cara belajar bahasa inggris dengan cepat
Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat: Simak 4 Tips Ini!
6 September 2022
curtin singapore
Curtin Singapore – Fasilitas, Keunggulan, dan Jurusan
8 September 2022

Sudah Tahu Berapa Biaya Tes TOEFL Terbaru?

Info biaya tes TOEFL ini penting banget kamu ketahui apalagi kalau mau mengikuti tes ini. Sebelumnya, kamu harus tahu apa itu TOEFL. TOEFL merupakan tes terstandarisasi untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tes ini hadir bagi orang yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris dengan tujuan bekerja atau persyaratan kuliah di negara yang menggunakan bahasa Inggris. Selain tes secara langsung/konvensional, tes toefl online juga bisa kamu lakukan kok.

Dengan tingginya minat kuliah dan bekerja di luar negeri, kebutuhan tes TOEFL semakin tinggi. Bahkan makin banyak yang membuka les berbahasa Inggris  untuk persiapan tes TOEFL. Yap, mengikuti tes TOEFL tidaklah mudah, apalagi biaya tes TOEFL juga nggak murah. Makanya, kamu butuh persiapan yang matang. Untuk sekarang, baca dulu yuk biaya tes TOEFL terbaru lengkap dengan rekomendasi tempatnya!

BACA JUGA: Berencana S1 di Luar Negeri? Ketahui Kategori Standar Skor TOEFL Saat Ini!

Berapa biaya tes TOEFL?

Apa itu TOEFL

Berbicara biaya tes TOEFL, sebenarnya harga tergantung dengan jenis tes TOEFL yang kamu ikuti. Berikut kisaran harga tes TOEFL berdasarkan jenis tes yang diikuti:

  • TOEFL ITP harga mulai dari Rp500.000 – Rp600.000
  • TOEFL iBT harga mulai dari Rp2.000.000 – Rp3.500.000

Selain terpengaruh dari jenis tes TOEFL yang dipilih, tempat lembaga yang mengadakan juga mempengaruhi biaya tes TOEFL-nya. Misalnya lembaga bahasa di universitas negeri atau lembaga bahasa swasta. Sekarang, kamu tinggal pilih aja deh sesuai kebutuhan!

 

Biaya tes TOEFL Online, sama?

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, sekarang kamu juga bisa mengikuti tes TOEFL secara online, lho. TOEFL online ini memudahkan kamu untuk mengikutinya dimanapun dan kapanpun kamu berada. Apakah biaya tesnya berbeda? Tentunya berbeda. Kembali lagi dari jenis tes TOEFL yang kamu ikuti. Untuk harga tes TOEFL online ITP tentunya lebih murah dibandingkan iBT TOEFL.

Apakah ada TOEFL online yang gratis? Sampai saat ini, belum ada tes TOEFL online bersertifikat yang gratis. Semuanya berbayar dengan harga mulai dari Rp200.000. Meskipun belum ada tes TOEFL online yang bersertifikat, namun banyak platform yang menyediakan soal-soal latihan tes TOEFL untuk melatih kemampuanmu. Selain mengetes kemampuan, lewat soal TOEFL online gratis ini kamu juga bisa memperkirakan berapa durasi yang kamu habiskan saat mengerjakan tes.

 

Masa berlaku TOEFL

tes toefl online

Seperti sertifikat bahasa lainnya, TOEFL juga memiliki masa berlakunya. Masa berlaku TOEFL sendiri adalah dua tahun sejak skornya keluar. Buat kamu yang ingin mendapatkan skor TOEFL untuk kebutuhan pendaftaran kuliah di luar negeri, kamu wajib banget memperhatikan masa berlaku TOEFL. Biasanya institusi di luar negeri meminta skor iBT TOEFL yang masih berlaku. 

Setidaknya, kamu bisa mengikuti tes TOEFL 6 bulan atau 1 tahun sebelum kamu apply ke universitas luar negeri tujuanmu. Hal ini dikarenakan menghindari skor TOEFL kamu kurang dari persyaratan bahasa Inggris yang diminta. Jika masih kurang, setidaknya kamu bisa mengikuti tes TOEFL sebelum apply kembali.  

Rekomendasi tempat tes TOEFL

Perlu kamu ingat, nggak semua lembaga kursus bahasa Inggris menyediakan tempat untuk mengikuti tes TOEFL. Hanya beberapa lembaga bahasa Inggris swasta dan lembaga bahasa dari universitas yang bisa kamu jadikan pilihan. Beberapa lembaga bahasa yang bisa menjadi tempat tes TOEFL antara lain International Test Center, British Council, Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia dan lainnya.

Sebaiknya kamu memilih tempat yang nggak hanya bisa mengikuti tes TOEFL saja, tetapi menyediakan les untuk persiapannya juga. Salah satu rekomendasi tempat TOEFL yang juga menyediakan les persiapannya adalah SUN English. Di SUN English juga kamu bisa memilih berbagai jenis kelas TOEFL prep yang ditawarkan. 

Kamu bisa memilih berdasarkan durasi kursus mulai dari 15 sampai 80 jam. Semua staff pengajar di SUN English sudah certified dan siap membimbing kamu sampai siap mengikuti tes TOEFL. Dijamin, skor TOEFL kamu sesuai bahkan lebih dari ekspektasi kamu. So, buat persiapan TOEFL, serahkan pada SUN English saja!

BACA JUGA: Ingin Cepat Belajar TOEFL? Ikuti Cara Sederhana Ini!

Fungsi TOEFL 

Apa saja sih fungsi TOEFL? Dan seberapa penting TOEFL untuk masa depan kita? Masih banyak banget, lho yang bingung apa itu fungsi TOEFL. Pada dasarnya, TOEFL memiliki fungsi mengukur kemampuan bahasa Inggrismu. Apakah kamu sudah memiliki skill berbahasa Inggris yang dapat diakui secara internasional? 

Selain itu TOEFL juga memiliki fungsi sebagai salah satu persyaratan bahasa Inggris bagi kamu yang mau kuliah di luar negeri. Ya, sebagai mahasiswa internasional, hampir semua universitas di luar negeri meminta hasil skor iBT TOEFL sebagai pemenuhan persyaratan bahasa Inggris. Skor iBT TOEFL yang diminta pun beragam, sesuai dengan universitas dan jurusan yang kamu tuju. Biasanya sih untuk skor iBT TOEFL yang diminta berkisar dari 100-120.

Tips menyiapkan TOEFL untuk syarat bahasa Inggris

Nggak sembarangan, kadang masih banyak banget lho yang gagal kuliah di luar negeri perkara skor IELTS dan TOEFL- nya nggak sesuai dengan syarat minimum yang menjadi syarat. Sayang banget, kan? Tenang aja, SUN Education siap membantumu dalam mempersiapkan semua proses kuliah di luar negeri. Lengkap banget, mulai dari persyaratan akademik, persiapan bahasa Inggris, pendaftaran universitas sampai akomodasi selama kuliah di luar negeri bisa kamu konsultasikan!

Jangan lupa, sebelum berangkat kuliah di luar negeri, kamu wajib download SUN Education Mobile App GRATIS di Play Store maupun App Store. Aplikasi ini punya informasi ter-update dan terlengkap tentang kuliah di luar negeri. Kamu bahkan bisa melihat jadwal dan tempat tes bahasa Inggris yang dekat denganmu lewat aplikasi ini. Yuk, download sekarang agar persiapan kuliah di luar negeri aman!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

sumber gambar: pexels

Tinggalkan Balasan