Kebiasaan Orang Amerika
7 Kebiasaan & Tradisi Unik Orang Amerika yang Kamu Perlu Tau!
15 Maret 2022
University of Kansas
6 Alumni Terkenal Lulusan University of Kansas
17 Maret 2022

Bongkar Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Yuk!

Bongkar Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Yuk!

Seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi semakin pesat. Apalagi dalam dunia Information Technology (IT) atau teknologi informatika. Sadar betapa pesatnya perkembangan pada bidang ini, kini teknik informatika bahkan menjadi salah satu jurusan dalam fakultas teknik. Hal ini dikarenakan setiap harinya lulusan jurusan teknologi informatika semakin dibutuhkan. Bagi kamu yang berminat untuk berkarir dalam bidang ini, ada baiknya ketahui dulu pengalaman kuliah jurusan teknik informatika ini.

Berbekal pengetahuan tentang pengalaman kuliah jurusan teknik informatika ini, tentunya akan membantu kamu bersiap sebelum masuk ke jurusan tersebut. Bisa jadi antisipasi atau bahkan hal yang ditunggu-tunggu. Yuk, bahas lengkap soal pengalaman kuliah jurusan teknik informatika bareng SUN! 

 

Apa itu jurusan teknik informatika?

Bongkar Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Yuk!

Seperti namanya, teknik informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana cara menggunakan teknologi komputer secara optimal untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data. Besarnya minat pada bidang teknik informatika menjadikan kampus-kampus baik di dalam maupun luar negeri menjadikannya sebagai salah satu jurusan untuk dipelajari. Nggak main-main, bahkan di Indonesia sendiri, jurusan informatika menjadi 5 besar jurusan yang paling diminati pada SBMPTN 2021.

Tak hanya di Indonesia, jurusan ini juga cukup populer di universitas-universitas luar negeri. Hal ini dikarenakan ilmu yang dipelajarinya bisa diaplikasikan dimana saja. Belum lagi kesempatan untuk bekerja di perusahaan global, minat kuliah jurusan ini di luar negeri pun makin meningkat setiap tahunnya.

 

Yang dipelajari selama kuliah teknik informatika

Bongkar Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Yuk!

Sebagai mahasiswa teknik informatika, tentunya kamu akan mempelajari mengenai teknologi komputer seperti analisis matematis pengembangan, evaluasi perangkat lunak (software), sistem operasi, kerja komputer dan pengujian. Umumnya mereka akan mempelajari fungsi-fungsi juga struktur instruksi dalam bahasa pemrograman yang nantinya bisa diaplikasikan pada komputer.

Nah, bahasa pemrograman ini menggunakan algoritma dan coding yang membutuhkan ilmu dasar logika dan matematika yang kuat. Makanya kamu yang memang suka dengan pelajaran eksak yang membutuhkan ketelitian yang tinggi pastinya bisa dengan mudah mendalami ilmu ini. Selain itu kamu juga dituntut bisa berpikir kreatif supaya bisa memberikan ide baru pada sistem operasi komputer.

Bicara pengalaman kuliah jurusan teknik informatika nggak bisa terlepas dari mata kuliah yang harus dipelajari. Pada jurusan ini kamu akan fokus pada teknologi jaringan komputer, perkembangan perangkat lunak dan pemrograman. Biasanya mata kuliah yang akan kamu terima antara lain logika informatika, strategi algoritma, rekayasa perangkat lunak, Artificial Intelligence (AI), dan tentunya pemrograman internet. Untuk durasi perkuliahannya sendiri di Indonesia membutuhkan waktu 4 tahun, namun di universitas luar negeri biasanya hanya 3 tahun saja! Hmmm.. menarik, kan?

 

Pengalaman kuliah jurusan teknik informatika di luar negeri

Bongkar Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Yuk!

Nggak hanya membahas pengalaman kuliah jurusan teknik informatika dari dalam negeri saja, SUN Education juga akan membahas tentang pengalaman kuliah jurusan ini di luar negeri. Jurusan teknik informatika hampir ada di universitas-universitas di luar negeri. Alasannya karena perkembangan teknologi informatika begitu pesat sehingga membutuhkan banyak terobosan baru dari lulusan-lulusannya.

Buat kamu yang berminat kuliah di jurusan ini, biasanya jurusan ini termasuk ke dalam Computer Science atau Computer and Information System. Kuliahnya berdurasi 3 tahun, tapi beberapa universitas mengharuskan kamu ikut program foundation untuk menyamakan standar pendidikan dan pemenuhan syarat akademisnya. Program foundation biasanya berdurasi 6 bulan sampai 1 tahun.

Kuliah di luar negeri bukan berarti perkuliahan selalu menggunakan bahasa setempat. Kebanyakan kampus bahkan menggunakan bahasa inggris untuk mahasiswa internasional. Selain itu, mereka juga menyediakan kelas yang lebih kecil supaya mahasiswa lebih mudah menerima materi, mengutarakan pendapat dan leluasa untuk berdiskusi dengan dosen. Jadi kamu bisa belajar dan berdiskusi lebih leluasa.

Fasilitas di kampus-kampus luar negeri juga terbilang lebih advance dan tentunya telah memenuhi standar internasional. Sehingga nggak heran dengan kelas yang lebih intimate dan lengkap dengan fasilitas kelas dunia, lulusan dari jurusan informatika bisa lebih siap terjun ke dunia kerja.

 

Tips untuk tetap semangat kuliah teknik informatika

Memang kuliah jurusan teknik informatika ini sulit. Sebab kamu harus menguasai ilmu coding yang ada unsur matematikanya juga ilmu pemrograman. Kamu juga butuh ketelitian dan ketekunan tingkat tinggi. Nah, biar kamu betah kuliah jurusan ini, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

  • Ikuti modul dan tutorial dengan benar

Pastinya saat kamu kuliah nanti kamu akan mendapatkan modul dan tutorial untuk memahami pemrograman. Pastikan kamu untuk tetap mengikuti modil dan tutorial dengan benar supaya mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

  • Buat study group

Carilah teman-teman yang sama-sama ingin belajar kemudian buatlah study group. Siapa tahu kamu adalah tipe yang harus belajar bersama supaya mengerti materi yang diberikan.

  • Perbanyak praktek

Jurusan ini memang harus banyak praktek supaya kamu lebih gampang menguasai bahasa pemrograman. Karena memahami teori saja nggak akan cukup, tetapi juga perlu mengaplikasikannya dalam dunia nyata.

  • Selalu disiplin

Meskipun terasa sulit, kamu harus menekankan untuk selalu disiplin saat kuliah jurusan ini. Misalnya setiap hari kamu sisakan waktu 30 menit sampai 1 jam untuk mempelajari programming, sedikit demi sedikit kamu pasti akan lebih faham dan mudah menerima materi baru saat kuliah nanti.

  • Jangan segan bertanya

Yang namanya juga mahasiswa tentunya ada beberapa hal yang masih membingungkan. Supaya nggak sesat sendirian, ada baiknya tanyakan kebingungan kamu dengan dosen, senior bahkan tempat sekelas kamu. Jangan sampai kamu pendam agar bisa mengatasi kebingungan kamu.

 

Mengapa harus memilih jurusan ini?

Ada banyak banget alasan kenapa kamu harus memilih jurusan teknik informatika ini. Mulai dari prospek kerja lulusan teknik informatika ini pasti akan semakin berkembang dengan jenis pekerjaan yang nggak kalah bergengsi. Jadi bahkan saat kamu sudah lulus kuliah pun lapangan pekerjaan pasti masih tersedia buat kamu, deh.

Ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah di jurusan teknik informatika ini juga dicari oleh instansi pemerintah bahkan perusahaan- perusahaan multinasional. Bahkan, dengan ilmu yang kamu dapat selama perkuliahan ini bisa mengantarkanmu membangun start-up untuk memberikan lapangan-lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.

Itu dia pengalaman kuliah jurusan teknik informatika yang harus kamu ketahui. Jika kamu berminat kuliah jurusan teknik informatika khususnya kuliah hingga ke luar negeri, sebaiknya konsultasikan rencanamu dengan SUN Education. Kamu bisa tanya-tanya soal jurusannya, prospek karir, juga urusan penerimaan kampus seperti pemenuhan syarat akademis dan bahasa Inggris. Yuk, buat kuliah jurusan teknik informatika di luar negeri menjadi lebih mudah dengan SUN Education!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Pexels

Tinggalkan Balasan