Comedy
Comedy
28 Maret 2022
RMIT University 1 on 1 Counselling Session
29 Maret 2022

Biaya Kuliah Jurusan Jurnalistik di 3 Universitas Top Australia

biaya kuliah jurusan jurnalistik

Got a nose for news? Journalism might be the path you should take! Hidup kita nggak jauh dari berita, dan jika belajar jurnalistik, kamu akan berkontribusi dalam flow berita yang menjadi asupan sehari-hari banyak orang. Kamu nggak perlu bingung mau kuliah di mana, SUN Education sudah menyiapkan pilihannya buatmu, lengkap dengan biaya kuliah jurusan jurnalistik di 3 universitas ternama di Australia!

Biar nggak penasaran, baca terus ya!

Apa itu Jurnalistik?

Gelar jurnalistik memberikanmu pengalaman praktis dalam mengumpulkan sumber yang kredibel, menentukan fakta dan kebenaran, menulis secara ringkas dan efektif, serta menyampaikan berita yang penting buat publik.

Wartawan menyampaikan informasi melalui video, siaran televisi, hingga media cetak dan online. Dengan belajar jurnalistik, kamu akan dilatih untuk meneliti dan mengkomunikasikan informasi kepada publik dengan cara yang bertanggung jawab.

Nah, berbeda dengan sebagian besar universitas di dalam negeri, kebanyakan universitas di luar negeri menjadikan jurnalistik sebagai bagian dari jurusan Media Studies. Untuk itu, ke depannya kamu nggak usah bingung kalo menemukan nama jurusan ini ya! Sama aja kok, kamu akan tetap belajar jurnalisme di dalamnya.

Jurnalistik biasanya masuk ke dalam bidang studi Ilmu Komunikasi yang jadi salah satu terfavorit banyak mahasiswa di dunia. Kamu bisa menemukan berbagai pelajaran menarik seperti Public Speaking, menulis berita, fotografi, desain, membuat iklan, dan masih banyak lagi. Baik itu secara teori atau praktik, kamu pastinya akan mempelajari aspek-aspek komunikasi secara lebih dalam.

 

1. University of Sydney

biaya kuliah jurusan jurnalistik

 

University of Sydney (USYD) memegang peringkat ke-22 di dunia untuk studi komunikasi dan media menurut QS World University Rankings by Subject 2021. Nggak cuma itu, lulusan mereka berada di peringkat pertama di Australia dan keempat di dunia untuk kelayakan kerja menurut QS Graduate Employability Ranking 2022!

Di jurusan Media Studies ini, kamu akan melakukan program magang wajib di mana kamu mendapatkan penempatan kerja selama 140 jam di organisasi media. Penempatan ini termasuk di media cetak, online, siaran dalam jurnalisme, serta hubungan masyarakat dan advertising organisations. 

Mahasiswa USYD telah melakukan magang di berbagai bidang, termasuk penempatan jurnalisme nasional dan internasional yang kompetitif, hubungan masyarakat dan agen periklanan, televisi dan radio nasional dan media cetak dan online utama. Pengalaman kerja praktis di bidang minat yang kamu pilih ini dapat memberimu keunggulan saat mencari kerja di bidang jurnalistik nanti!

Biaya kuliah jurusan jurnalistik di USYD sendiri sebesar AUD 45.000 per tahun untuk mahasiswa internasional. 

 

2. University of New South Wales 

biaya kuliah jurusan jurnalistik

 

Opsimu selanjutnya adalah Bachelor of Media (Communication & Journalism) di University of New South Wales (UNSW), Australia!

Gelar S1 ini merupakan program studi tiga tahun yang akan mempersiapkanmu terjun ke karir di bidang jurnalisme, media, dan komunikasi. 

Kamu akan belajar dari praktisi yang memiliki segudang pengalaman di industri terkait. Pasalnya, sejumlah akademisi jurnalisme di UNSW sempat bekerja sebagai jurnalis di berbagai media ternama kayak ABC, SBS, Buzzfeed, hingga Vogue.

Lebih lanjut, UNSW diakui sebagai universitas Australia dengan hubungan terkuat dengan industri. Hal ini memberikanmu kesempatan untuk melakukan pengalaman kerja dan menjalin hubungan profesional. 

Nah, biaya kuliah jurusan jurnalistik di UNSW ini sebesar AUD 38.628 untuk mahasiswa internasional. Tapi jangan lupa cek dan update terus ya, soalnya biaya ini bisa aja berubah sewaktu-waktu!

 

3. Monash University

Menamakan diri mereka sebagai salah satu program jurnalisme paling dinamis di Australia, faktor terbesar dalam pengajaran mereka adalah perpaduan antara praktik jurnalisme nyata dan studi mengenai teorinya yang berimbang. 

Dengan belajar jurnalistik di Monash, nantinya kamu bakal mendapatkan gelar Bachelor of Media Studies. Kamu akan mempelajari keterampilan dan pengalaman untuk unggul dalam berbagai pekerjaan media. 

Di dalam program ini, Monash menawarkan empat pilihan spesialisasi yakni jurnalisme, media, hubungan masyarakat atau screen. Biaya kuliah jurusan jurnalistik di Monash adalah sebesar AUD 34.700 per tahunnya. Tapi tenang aja! Universitas ini menawarkan banyak pilihan beasiswa yang bisa kamu ambil.

Itu dia yang kamu perlu tau soal kuliah jurnalistik di 3 universitas ternama di Australia. Setelah tau secara singkat mengenai course description dan biaya kuliah jurusan jurnalistik, kamu pasti makin pingin cepet-cepet belajar jurnalisme kan!

Kalo kamu mau lebih banyak informasi penting mengenai studi di Australia, kamu tinggal akses SUN E-Guide Book! Buruan, akses E-Guide Book secara GRATIS dimanapun dan kapanpun kamu berada!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash, sydney.edu.au, monash.edu

Tinggalkan Balasan