University of Amsterdam, Kampus Pilihan untuk Kuliah di Belanda
University of Amsterdam, Kampus Pilihan untuk Kuliah di Belanda
8 Maret 2022
Makanan Khas Australia
8 Makanan Khas Australia yang Nyesel Kalau Nggak Dicoba
10 Maret 2022

Biomedical Science: Jurusan Biomedis yang Banyak Dicari

Biomedical Science: Jurusan Biomedis yang Banyak Dicari

Sumber: Pexels

Nggak terasa sudah dua tahun kita hidup dalam pandemi akibat Covid-19. Selama dua tahun ini, banyak sekali perubahan yang kita lakukan untuk menyesuaikan kehidupan di era new normal ini. Selain menyesuaikan diri, kini banyak pula ahli-ahli di bidang tertentu yang semakin on demand. Apalagi saat dunia mengalami pandemi dan setelahnya, para ahli di bidang kesehatan semakin dibutuhkan oleh dunia. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan juga semakin tinggi. Nggak hanya dokter, tetapi juga ilmuwan yang menemukan obat-obatan bahkan vaksin untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 ini. Ilmuwan-ilmuwan yang meneliti virus sekaligus mencari vaksinnya ini merupakan lulusan jurusan biomedis.

Kebutuhan Saat Pandemi

Di tengah meningkatnya kesadaran akan kesehatan, hal ini tentunya mendorong naiknya kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan. Sudah pasti kehadiran para ilmuwan yang melakukan penelitian dan menemukan tekonologi kesehatan jadi sangat dicari. Misalnya, penemuan obat untuk menyembuhkan Covid-19, sampai dengan inovasi vaksin yang dapat mencegah Covid-19, yang sangat didambakan oleh seluruh dunia hingga saat ini. Jika kamu tertarik tentang mekanisme asal mula suatu penyakit, penyebabnya, pengembangan teknologi pengobatan dan pembuatan obat, believe it or not, ini semua hasil yang dikembangkan oleh ahli biomedis.

Yuk, kita kenalan dengan jurusan biomedis hingga persiapan kuliah untuk jurusan ini!

Apa itu Biomedical Science?

Biomedical Science: Jurusan Biomedis yang Banyak Dicari

Sumber: Pexels

Biomedical Science atau jurusan biomedis merupakan jurusan yang mempelajari kesehatan manusia dan penyakit. Disiplin ilmunya mencakup aspek kesehatan manusia, inovasi di bidang sains, farmasi serta teknologinya. Semuanya digabungkan untuk meneliti penyakit, wabah penyakit pada manusia atau hewan, serta mengetahui obat penawarnya hingga vaksin untuk pencegahannya.

Jurusan ini bisa kamu pelajari di universitas dalam maupun luar negeri. Namun tentunya jurusan biomedis di luar negeri akan memberikan insight dan peluang yang lebih banyak selama kamu berkuliah di sana. Selama berkuliah, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti Biochemistry, Human Science, Omic Technologies & Resources, Molecular Biology, Cells and Foundation of Neuroscience, Human Impacts on Biosphere dan banyak lagi. Dari mata kuliah ini bisa disimpulkan bagaimana dari duduk di bangku kuliah kamu akan mempelajari tentang biologi, hubungan penyakit dengan tubuh manusia hingga teknologi dalam meneliti sebuah penyakit atau virus tersebut.

Jurusan ini cocok sekali untuk kamu yang penasaran dengan kesehatan, wabah penyakit, juga pembuatan vaksin yang dapat mencegah penyakitnya. Dengan adanya pandemi ini, tak hanya Indonesia, tetapi dunia sangat membutuhkan para ilmuwan dengan ilmu biomedis ini. Jika sangat dibutuhkan, peluang karirnya akan semakin terbuka lebar, bukan?

 

Alasan memilih Biomedical Science

Biomedical Science: Jurusan Biomedis yang Banyak Dicari

Sumber: Pexels

Bagi kamu yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, senang meneliti, mencintai dunia sains dan kesehatan, punya jiwa ingin membantu sesama, juga menyelesaikan banyak masalah kesehatan yang belum teratasi, maka jurusan biomedis ini bisa menjadi jurusan yang tepat buat kamu. Selain sesuai dengan passion banyak sekali alasan untuk memilih jurusan ini bagi kamu yang sedang bingung.

Dimulai dari lapangan kerja yang terbuka luas; Pemeriksaan laboratorium PCR, USG, tangan buatan, X-Ray, rekayasa sel adalah sederatan instrumen biomedis sudah banyak kita jumpai. Di tengah pandemi ini, para ilmuwan diminta untuk dapat meneliti lebih lanjut mengenai virus Covid-19 mulai dari asal muasal hingga mutasinya. Setelah mengetahuinya, mereka akan mencari obat dan juga vaksin yang dapat meminimalisir penyebarannya. Jurusan ini tak hanya menantang rasa keingintahuan mahasiswanya saja, tetapi berpotensi menemukan inovasi yang bisa menyelamatkan dan meningkatkan hidup umat manusia.

Ternyata jurusan Biomedical Science atau jurusan biomedis ini menarik hati Matteo Putra, salah satu student SUN Education yang memilih jurusan ini. Matteo memulai langkahnya dengan berkuliah jurusan BSc(Hons) in Biomedical Science di University of Nottingham Malaysia. Merasa rasa ingin tahunya masih tinggi pada bidang biomedis ini, student yang biasa dipanggil Matt ini melanjutkan pendidikannya di University of Glasgow dengan program MRes. in Biomedical Sciences.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @matt.put

Usai menyelesaikan tugas akhirnya, Matt pun sudah mendapatkan beasiswa dari University of Edinburgh untuk program PhD in Hosts, Pathogens and Global Health. Ke depannya, Matt berencana untuk membuat penelitian mengenai infectious disease. Matt menjadi satu-satunya mahasiswa dari Indonesia yang mendapatkan full scholarship untuk program tersebut di tahun 2022. Keren banget, ya!

 

Prospek kerja Biomedical Science

Sumber: Pexels

Sudah mengetahui apa itu jurusan biomedis dan juga apa saja yang akan kamu pelajari, tentunya kamu penasaran dengan prospek kerja bagi lulusan jurusan ini, kan? Pertama, kamu bisa bekerja di lembaga riset, untuk di Indonesia lembaga riset seperti Litbang atau LIPI. Bila mengantongi gelar dari universitas luar negeri, siapa tahu kamu bisa bekerja di National Institute  of Health dari Amerika Serikat. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di bidang farmasi atau kedokteran sebagai tim peneliti yang mencari terobosan baru untuk menemukan obat dan vaksin.

Tak berhenti di situ, kamu berpeluang bekerja di instansi pemerintah, konsultan hingga akademisi atau dosen jurusan biomedis. Perlu kamu ingat, jika kamu memiliki gelar dari universitas luar negeri, artinya kamu berkesempatan untuk bekerja di perusahan global. Artinya, jenjang karir kamu akan semakin luas dengan prospek gaji yang tinggi. Siapa tahu, salah satu dari kalian adalah “Sarah Gilbert” nya Indonesia lho!

 

Universitas di luar negeri yang ada Biomedical Science

Sumber: Pexels

Jika kamu berminat kuliah jurusan biomedis di luar negeri, ada beberapa universitas yang bisa kamu tuju. Contohnya dari yang paling dekat dengan Indonesia yakni Malaysia. Universitas yang menyediakan jurusan ini adalah University of Nottingham Malaysia. Di sana bahkan sudah tersedia program Bachelor juga Masternya, lho.

Di Australia, kamu bisa memilih University of Western Australia, Monash University, Curtin University, Deakin University, RMIT University dan banyak lagi. Sedangkan di Inggris kamu bisa memilih University of Glasgow, Leeds Beckett University, King’s College London, University of Manchester, University of Westminster dan banyak lagi.

Penasaran dengan Jurusan Biomedical Science?

Pastikan untuk mengecek jurusan biomedis ini di kampus yang kamu minati. Beda jurusan dan program tentunya persyaratan akademis dan bahasa Inggrisnya berbeda. Dengan mengetahui persyaratannya, kamu bisa menyiapkan jauh-jauh hari supaya lebih siap. Oh ya, perhatikan juga Intake atau tahun ajaran baru di setiap kampusnya juga, ya. Dengan persiapan yang matang, tentunya kuliah di luar negeri menjadi lebih lancar!

Mendalami jurusan biomedis ini menjamin kamu menyumbang kontribusi besar pada kehidupan manusia. Dengan inovasi dalam teknologi kesehatan dan kedokteran yang kamu temukan nanti akan membantu untuk mempercepat penanganan penyakit hingga menyelamatkan nyawa mereka. Keren banget, ya, jurusan biomedis ini! Masih penasaran dengan jurusan ini? Stay tune di SUN Education untuk mendapatkan pembahasan lebih lanjut mengenai jurusan biomedis serta jurusan-jurusan lain yang memiliki potensi besar di masa depan!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan