Raffles Design Institute Singapura: Studi Bidang Kreatif di Sekolah Penghasil ‘Creativepreneur’
11 Desember 2019
5 Fakta Penting Tentang Profesi Aktuaris
14 Desember 2019

Bidang Studi Spesifik di Bidang Ilmu Finansial

Mengapa kamu harus mempertimbangkan bidang studi spesifik, unik atau baru?

Kemajuan ilmu pengetahuan memberikan kesempatan yang luas bagi pelajar untuk menguasai bidang studi baru tersebut dan menyumbangkan keahliannya. Hal tersebut juga memungkinkan mereka untuk menciptakan peluang karir yang berdaya-saing tinggi bagi dirinya sendiri.

Beberapa alasan mengapa para pelajar belum mempertimbangkan untuk mempelajari bidang studi baru, spesifik dan unik adalah ketidaktahuan mahasiswa/i tentang ketersediaan bidang-bidang baru tersebut. Bidang-bidang ini belum tersedianya di dalam negeri dan banyak yang belum menyadari akan prospek karirnya.

Di bawah ini kami rangkum beberapa bidang studi unik dan spesifik di bidang ekonomi, bisnis dan finansial. Semoga dapat mempeluas wawasan kamu di bidang ini ya!

ACTUARIAL STUDIES

bidang studi finansial

Aktuaria sering dikaitkan dengan Investasi dan Valuasi asset (Investment and Valuation), Risk Management, Asuransi dan Dana Pensiun. Tugas seorang aktuaris memang menghitung secara rinci segala resiko yang berkenaan dengan investasi dan resiko keuangan yang mungkin muncul karena kegiatan ekonomi. Pekerjaan seorang aktuaris tidak akan jauh dari urusan prediksi kalkulasi dan perumusan angka keuntungan dan kerugian atas segala kemungkinan yang akan terjadi pada masa depan, maka itu tugas utama mereka disebut Managing Uncertainty. Aktuaris meramal dan merumuskan masalah keuangan dengan pendekatan matematis dan statistik dan dapat dipertanggungjawabkan dengan rasio dan angka.

Karir Aktuaris menduduki salah satu dari 10 profesi termahal di Amerika. Aktuaris di Indonesia belumlah begitu banyak walau diperlukan di banyak sektor seperti perbankan, perusahaan investasi atau penanaman modal, asuransi, badan-badan keuangan, konsultan keuangan, perumus kontrak, perencana keuangan, dll.

Untuk menjadi aktuaris, ada beberapa tahap yang diisyaratkan yaitu lulus ujian mata kuliah yang disyaratkan oleh Ikatan Aktuaris Indonesia untuk tahap Ajun Aktuaris dan Aktuaris seperti probabilitas, statistik, teori ekonomi, dasar akuntansi, matematika asuransi, selisi resiko, asuransi jiwa dan sebagainya.

Jika siswa cakap dalam matematika dan statistik, siswa harus memperhitungkan profesi aktuaris yang makin langka di tengah-tengah profesi lain yang mulai jenuh. Tentu saja dengan gaji yang menjanjikan.

Sumber: Artikel ini ditulis oleh Macquarie University, Sydney, Australia (CRICOS Provider Code 00002J)

APPLIED FINANCE

finance

Jurusan keuangan terapan ini memberikan kesempatan kepada pelajar untuk menjadi tenaga ahli dalam bidang keuangan dengan spesialisasi khusus dan terarah. Misalnya, Funds Management, Risk Management, Corporate Finance dan Investment and Valuation.

Bidang-bidang keahlian yang bisa diperoleh dengan mempelajari keuangan terapan ini antara lain : Investment Markets and Portfolios, Hedge Funds, Mergers and Acquisitions (M&A), Credit and Lending, Financial Risk Management, Cash Flow Structuring, Corporate, Treasury Management, Derivatives Valuation, Equity Capital Market, Negotiation Finance, Managing Shareholder Value, dll.

Sumber: Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh SUN Education Group

ISLAMIC BANKING & FINANCE

bidang studi finansial

Islamic Banking & Finance adalah pelajaran mengenai Perbankan syariah, yaitu perbankan atau kegiatan perbankan yang konsisten dengan prinsip-prinsip hukum syariah dan aplikasi praktisnya melalui pengembangan ekonomi Islam. Syariah melarang pembayaran tetap atau mengambang atau penerimaan kepentingan tertentu atau biaya (riba) untuk pinjaman uang. Investasi dalam bisnis yang menyediakan barang atau jasa yang dianggap bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam juga haram. Prinsip-prinsip ini sebenarnya telah diterapkan dalam berbagai derajat oleh negara-negara Islam. Meski demikian, baru di akhir abad 20 bank syariah dibentuk untuk menerapkan prinsip-prinsip ke lembaga komersial dalam komunitas Muslim.

Selama krisis keuangan di AS dan Eropa saat ini, menurut estimasi para ekonom, Islamic Banking and Finance tumbuh 10 sampai 15 persen, sehingga Islamic Banking and Finance merupakan bidang yang tumbuh paling cepat di sektor keuangan, dan saat ini masih sangat jarang personil yang punya kualifikasi untuk memenuhi kebutuhan industri keuangan ini.

Index harga saham syariah (The Dow Jones Islamic Index) didapati tetap berjalan baik walaupun adanya krisis finansial di hampir seluruh dunia, terutama di AS, Eropa dan Asia. Adapun fakta – fakta berikut mengenai Islamic Banking and Finance

1. Pasar perbankan dan keuangan Syariah tumbuh 15 hingga 20% per tahun
2. Ada lebih dari 260 lembaga keuangan Syariah diseluruh dunia
3. Lembaga-lembaga keuangan Syariah diklaim mengelola lebih dari $750 milliar
4. Pertumbuhan luar biasa ini telah mendorong bank-bank besar untuk membuka jasa keuangan Syariah untuk memanfaatkan permintaan ini.
5. Industri keuangan Syariah berpotensi meraup dana simpanan 1,6 milliar Muslim diseluruh dunia, yang diperkirakan jumlahnya akan mencapai 2,5 milliar pada dekade mendatang.

Sumber: Artikel ini ditulis oleh La Trobe University, Australia (CRICOS Provider Code 00115M)

FORENSIC ACCOUNTING

bidang studi finansial

 

Berbagai kegagalan yang dihadapi oleh perusahaan dewasa ini mendorong timbulnya suatu kesadaran dibutuhkannya para ahli yang mempunyai keterampilan untuk mengidentifikasi dan bertindak, setelah melihat adanya gejala birokrasi perusahaan yang buruk, manajemen yang salah, penipuan dan kegiatan bisnis yang tidak sesuai dengan kode etik.

Mahasiswa-mahasiswi akuntansi forensik mempelajari metode-metode di dalam pemeriksaan akuntansi, pengumpulan dan analisa data, dan juga sistem metodologi untuk pemeriksaan penipuan dan kegiatan bisnis yang tidak sesuai dengan etika.

Teknik akuntansi forensik digunakan pada industri-industri spesifik seperti perbankan, polisi, kasus penggelapan uang, terorisme keuangan dan perdagangan internasional.

Sumber: Artikel ini ditulis oleh University of Wollongong, Wollongong, Sydney, Australia (CRICOS Provider Code 00102E).

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di bidang finansial, beberapa bidang studi spesifik di atas dapat kamu jadikan pertimbangan. Pastikan kamu memilih universitas yang tepat juga ya!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!