal dari provinsi di mana universitas tersebut berada. Yang termasuk dalam kategori ini di antaranya adalah nagoya city University dan Osaka City University. Karena disubsidi pemerintah daerah, universitas ini juga menawarkan program studi dengan biaya kuliah yang cukup terjangkau. 

Universitas Swasta (私立大学)

Sementara jenis yang terakhir yaitu universitas swasta tidak menerima bantuan pendanaan atau subsidi dari pihak pemerintah. Universitas ini menyediakan program studi dengan harga yang relatif lebih mahal. Meski demikian, dari segi fasilitas, mereka umumnya unggul dari universitas negeri maupun universitas nasional. 

Biaya Kuliah di Jepang Berdasarkan Jenis Institusi Perguruan Tinggi

biaya kuliah di jepang

Sumber: Freepik

Biaya kuliah di Jepang ditentukan oleh jenis institusi tempat kamu belajar serta pilihan program yang kamu ambil. Rata-rata biaya kuliah di senmon gakko adalah sekitar 3 juta yen atau sekitar 426 juta rupiah. Sementara jika program yang kamu ambil berada di tanki daigaku, kuliah di Jepang dengan biaya sendiri yang harus kamu keluarkan adalah sekitar 20% lebih mahal, yaitu sekitar 511 juta rupiah. 

Baca Juga : Serunya Liburan Bebas Visa di Negara Jepang Bagi Pengguna E Paspor

Jika kamu mengambil program di universitas, biaya kuliah di Jepang yang harus kamu keluarkan bergantung pada jenis universitasnya. Universitas nasional umumnya memiliki biaya kuliah paling rendah yaitu sekitar 5 juta yen (710 juta rupiah) untuk program 4 tahun. Sementara universitas negeri berada di level yang sama dengan universitas nasional, namun dengan keistimewaan biaya lebih murah untuk penduduk lokal daerah tersebut. Sedangkan universitas swasta biasanya berbiaya lebih mahal yaitu sekitar 7 juta yen (995 juta rupiah) ke atas untuk program 4 tahunnya. 

Tentukan Jenis Perguruan Tinggi Pilihanmu!

tentukan pilihanmu

Sumber: Freepik

Pilihan perguruan tinggi sangat berpengaruh pada biaya kuliah di jepang. Setiap jenis institusi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhanmu serta dapat menunjang karirmu ke depannya. Selamat menentukan!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!