Biaya Kuliah Luar Negeri Mahal? Tidak Kalau Kamu Diskusi Bersama Konsultan Pendidikan!
29 September 2020
Apakah Kuliah di Luar Negeri Susah? Tips Ini Akan Mengubah Perspektifmu!
1 Oktober 2020

Kamu Perlu Tahu! Ini Dia Biaya Kuliah di Harvard University

biaya kuliah di harvard university

Sumber: Freepik

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Harvard University? Salah satu universitas di Amerika Serikat ini merupakan universitas bergengsi yang dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di dunia. Tidak sedikit orang yang bermimpi untuk menjadi salah satu lulusan Harvard University, beberapa bahkan sangat berambisi untuk menjadi salah satu pelajar luar biasa yang dapat menempuh pendidikan di universitas ini. 

Tentang Harvard University

harvard university

Sumber: Freepik

Harvard University adalah salah satu universitas riset swasta yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts. Berdiri pada tahun, 1636, Harvard University merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Amerika dan juga termasuk salah satu yang tertua di dunia. Ada sekitar 50 program sarjana, 134 program pascasarjana, serta 32 program profesional yang ditawarkan di Harvard University. 

Alumni universitas ini termasuk 8 orang presiden Amerika Serikat dan 188 miliuner yang masih hidup. Selain itu, sebanyak 160 pemenang nobel, 18 pemenang Fields Medal dan banyak lainnya telah berafiliasi dengan Harvard University baik sebagai mahasiswa, pengajar atau peneliti. Salah satu alumni paling terkenal dari universitas ini 

Sekolah Pemberi Gelar

Harvard memiliki 12 sekolah yang menawarkan program-program gelar mulai dari sarjana, pascasarjana, dan profesional. Berikut adalah sekolah-sekolah tersebut:

• Harvard Business School
• Harvard College
• Harvard School of Dental Medicine
• Harvard Divinity School
• Harvard Faculty of Arts and Sciences
• Harvard Graduate School of Design
• Harvard Graduate School of Education
• Harvard Graduate School of Arts & Sciences
• Harvard John A. Paulson School of Engineering and Applied Sciences
• Harvard Kennedy School
• Harvard Law School
• Harvard Medical School
• Harvard T.H. Chan School of Public Health

Biaya Kuliah di Harvard University

harvard university

Sumber: Freepik

Biaya kuliah yang harus kamu bayar sebagai mahasiswa di Harvard University antara lain adalah untuk uang sekolah, biaya kesehatan, asuransi kesehatan, akomodasi, dan lain-lain. Total keseluruhannya dapat mencapai lebih dari 70.000 USD per tahun. Meski demikian, Harvard menyediakan berbagai bantuan finansial baik untuk pelajar Amerika Serikat sendiri maupun pelajar internasional. Secara umum, biaya yang akan kamu bayarkan kepada pihak universitas akan disesuaikan dengan kemampuan finansial dari keluargamu. 

Hal ini disebabkan karena Harvard sendiri berkomitmen untuk mengedepankan kemampuan siswa, bagaimanapun kondisi finansial mereka. Setelah menerima berbagai bantuan finansial, umumnya orang tua hanya perlu berkontribusi sekitar 12.000 USD dalam setahun untuk tingkat sarjana. Berdasarkan data yang ditampilkan di website The College Harvard University, sekitar 20% keluarga mahasiswa sama sekali tidak membayar apa-apa untuk kepentingan studi mereka di Harvard University. 

Beasiswa Studi di Amerika

Jika biaya kuliah di Harvard University terlalu mahal buatmu meskipun kamu percaya diri dengan kemampuan akademik yang kamu miliki, kamu bisa mendaftar beasiswa. Ada banyak beasiswa yang dapat kamu daftar sebagai dukungan finansial studimu di Harvard University. Beberapa mahasiswa bahkan tidak hanya membayarkan uang kuliah, namun juga uang saku sehingga kamu tidak lagi akan membebani orang tua. Kamu hanya perlu mencari informasi dari berbagai sumber terkait dengan program beasiswa. 

Jika kamu berencana untuk melanjutkan studi di tingkat S2 di Harvard University, kesempatan beasiswa biasanya jauh lebih banyak. Lembaga beasiswa terkenal seperti LPDP dan fulbright umumnya hanya menyediakan beasiswa untuk tingkat master atau doktor ke universitas terbaik dunia, termasuk Harvard University. Meski demikian, setiap sekolah atau fakultas di Harvard University sendiri juga memiliki banyak bantuan finansial yang dapat membantumu selama berkuliah di sana. 

Comments are closed.