kuliah di amerika
Tucson, Arizona: Destinasi Wisata Murah Bagi Pelajar yang Kuliah di Amerika
26 Januari 2020
negara bebas visa
Malaysia: Salah Satu Destinasi Studi Terbaik di Asia
28 Januari 2020

Yuk, Intip Biaya Kuliah di Jerman!

biaya kuliah di jerman

Biaya kuliah di Jerman adalah hal yang pasti sangat ingin kamu ketahui ketika memutuskan untuk melanjutkan studi di negara tersebut. Gambaran biaya kuliah ini tentunya merupakan salah satu poin pertimbangan utama bagi kamu dan orang tua. Namun, terlepas dari persoalan biaya, kamu tentu memiliki alasan yang kuat sehingga memutuskan untuk memilih Jerman sebagai destinasi untuk melanjutkan studi. 

Kuliah di Jerman

kuliah di jerman

Setiap orang memiliki alasan tersendiri dalam menentukan negara yang ingin dituju untuk melanjutkan studi, baik itu ke tingkat sarjana maupun pascasarjana. Alasan tersebut dapat bersifat personal seperti inspirasi pribadi terhadap salah satu tokoh, misalnya ilmuwan di sana. Hal lainnya adalah kualitas pendidikan dari negara tersebut hingga latar belakang keilmuannya. Secara umum, Jerman sendiri memang sangat cocok dijadikan destinasi studi karena berbagai alasan. 

Alasan kuliah di Jerman

Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus melanjutkan kuliah di Jerman dari berbagai sudut pandang:

1. Negara dengan latar belakang keilmuan yang kuat, terdepan dalam sains dan teknologi
2. Tidak hanya para ilmuwan, Jerman juga melahirkan para pemikir/filsuf serta seniman
3. Pendidikan yang inovatif dan berkualitas tinggi
4. Kesempatan untuk kuliah gratis di semua universitas milik negara di Jerman
5. Merupakan salah satu negara yang memberikan kesempatan bekerja setelah lulus bagi pelajar internasional

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jerman

Benarkah bisa kuliah gratis?

Sebelum tahun 2006, Jerman sempat menerapkan sekolah tanpa biaya di tingkat perguruan tinggi. Pada masa itu, melanjutkan studi di universitas milik negara di Jerman tidak membutuhkan biaya kuliah, termasuk bagi pelajar internasional. Hanya saja, pada tahun 2006, aturan yang meniadakan uang kuliah tersebut sempat dicabut dan membuat beberapa negara bagian mengadakan kembali biaya kuliah perguruan tinggi di wilayah mereka. 

Sejak tahun 2014, aturan lama tersebut diberlakukan kembali di mana setiap universitas milik negara bebas dari biaya kuliah. Aturan ini berlaku baik untuk pelajar Jerman, pelajar Uni Eropa maupun pelajar internasional di luar Uni Eropa. Meski demikian, ada biaya administrasi yang harus dibayar meski jumlahnya tidak begitu banyak yaitu sekitar 250-290 euro per semester atau sekitar 4 juta rupiah. 

Adanya program bebas biaya kuliah ini sendiri merupakan strategi Jerman dalam mendukung kemajuan bangsa lewat pendidikan. Pemerintah Jerman melalui kebijakan ini sedang mencoba memperlihatkan bahwa pendidikan bukanlah produk komersial. Mereka percaya bahwa bangsa yang terdidik akan menciptakan generasi yang akan membuat negaranya semakin cerdas dan maju. 

Biaya kuliah di Jerman

biaya kuliah di jerman

Hampir semua universitas terbaik di Jerman merupakan milik negara dan bebas biaya kuliah, meski demikian bukan berarti Jerman tidak memiliki universitas swasta. Universitas swasta di Jerman biasanya mengelola sendiri keuangan mereka, namun beberapa universitas ada yang mendapat bantuan dana dari yayasan tertentu. Jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, biaya kuliah untuk universitas swasta di Jerman sangat standar dan tidak lebih mahal daripada negara lainnya. 

Jika kamu melanjutkan studi sarjana di universitas milik negara, kamu hanya perlu membayar sekitar 250-290 euro (sekitar 4 juta rupiah) per semester untuk biaya administrasi. Nilai tersebut biasanya akan ditambahkan dengan semesterticket yaitu paket transportasi selama satu semester. Sementara biaya kuliah di Jerman dalam rupiah untuk tingkat sarjana di universitas swasta adalah maksimal 20.000 euro per tahun atau sekitar 300 juta rupiah. 

Sementara untuk tingkat pascasarjana biasanya akan gratis jika kamu telah menyelesaikan studi sarjana di Jerman dan melanjutkannya. Namun, jika kamu mendapatkan gelar sarjana dari luar Jerman, kamu akan dikenai biaya kuliah yang berbeda tergantung universitas dan program yang kamu ambil. Biaya untuk program master di universitas milik negara adalah sekitar 20.000 euro per tahun (sekitar 300 juta rupiah). Sedangkan di universitas swasta sekitar 30.000 euro per tahun atau sekitar 450 juta rupiah per tahun. 

Rencanamu untuk kuliah di Jerman sudah mantap?

Jika kamu sudah mendapat gambaran mengenai biaya kuliah, kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai universitas terbaik di Jerman serta atau daftar jurusan yang sesuai denganmu. Persiapkan semuanya dengan matang ya!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!