iklim dan musim benua australia
Mengulik Benua Terkecil di Dunia: Iklim dan Musim di Australia
26 September 2022
bachelor's degree artinya
Apa Artinya Bachelor’s Degree? Kenali Gelar Akademik Internasional Lainnya!
28 September 2022

Jurusan Biomedical Adalah Jurusan Masa Depan yang Kaya Peminat

Dear anak IPA, mencari jurusan kuliah masa depan emang nggak pernah mudah. Banyak banget pertimbangannya, mulai dari sesuai kah dengan minat dan bakatmu, bagaimana dengan passing gradenya, dan tentunya karir masa depannya. Buat kamu yang mementingkan karir masa depan, salah satu jurusan yang lagi banyak diincar anak IPA adalah jurusan biomedical. Jurusan biomedical adalah pilihan tepat bagi kamu yang lagi bingung memilih jurusan, nih.

Jurusan biomedical atau biomedisin ini makin banyak peminat apalagi setelah pandemi menyerbak. Yap, para lulusan jurusan biomedical inilah yang membantu menangani virus Covid-19 dan penyakit lainnya. Yuk, kenalan dengan apa itu jurusan biomedical, yang dipelajari hingga prospek kerja masa depannya!

BACA JUGA: Biomedical Science: Jurusan Biomedis yang Banyak Dicari

Jurusan biomedical adalah…

Jurusan biomedical adalah

Jurusan biomedical atau Biomedical science adalah jurusan yang mempelajari bidang science dan teknologi yang disatukan untuk memecahkan masalah kesehatan global mulai dari wabah penyakit hingga penyakit berat seperti kanker. Tujuan hadirnya jurusan ini tentunya memajukan kesejahteraan umat manusia. Kehadiran jurusan biomedical adalah untuk menampung siswa yang berminat mempelajari biologi, farmasi dan segala inovasinya untuk membuat terobosan di dunia medis.

Nggak hanya melakukan penelitian pada manusia, tetapi kamu juga akan meneliti hubungannya dengan hewan. Setelahnya kamu akan mengembangkan metode pengobatan, obat-obatan, vaksin dan perawatan medisnya. 

 

Perbedaan teknik biomedik dan biomedis

Perbedaan teknik biomedik dan biomedis

Banyak orang yang mengira kalau Teknik Biomedik dan Biomedis adalah hal yang sama. Padahal, keduanya berbeda. Perbedaan teknik biomedik dan biomedis terletak dari ilmu yang dipelajarinya. Teknik biomedik mempelajari gabungan biologi dan kedokteran untuk memajukan pelayanan kesehatan. Sedangkan biomedis mempelajari bagaimana teknologi dapat memajukan dunia kesehatan. Misalnya dengan membuat alat yang dapat mengenali gejala penyakit tertentu dan sebagainya. 

Prospek kerja Biomedis 

Prospek kerja Biomedis 

Kamu pasti bertanya apa sih prospek kerja biomedis sampai banyak peminatnya? Dua tahun belakangan, lulusan jurusan ini banyak dicari. Mereka memiliki peran penting dalam mencari obat penawar juga vaksin untuk virus Covid-19. Bahkan salah satu mahasiswi Indonesia yakni Carina Joe yang menjadi salah satu ilmuwan penemu vaksin Oxford AstraZeneca.

Dari Carina kamu sudah punya gambaran dengan prospek kerja biomedis, kan? Yap, salah satunya kamu bisa menjadi seorang peneliti. Kamu akan meneliti tentang virus, reaksinya pada manusia dan hewan, obat penawar serta vaksin pencegahnya. Kamu bisa bekerja di LIPI atau di Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan maupun laboratorium swasta. Selain itu kamu bisa berkecimpung di bidang akademis sebagai dosen atau konsultan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Mata kuliah teknik biomedis

Mata kuliah teknik biomedis

Sebelum kuliah jurusan teknik biomedis, kamu harus tahu dulu apa saja sih mata kuliah yang akan dipelajari? Dari namanya saja kamu bisa mengambil kesimpulan, kamu akan mempelajari ilmu biologi, ilmu kedokteran dan ilmu teknik. Jadinya nanti kamu dapat membuat suatu teknologi yang dapat mendiagnosis penyakit baru.

Di Indonesia sendiri mata kuliah teknik biomedis Biomenika, Biologi Sel dan Molekul Terapan, Bioetika, Fisika Biomediaka, Probabilitas dan Biostatistika dan banyak lagi. Lain cerita kalau kamu mengambil jurusan teknik biomedis ini di luar negeri, perkuliahannya akan sangat berbeda.

Buat kamu yang mau kuliah di luar negeri, kamu nggak hanya wajib memperhatikan mata kuliah yang akan kamu pelajari kelak, tapi juga persyaratan masuknya. Ada dua persyaratan masuk yang umum, yakni persyaratan akademis dan bahasa Inggris. Supaya kamu bisa kuliah di luar negeri lebih mudah, ada baiknya konsultasi GRATIS dengan SUN Education dulu!

Nggak cuma persyaratannya saja, proses pendaftaran, mencari akomodasi selama kuliah di luar negeri sampai pre-departure briefing akan kamu dapatkan! Jadi, berangkat kuliah di luar negeri terjamin aman dan nyaman, deh! Apalagi kalau kamu sudah download SUN Education Mobile App di handphone kamu, semua informasi terbaru kuliah di luar negeri ada di dalamnya. Aplikasi ini juga sudah bisa kamu download di App Store dan Play Store, GRATIS!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan