nilai untuk masuk jurusan hukum
Untuk Masuk Jurusan Hukum, Nilai Harus Bagus di Pelajaran Apa?
21 Juni 2022
alasan memilih jurusan sosiologi
Gali Bareng 4 Alasan Perlu Memilih Jurusan Sosiologi
23 Juni 2022

Budaya Jerman yang Bikin Orang Indonesia Kagum

Budaya Jerman yang Bikin Orang Indonesia Kagum

Beda negara, tentu beda juga budaya yang berkembang di daerahnya. Begitu juga dengan budaya Jerman dan budaya Indonesia. Perbedaan budaya ini tentunya sering memberikan shock pada penduduk di negara berbeda. Tapi dari perbedaan budaya ini juga kita bisa belajar satu sama lain. Bahkan ada beberapa budaya Jerman yang bikin orang Indonesia kagum, lho! Nah, buat kamu yang ingin mengunjungi terlebih ingin melanjutkan kuliah di Jerman, ada beberapa budaya Jerman yang perlu kamu ketahui dulu. Dengan mengetahui informasi ini kamu pun minim risiko terkena culture shock. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya!

 

BACA JUGA: Do’s & Don’ts Budaya Perancis, Harus Tau Sebelum Studi!

 

Nggak Main-Main dengan Waktu

Budaya Jerman yang Bikin Orang Indonesia Kagum

Nggak bisa dipungkiri, orang Indonesia termasuk ke dalam golongan yang santai. Bahkan sampai ada ungkapan Jawa yang mengatakan “Alon-Alon Asal Kelakon” yang dapat diartikan sebagai “Pelan-Pelan yang Penting Tercapai”. Sayangnya ungkapan ini nggak berlaku untuk budaya Jerman. Pasalnya orang Jerman menganggap bahwa waktu adalah emas, sehingga mereka harus memanfaatkannya sebaik mungkin.

Bahkan, kalau kamu janjian dengan orang Jerman, kamu harus datang seenggaknya tepat waktu. Nggak ada yang namanya telat karena kamu bisa dianggap nggak sopan. Gimana kalau memang keadaannya memaksa kamu untuk telat? Kamu harus menelpon mereka untuk meminta maaf dan mengabarkan mereka kalau kamu akan datang telat. Dengan begini kamu membuktikan kalau kamu menghargai waktu mereka.

 

Peduli Terhadap Lingkungan

Budaya Jerman yang Bikin Orang Indonesia Kagum

Orang Jerman nggak main-main dalam kepedulian mereka akan lingkungan sekitar. Hal ini bisa dilihat dari cara mereka memilah-milah sampah sesuai dengan jenisnya sebelum akhirnya membuangnya. Bahkan, buat warga yang sembarangan membuang sampah bisa dikenakan denda, lho. Untuk meningkatkan semangat masyarakatnya dalam mengelola sampah rumah tangga, pemerintah setempat juga memberikan ketetapan dimana botol plastik bekas bisa ditukarkan dengan uang. Istilahnya negara “membeli” sampah plastik dari masyarakat. Tentu saja peraturan ini disambut baik sehingga masyarakat makin sering menukar botol plastik di mesin-mesin penukaran yang berada di supermarket setempat.

 

Taat Peraturan

Budaya Jerman yang Bikin Orang Indonesia Kagum

Budaya Jerman yang buat orang Indonesia kagum selanjutnya adalah ketaatan mereka pada peraturan yang ada. Mereka percaya bahwa peraturan dibuat untuk dipatuhi dan melindungi mereka. Peraturan tentang pembuangan sampah yang ketat, sampai berjalan di trotoar yang baik dan benar akan mereka patuhi dengan sungguh-sungguh. Jadi, saat kamu mengunjungi negara ini, jangan lupa untuk mematuhi peraturan-peraturan yang telah ada, ya.

 

Selalu Ingin Jadi yang Terbaik

Di Jerman ada ungkapan yang berbunyi “Deutschland, Deutschland uber alles. Uber alles in der welt,” yang berarti “Jerman, Jerman di atas segalanya. Segala yang ada di dunia”. Ungkapan ini sendiri berasal dari lagu kebangsaan Jerman yang ingin selalu menjadi nomor satu dalam semua hal. Itulah mengapa orang-orang Jerman terkenal sebagai bangsa yang cukup kompetitif dalam segala hal. Mereka nggak ragu untuk memanfaatkan sumber daya untuk memberikan yang terbaik pada bidang yang mereka geluti. Orang Jerman percaya, nggak ada proses yang menghianati hasil.

 

BACA JUGA: Biar Pengalaman Kuliah Makin Seru, Coba 5 Budaya Khas Kanada Ini!

 

Pendidikan Selalu Nomor Satu

Nggak ada orang yang meragukan sistem pendidikan di Jerman. Orang Jerman sangat mengedepankan aspek pendidikan dalam hidup mereka. Nggak heran, institusi-institusi pendidikan di Jerman memiliki kualitas yang juara! Saking bagusnya, banyak banget mahasiswa dari penjuru dunia untuk melanjutkan pendidikannya di Jerman. Apalagi biaya pendidikan di negara ini termasuk murah karena pemerintah mempermudah akses masyarakatnya untuk pendidikan yang terbaik.

 

Apakah kamu tertarik untuk kuliah di Jerman? Jangan sampai hanya jadi angan-angan saja! Tenang, untuk urusan persiapan kuliah di Jerman bisa kamu serahkan pada SUN Education. Kamu bisa konsultasi GRATIS untuk mendapatkan informasi perkuliahan di Jerman mulai dari persyaratan akademik, bahasa Inggris, permohonan visa pelajar, pembayaran institusi dan banyak lagi. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkap soal Jerman dari SUN E-guide book, lho. Informasi mulai dari beasiswa, tips dan trik kuliah di luar negeri, dan banyak lagi. Yuk, akses SUN E-guide book GRATIS dan bisa diakses dimana saja! 

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Tinggalkan Balasan