Berapa Lama Mengurus Visa Pelajar Italy?
21 Oktober 2020
Keunggulan Sistem Pendidikan Luar Negeri yang ‘Bikin Beda’ dengan di Indonesia
23 Oktober 2020

Mengintip Biaya Kuliah S2 di Prancis, Mahal Nggak Ya?

biaya kuliah s2 di prancis

Sumber: Freepik

Sebelum kamu memutuskan kuliah ke Prancis, kamu harus tahu biaya kuliah S2 di Prancis terlebih dahulu. Banyak artis dan juga kalangan menengah ke atas asal Indonesia yang kemudian memutuskan untuk berkuliah di negara terbesar ketiga di Eropa ini. Tetapi sebenarnya apa sih yang membuat banyak sekali orang dari berbagai belahan negara memutuskan untuk menempuh pendidikan S2-nya di Prancis?

Ketika memutuskan untuk menempuh pendidikan lanjutan maka bukan tanpa alasan bukan kamu memilih berkuliah di Prancis yang terkenal memiliki banyak universitas terkemuka dengan pendidikan yang tak main-main. Banyak sekali alasan yang melatarbelakangi seseorang memutuskan untuk berkuliah di Prancis antara lain sebagai berikut.

Alasan Kuliah di Prancis

biaya kuliah s2 di prancis

Sumber: Unsplash

Reputasi Akademik

Orang-orang yang hendak berkuliah tentu mementingkan kualitas universitas yang hendak dituju. Karena itulah, masyarakat Prancis yang memang mementingkan pendidikan tinggi dan berinvestasi banyak dalam penelitian menjadikan sejumlah universitas di Prancis masuk dalam peringkat universitas dunia. Sebanyak 41 universitas Prancis dan juga dua institusi top Prancis masuk ke dalam peringkat 23 dan 40. Terkhusus Fakultas Bisnis termasuk ke dalam fakultas dengan reputasi dunia dengan kualitas pendidikan dan hasil yang kompetitif. Institut Prancis sendiri dipandang tinggi dalam bidang sastra dan seni. 

Kaya Akan Budaya

Ketika kamu memutuskan untuk berkuliah atau pindah ke Prancis maka kamu juga harus siap beradaptasi dengan budaya yang ada di Prancis. Hal unik terkait dengan budaya tradisional dan kontemporer yang hidup berdampingan. Selain banyak kebudayaan dan juga makanan yang berbeda dengan tempat tinggal asalmu maka kamu harus benar-benar bisa memasukkan budaya Prancis ke dalam dirimu.

Fasih dalam Berbahasa Prancis 

Siapa sih yang tidak ingin menguasai banyak bahasa? Salah satunya fasih dalam berbahasa Prancis. Meski perkuliahan di sana juga menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, kuliah di Prancis menjadi salah satu ide terbaik untuk bisa memperdalam bahasanya. Siapa tahu pulang ke Indonesia kamu sudah mahir berbahasa Prancis. Pada dasarnya, menguasai bahasa Prancis menjadi salah satu kesenangan dan kebanggaan tersendiri bagi kamu. Bahkan sebagai referensi untuk melamar pekerjaan pun juga bisa jadi nilai plus lho.

Pendidikan yang Terjangkau

Meski banyak yang menduga bahwa biaya berkuliah di Prancis terbilang begitu fantastis dan sangat mahal. Akan tetapi, faktanya biaya kuliah di sana masih lebih murah dibandingkan dengan sejumlah negara lainnya seperti Inggris dan Amerika. Bahkan, menurut berbagai sumber ada juga pendanaan dan bantuan yang difungsikan untuk biaya pendidikan sehingga sebenarnya berkuliah di sana terbilang cukup terjangkau. Meski begitu, yang harus kamu pikirkan adalah biaya hidup dan akomodasi saja selama di sana yang terbilang cukup menguras kantong. 

Paris

Siapa sih yang tidak mencintai Prancis? Bahkan, meski kamu belum pernah kesana sekalipun kamu sudah pasti mencintainya dengan keindahan kotanya bukan? Ya, inilah yang menjadi salah satu alasan kuat mengapa banyak sekali yang tertarik berkuliah di sana. Yang pasti, kamu bisa menghabiskan hari-harimu menikmati indahnya kota Prancis setiap hari ketika berangkat atau pulang kuliah. 

Kulik Tuntas Seputar Biaya Kuliah S2 di Prancis 

kuliah di prancis

Sekarang, setelah kamu mengetahui alasan berkuliah di Prancis, kini kita cari tahu biaya berkuliah S2 di sana. Berikut jabaran biaya perkuliahan di Universitas Negeri dan Universitas Swasta yang ada di Prancis.

Universitas De Strasbourg 

Universitas ini berdiri sejak tahun 1621 dan merupakan universitas kedua terbaik yang ada di Prancis. Sekitar hampir 45 ribu mahasiswa terdaftar di sana. Berdasarkan informasi, berkuliah di sini sekitar 237 EUR per tahunnya.  

Universitas De Bordeaux

Universitas ini berdiri pada tahun 1441 dan sudah terakreditasi baik. Bagi seluruh mahasiswa yang hendak berkuliah di sana harus lolos ujian masuk. Sejumlah fasilitas keren juga disediakan di kampus ini. Rata-rata, biaya berkuliah di sana berkisar antara 200 EUR per tahunnya untuk gelar S2.

Emlyon Business School

Emlyon Business School merupakan salah satu sekolah bisnis tertua yang ada di Prancis. Bahkan, program yang ada di sekolah ini sendiri sudah terakreditasi dari tiga organisasi nasional, seperti AMBA, EQUIS, dan AACSB. Cukup banyak program atau jurusan yang ditawarkan di sekolah ini dan biaya perkuliahannya sendiri berkisar antara 10.000 hingga 20.000 EUR. 

Tips Berkuliah di Prancis

tips kuliah di prancis

Sumber: Freepik

Bagi kamu yang sudah bertekad bulat hendak berkuliah di Prancis maka sebaiknya kamu mengetahui tips-tips berikut ini.

  1. Pilihlah kota-kota yang letaknya berada jauh dari kota Paris, seperti Lyon dan Cannes.
  2. Hindari tempat makan yang banyak didatangi oleh turis. Jika kamu hanya hendak berjalan-jalan saja maka sebaiknya membawa bekal dari rumah agar lebih hemat. 
  3. Bagi kamu yang berusia di bawah 26 tahun ketika kamu berkuliah di Prancis maka kamu bisa mendapatkan banyak diskon. Kamu hanya cukup membeli International Youth Travel Card. Kartu ini akan berguna untuk memperoleh banyak diskon seperti membeli tiket masuk ke Menara Eiffel dan menyaksikan atraksi lainnya.
  4. Bukalah rekening bank Prancis untuk menyimpan uang persediaan selama berkuliah di sana dengan begitu kamu bisa menghemat biaya kirim uang dari Indonesia ke Prancis. 
  5. Bekerja part time bisa membantu kamu mendapatkan uang sebagai tambahan uang saku atau biaya hidup di sana. 
  6. Bagi kamu yang berkuliah di Grande Ecole kamu bisa saja mendapatkan biaya kuliah gratis dan tunjangan biaya hidup selama berkuliah di sana. Meski begitu jangan lupakan persaingan yang ketat ketika masuk ke universitas tersebut.
  7. Berburu beasiswa di Prancis. 
  8. Hematlah biaya akomodasi kamu dengan menggunakan kartu metro card. Kartu ini juga memberikan diskon di sejumlah restoran sehingga kamu bisa menghemat biaya hidup selama di sana.
  9. Makan hemat tetapi mengenyangkan di Crous yang letaknya berada di sekitar universitas. Cukup mengeluarkan 3 EUR saja kamu sudah bisa makan kenyang dan nikmat. 

Berencana Kuliah S2 di Prancis?

Bagaimana, sekarang sudah tahu bukan alasan, biaya kuliah S2 di Prancis, serta tips-tips ketika kamu hendak berkuliah di sana? Sekarang kamu tidak perlu berpikir dua lagi jika ingin memantapkan diri berkuliah di sana. 

Tahukah kamu bahwa Prancis adalah negara yang terdepan dalam bidang Hospitality dan Culinary? Salah satu sekolah yang unggul dalam bidang ini di Prancis adalah Le Cordon Bleu yang sudah berdiri sejak tahun 1895. Selain itu, ada banyak universitas di Prancis yang tidak kalah menariknya.

Diskusikan dengan lebih jelas mengenai universitas, program studi unggulan, hingga persyaratan dan alur pendaftaran kuliahnya dengan konselor dari SUN Education. Kamu juga bisa mendapatkan informasi dan meminta pencerahan mengenai biaya hidup, lokasi tempat tinggal, hingga pencarian akomodasi di kota-kota Prancis dengan SUN Education. Rencanakan studimu di Prancis dengan SUN Education yuk! Segera kunjungi cabang SUN Education terdekat ya!

Comments are closed.